banner-detik
SELF

Cara Membuat Kopi Enak Tanpa Gula di Rumah, Hemat dan Lebih Sehat!

author

Dhevita Wulandari29 Oct 2023

Cara Membuat Kopi Enak Tanpa Gula di Rumah, Hemat dan Lebih Sehat!

Merasa hari belum lengkap tanpa segelas kopi? Daripada beli terus di luar dan boros, ini cara membuat kopi enak, apalagi tanpa gula. Udah hemat, sehat pula!

Saat ini, minum kopi sudah menjadi bagian dari lifestyle sehari-hari. Namun, jika Mommies dan Daddies adalah pecinta kopi yang setiap hari harus minum kopi, akan sangat boros rasanya jika harus selalu beli. Sehingga, membuat kopi sendiri menjadi pilihan yang paling tepat.

Di awal-awal, kopi buatan sendiri memang terasa agak kurang pas. Mulai dari kelebihan air hingga kurang manis, sehingga sering kali buru-buru menambahkan gula untuk menyelamat sang kopi.

Tentu Mommies dan Daddies sudah tahu dong, kalau menambahkan terlalu banyak gula ke minuman akan memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh. Masih banyak cara kok untuk membuat kopi enak di rumah tanpa mencampurkan gula.

BACA JUGA: Kanker Payudara Bisa Efektif Dicegah dengan 9 Makanan Ini, Apa Saja?

Bikin Kopi Tanpa Gula

Ini beberapa cara membuat kopi enak tanpa gula yang bisa dilakukan.

1. Bubuk kayu manis

Mungkin belum banyak yang tahu kalau menambahkan kayu manis ke dalam kopi akan membuatnya semakin enak. Caranya bukan dengan semerta merta memasukkan gulungan kecil kayu manis ke dalam kopi yang sedang dibuat.

Triknya adalah, tuangkan terlebih dulu air panas untuk menyeduh kopi, kemdian letakkan sejumput atau dua jumput bubuk kayu manis pada gilingan kopi atau bubuk kayu manis yang sudah jadi, lalu aduk rata. Selain kayu manis, menggunakan rempah lainnya juga bisa seperti pala, adas, cengkeh atau kapulaga.

2. Ekstrak vanili

Menambahkan vanili atau vanila juga dapat membuat rasa kopi menjadi creamy dan mengeluarkan aroma manis. Mengutip dari Spoon University, tambahkan beberapa tetes esktrak vanila ke dalam kopi yang sudah jadi. Atau bisa juga tambahkan biji vanili pada kopi bubuk sebelum diseduh.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Katering Rumahan di Jabodetabek, Harga Mulai Rp30 Ribu!

Masih ada beberapa cara membuat kopi yang enak lainnya. Untuk tahu cara lainnya, Mommies dan Daddies bisa lanjutkan baca dengan klik di sini, ya!

Cover: Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan