banner-detik
SELF

Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan Mental dan Cara Alami Meningkatkannya

author

Mommies Daily26 Oct 2023

Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan Mental dan Cara Alami Meningkatkannya

Kandungan Vitamin B ternyata memiliki peran besar untuk menciptakan pikiran yang sehat, lho. Ini deretan manfaat vitaminnya dan cara meningkatkannya!

Di tengah rutinitas yang penuh tekanan dan tuntutan, ada berbagai cara untuk tetap menjaga kesehatan mental. Salah satu caranya adalah dengan asupan nutrisi lewat vitamin harian. Rupanya, vitamin B kompleks telah menjadi fokus penelitian karena tidak hanya menyehatkan bagi fisik, melainkan juga bagi kesehatan mental.

Dengan mengkonsumsi vitamin B secara rutin, Mommies bisa terhindar dari stress, depresi, dan penyakit mental yang menghancurkan pikiran.

BACA JUGA: Rekomendasi Vitamin Anak untuk Otak dan Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat Vitamin B bagi Kesehatan Mental

Dilansir dari verywellmind, Berikut adalah berbagai manfaat yang luar biasa dari vitamin ini untuk kesehatan mental manusia.

1. Menjaga keseimbangan energi

Vitamin ini dapat meningkatkan proses metabolisme nutrisi yang menjadi sumber energi yang vital bagi tubuh, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Dengan kata lain, vitamin ini membantu memaksimalkan penggunaan nutrisi harian yang pada gilirannya dapat menjaga keseimbangan energi. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kelelahan dan kurangnya vitalitas.

2. Mendukung fungsi otak yang optimal

Vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), dan B5 (asam pantotenat), bermanfaat untuk merawat kesehatan sel saraf. Sel-sel saraf yang sehat berperan penting dalam transmisi sinyal saraf yang lebih efisien sehingga dapat mendukung daya pikir, mengurangi penurunan fungsi otak, dan mencegah penyakit terkait usia seperti demensia.

3. Meningkatkan suasana hati

Vitamin B6 memegang peran penting dalam sintesis neurotransmitter, seperti hormon serotonin, dopamin, dan norepinefrin. Zat ini berperan dalam mengatur suasana hati, motivasi, dan tingkat energi. Dengan asupan vitamin B6 yang memadai, tubuh dapat mempertahankan keseimbangan neurotransmitter sehingga suasana hati tetap terjaga dan seimbang.

4. Mengurangi stres

Vitamin ini juga berkontribusi dalam mengelola stres. Vitamin ini membantu mengatur hormon stres seperti kortisol dengan menjaga agar hormon-hormon tersebut tetap stabil. Dengan asupan vitamin B yang cukup, Mommies dapat menghadapi tekanan dan emosi berlebihan dengan sehat.

Cara Meningkatkan Kandungan Vitamin B di Tubuh

1. Mengonsumsi Vitamin D3 dengan Vitamin B Kompleks

Memadukan asupan vitamin D3 dengan vitamin B kompleks dapat meningkatkan kadar vitamin ini dalam tubuh. Keduanya bekerja secara sinergis untuk mendukung kesehatan tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan memperbaiki fungsi kognitif. Cara itu tidak hanya meningkatkan asupan vitamin B, tetapi juga menyediakan manfaat tambahan untuk kesehatan secara keseluruhan.

2. Mengkonsumsi buah dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral memberikan kontribusi yang penting untuk menjaga kesehatan yang optimal. Makanan seperti jeruk, alpukat, biji-bijian, dan kacang-kacangan adalah sumber vitamin B12 yang dapat membantu menjaga tingkat energi yang stabil dan mendukung kesehatan saraf yang optimal.

Sebaliknya, vitamin B dapat berkurang karena konsumsi alkohol, gula rafinasi, nikotin, dan kafein. Salah satu zat yang terkadung dalam asupan tersebut punya peran dalam defisiensi vitamin ini.

3. Minum dengan rutin

Air memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Minum minimal delapan gelas air setiap hari agar tubuh berfungsi dengan baik dan nutrisi diserap secara efisien. Air memainkan peran penting dalam transportasi nutrisi ke semua organ tubuh. Saat nutrisi menyebar secara menyeluruh, tentunya vitamin B dapat berfungsi maksimal.

4. Mendapatkan paparan sinar matahari setiap hari

Sinar matahari adalah sumber alami vitamin D yang membantu tubuh dalam menyerap dan menggunakan vitamin B dengan lebih efektif. Maka itu, jangan sungkan beraktifitas langsung di bawah sinar matahari selama dalam jangka waktu yang tepat. Sinar matahari tak hanya dapat meningkatkan kadar vitamin D, tetapi juga mendukung produksi vitamin B yang lebih efisien dalam tubuh.

6. Berolahraga secara teratur

Menyisihkan waktu untuk berolahraga, misal dengan jogging di ruang terbuka, dapat meningkatkan sirkulasi darah, membantu penyerapan nutrisi, dan meningkatkan efisiensi metabolisme. Kegiatan fisik tentunya dapat membantu menjaga keseimbangan hormonal dan penting untuk menjaga kadar vitamin ini tetap stabil.

7. Melakukan pemeriksaan darah rutin untuk memantau tingkat vitamin

Dengan pemeriksaan darah secara rutin. Mommies bisa memantau dan memahami tingkat vitamin B dalam tubuh. Hal ini tidak hanya memberikan informasi penting tentang kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi juga membantu dalam menentukan langkah-langkah tambahan yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan nutrisi yang optimal.

Ditulis oleh: Azahra Syifa

BACA JUGA: Aman dan Bikin Sehat, Ini 5 Rekomendasi Merek Vitamin C untuk Ibu Hamil dan Janin

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan