banner-detik
PARENTING & KIDS

15 Ide Kencan Ayah dan Anak Perempuan yang Akan Menguatkan Bonding dan Hubungan Anda

author

Katharina Menge20 Oct 2023

15 Ide Kencan Ayah dan Anak Perempuan yang Akan Menguatkan Bonding dan Hubungan Anda

Selain kencan dengan pasangan, ayah juga harus meluangkan waktu untuk kencan dengan anak perempuan, lho. Ini deretan ide kencan yang bisa dicoba oleh ayah dan si kecil.

Tak bisa dipungkiri bahwa kehadiran ayah dalam kehidupan seorang anak memiliki peran yang sangat besar, terutama anak perempuan. Kebetulan tidak ada cara yang lebih baik untuk menciptakan kenangan abadi bersama anak perempuan Daddies selain pergi ke kencan spesial berdua.

Selain menciptakan kenangan dalam hidup si kecil, kencan dengan anak juga meningkatkan kehadiran ayah yang berujung pada banyaknya manfaat baik dalam kehidupan mereka.

Sosok ayah yang memberikan kasih sayang, validasi, dan penegasan dapat membantu anak perempuannya tumbuh menjadi orang dewasa yang merasa aman akan dirinya, kuat, dan percaya diri.

Anak perempuan yang punya ikatan dekat dengan ayahnya juga cenderung memiliki citra diri yang lebih positif dan tingkat harga diri yang lebih tinggi. Hal ini dapat membantu mereka menjadi lebih ambisius, disiplin, dan sukses.

Bagian terbaiknya adalah Anda sebagai ayah tidak perlu melakukan tindakan besar atau upaya ekstrem untuk memberikan pengaruh positif pada anak perempuan. Selalu ada dan mendengarkan cerita si kecil serta membantunya saja sudah cukup.

BACA JUGA: 8 Hal yang dibutuhkan Anak Perempuan dari Ayahnya

Ide Kencan Ayah dan Anak Perempuan

Berikut deretan ide kencan ayah dan anak perempuan yang bisa jadi rekomendasi dan segera dicoba!

1. Melakukan hal favorit anak

Cari tahu aktivitas, permainan, atau olahraga favorit anak perempuan Daddies. Kencan bisa sesederhana bermain kuda-kudaan, main bola basket atau duduk di meja taman sambil membuat kerajinan tangan.

2. Piknik di taman

Minta bantuan Mommies untuk membungkus bekal berupa makanan favorit anak, terutama makanan penutup. Pergilah ke taman yang terbaik dan lokasinya dekat dengan rumah. Gelar alas duduk, nyalakan lagu favoritnya, dan makan bersama. Setelah makan, Daddie bisa membacakan buku untuk anak atau saling bercerita.

3. Pergi ke festival

Daddies pasti tahu, dong, kalau di dekat rumah atau daerah tertentu suka digelar festival. Nah, coba ajak si kecil nge-date ke sana. Kalian bisa jajan camilan atau minuman yang disukai si kecil sambil mencoba beberapa permainan yang menarik.

4. Belanja

Belanjanya bukan hanya memberikan kartu kredit Anda untuk anak membeli apa yang mereka mau, tetapi Anda juga hadir menemaninya. Tetapkan anggaran sebelum kalian pergi belanja supaya anak tahu batasan barang yang bisa dia beli. Tak perlu jajan atau belanja mahal. Ingat, bahwa besar kecilnya jumlah uang Anda bukanlah hal yang mengkomunikasikan cinta, tapi kesediaan Anda untuk berada di dunia anak.

5. Makan malam romantis

Jangan hanya romantis ke pasangan, tetapi romantis juga ke anak perempuan. Ajak anak makan malam bersama di restoran atau tempat makan favorit anak atau yang belum pernah kalian kunjungi. Di sana kalian bisa memanfaatkan momen untuk berbincang.

6. Museum date

Coba cari daftar museum yang seru untuk didatangi bersama anak. Di sana kalian bisa berbincang sambil mengenal banyak hal baru. Daddies bisa membantu menjelaskan pada anak tentang deretan hal yang mereka lihat di museum.

7. Nonton film atau musikal

Film atau musikal anak bisa jadi ide kencan ayah dan anak perempuan selanjutnya. Jangan lupakan popcorn dan minuman untuk menemani kegiatan seru kalian. Hal itu akan jadi kenangan manis dalam diri si kecil, bahkan sampai bertahun-tahun berikutnya.

Ayah, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Ketika Anak Perempuan Sudah Remaja

8. Art date

Ada banyak pilihan kegiatan seni yang bisa dilakukan bersama anak, mulai dari membuat dan menggambar keramik, melukis topi hingga tote bag, merajut tas, sampai membuat sesuatu dari barang bekas yang bisa digunakan. Sambil melakukan aktivitas, kalian bisa saling berbincang dan menciptakan kenangan bersama.

9. Memasak

Butuh ide kencan ayah dan anak perempuan yang sederhana? Cobalah memasak bersama. Kalian bisa memasak makan siang atau makan malam, mulai dari membuat pasta, cake, hingga es krim yang sangat mudah dilakukan oleh anak. Gak mahal karena kencan ayah dan anak perempuan ini adalah tentang menciptakan kenangan indah bersama.

10. Ice cream date

Coba ajak si kecil ke toko es krim terdekat. Di sana kalian bisa memesan rasa es krim favorit masing-masing dan saling berbagi. Kencan ini juga sangat sederhana tapi menyenangkan karena kalian bisa bersama-sama manisnya hidup sambil saling menghargai kebersamaan dengan paling menyenangkan.

11. Olahraga bersama

Ide kencan berikutnya bisa dengan kegiatan yang menyehatkan. Daddies bisa ajak anak melakukan olahraga kesukaannya bersama-sama. Jika dia suka berenang, pergilah kalian berenang berdua. Begitu juga jika anak sukanya bulu tangkis, maka temanilah dia bermain.

12. Ke kebun binatang

Ajak anak menjelajahi satwa liar yang menakjubkan di kebun binatang. Daddies dan si kecil bisa menghabiskan hari dengan melihat deretan makhluk dari seluruh dunia. Anda bisa mendampingi anak mempelajari fakta menarik tentang hewan tersebut. Kunjungan ke kebun binatang akan jadi pengalaman yang mendidik dan menawan bagi kalian berdua.

13. Menanam pohon

Cukup beli pot dan bibit tumbuhan, lalu kalian bisa bersama-sama menanam pohon di halaman rumah. Banyak juga kegiatan menanam pohon yang bisa diikuti bersama-sama untuk mewujudkan ide kencan yang satu ini. Jangan lupa siapkan peralatan bercocok tanam serta kebutuhan untuk perlindungan diri, ya, seperti sunscreen hingga lotion anti serangga.

14. Pesta kostum

Rencanakan pesta kostum dengan mengenakan pakaian seperti tokoh favorit masing-masing. Ini akan menghidupkan imajinasi anak dan memberikan ruang bagi mereka berkreasi. Sstt, tapi ayah juga perlu bantu arahkan anak supaya kostumnya sesuai dengan usia mereka, ya.

15. Makeup party

“Makeup Party bersama Putri Anda” adalah ide kencan Ayah dan anak perempuan yang menyenangkan dan kreatif yang merayakan kreativitas dan keceriaan. Biarkan anak mengekspresikan dirinya lewat makeup dan jangan malu menjadi kanvas si kecil berkreasi.

BACA JUGA: 15 Ide Kencan Asyik Ibu dengan Anak Perempuan dan Anak Laki-laki

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan