banner-detik
PARENTING & KIDS

9 Artis yang Mengasuh Anak dengan Cara Parenting Islami, Dari Shireen Sungkar hingga Natasha Rizky

author

Mommies Daily30 Oct 2023

9 Artis yang Mengasuh Anak dengan Cara Parenting Islami, Dari Shireen Sungkar hingga Natasha Rizky

Mulai dari Shireen Sungkar hingga Natasha Rizky, ini dia deretan selebriti yang mengajarkan parenting islami kepada anaknya sejak usia dini.

Di tengah gemuruh industri hiburan yang terkadang penuh dengan gaya hidup yang kurang sehat, ada sejumlah selebriti yang memilih untuk mendidik anak-anak mereka dengan gaya parenting Islami.

Melalui pendekatan ini, mereka menekankan nilai-nilai keagamaan dan moralitas yang kuat, sambil tetap menghormati keunikan individu setiap anak. Meski mungkin tidak selalu terlihat di depan kamera, sembilan artis ini mendidik putra-putri mereka untuk mencerminkan komitmen mereka terhadap nilai-nilai keagamaan.

BACA JUGA: Tips Parenting Caca Tengker dan Cara Membesarkan Gen Alpha

Artis yang Mendidik Anak dengan Parenting Islami

Berikut adalah 9 selebriti yang membesarkan anak-anak mereka dengan cara parentingi Islami.

1. Shireen Sungkar

Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu telah mengajarkan ketiga anak mereka, Adam, Hawwa, dan Shafiyyah, untuk selalu mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Shireen Sungkar pernah menyatakan bahwa dia telah memperkenalkan gaya hidup halal kepada anak-anaknya.

Menurutnya, pengenalan konsep halal kepada anak-anak sebaiknya dilakukan dengan cara yang menyenangkan, karena anak-anak pada umumnya belum memahami konsep dosa. Shireen menekankan bahwa menjelaskan manfaat dari melakukan amalan lebih efektif daripada mengancam dengan konsekuensi dosa dan neraka.

“Jangan memberi ancaman kepada anak-anak dengan menyebutkan dosa-dosanya. Masalah neraka dan dosa tidak perlu diajarkan sejak dini. Anak-anak harus diperkenalkan dengan hal-hal yang membuat mereka senang,” ungkap Shireen kepada media ketika ditemui di Bekasi.

Teuku Wisnu juga menambahkan bahwa anak-anaknya sudah mulai diajarkan tentang pentingnya shalat lima waktu dan mengaji. Meskipun begitu, ketiga anak mereka masih perlu diingatkan dan dipantau.

“Adam 9 tahun sekarang. Insyaallah dia sekarang kalau salat fardu ya, dia salat. Kadang ada waktu-waktu yang memang lagi misalnya kayak lagi main apa, sudah azan, kadang suka kebablasan tuh kalau enggak diingetin, jadi masih tetap harus kita ingetin,” bebernya.

parenting islami

Foto: Instagram/shireensungkar

2. Zaskia Adya Mecca

Menanamkan nilai-nilai parenting Islami saat mengasuh anak memang merupakan tugas yang menantang. Namun, Zaskia Adya Mecca selalu berusaha mencari cara agar pendidikan agama dapat diterapkan dengan cara yang menyenangkan.

Ketika bulan Ramadan tiba, Zaskia selalu berusaha untuk mengajarkan anak-anaknya tentang berpuasa dengan cara yang membuat mereka bahagia. Selain itu, Zaskia juga mendorong anak-anaknya untuk berpartisipasi dalam salat tarawih.

“Aku ingin mereka merasa senang ketika berpuasa. Mereka perlu merasakan kebahagiaan dalam menjalankan ibadah, walaupun memang tidaklah mudah. Bagaimanapun caranya, saya ingin membuat bulan puasa menjadi momen yang berkesan bagi mereka,” ungkap Zaskia seperti yang dilansir dari laman detikcom.

Pemeran dalam film Ayat-Ayat Cinta ini bertekad untuk menanamkan pada anak-anaknya bahwa agama adalah suatu kebutuhan. Hal ini diharapkan dapat membantu anak-anaknya untuk tidak merasakan beban ketika menjalankan ajaran agama.

“Kuncinya adalah dengan tidak menjadikan agama sebagai sesuatu yang menakutkan atau memberatkan bagi mereka. Sebaliknya, agama harus dijadikan sebagai suatu kebutuhan. Ketika agama dianggap sebagai suatu kebutuhan, maka melaksanakannya tidak akan terasa berat dan malah akan terasa menyenangkan. Inilah pesan yang harus kita tanamkan, terutama kepada anak-anak kecil,” ujarnya.

parenting islami

Foto: Instagram/zaskiadyamecca

3. Ricky Harun dan Herfiza

Ricky Harun dan istrinya, Herfiza, memilih untuk beralih ke jalur kehidupan yang lebih Islami. Keduanya mengedepankan ajaran keagamaan dan moral yang baik kepada anak-anak mereka.

Herfiza pernah menyampaikan bahwa mereka telah mulai mengajarkan anak-anak mereka untuk menyapa dengan salam dan membaca doa sebelum melakukan sesuatu sejak anak-anak mereka masih sangat kecil.

“Belum (belajar puasa) baru 3 tahun soalnya, paling dia kita ajarin basic, kayak misalkan masuk ucap assalamualaikum, mau pergi salaman, makan baca doa,” katanya seperti yang dikutip oleh detikcom.

parenting islami

Foto: Instagram/rickyharun

4. Natasha Rizky

Natasha Rizky juga ikut serta mendidik anak-anaknya dengan pola pengasuhan yang Islami. Ketika sedang menjalankan ibadah umrah beberapa waktu yang lalu, dia memperlihatkan kepada anak-anaknya tempat-tempat penting yang berkaitan dengan kehidupan Rasulullah SAW.

Natasha mengunggah video saat sedang berada di Jabal Tsur. Di video tersebut, dia menceritakan bahwa tempat tersebut merupakan tempat persembunyian Rasulullah SAW.

“Megumi, Miskha, Miguel, ini adalah Jabal Tsur, tempat persembunyian Rasulullah,” kata Natasha Rizky seperti yang terlihat dari akun TikTok @NatashaRizky93.

Selain itu, Natasha juga berupaya agar anak-anaknya tidak malas dalam menjalankan ibadah dan merespon dengan kemarahan saat diminta untuk beribadah. Hal ini dikarenakan keadaan tempat tersebut menjadi bukti perjuangan dan persembunyian Rasulullah SAW.

parenting islami

Foto: Instagram/natasharizkynew

Siapa lagi selebriti yang menerapkan parenting Islami pada putra-putrinya? Mommies yang penasaran bisa klik di sini, ya!

Ditulus oleh: Azahra Syifa

BACA JUGA: Tips Parenting Orang Tua Taylor Swift: Tidak Memberikan Tekanan pada Anak

Cover: Instagram/shireensungkar

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan