banner-detik
LIFESTYLE

Spinderellas Cup 2023, Jadi Wadah Petenis Pemula Mengasah Kemampuan

author

Katharina Menge14 Oct 2023

Spinderellas Cup 2023, Jadi Wadah Petenis Pemula Mengasah Kemampuan

Yuk, kenalan dengan Spinderellas dan event Spinderellas Cup yang mewadahi pada petenis pemula, terutama para ibu.

Di bulan September lalu, ada sebuah event tenis yang digelar oleh komunitas Spinderellas Tennis Club untuk para petenis pemula, yaitu Spinderellas Cup. Di tahun 2023 ini merupakan tahun kedua digelarnya acara tersebut, dan Mommies Daily berkesempatan untuk menjadi media partner dan turut serta melihat kemeriahan acaranya.

Tak hanya itu, Mommies Daily juga bertemu dengan founder serta ketua Spinderellas, dan deretan membernya di gelaran tersebut. Kami pun bertanya seputar klub tenis yang anggotanya merupakan para Mommies tersebut dan kegiatan Spinderellas Cup 2023.

BACA JUGA

Klub Tenis untuk Wadah Aktivitas Para Mommies

Berbeda dengan klub tenis lainnya, Spinderellas Tennis Club ternyata adalah klub tenis khusus perempuan, yang ternyata para membernya juga merupakan seorang ibu. “Di sini kita memang mencari kegiatan olah raga yang sedikit berbeda,” jelas Ratna Daradjatun, Founder Spinderellas. “Karena tenis, kan, gak banyak peminatnya, terutama ibu-ibu. Memang dibutuhkan effort lebih untuk olahraga ini, karena perlu belajar dan berlatih.”

Sosok yang biasa disapa Neng itu menjelaskan bahwa klub ini terbentuk ketika di masa pandemi lalu, dia bersama teman-temannya ternyata memiliki kesenangan yang sama, yaitu olahraga tenis. “Terus abis itu kita bergabung dan membentuk Spinderllas ini, klub tenis yang isinya adalah perempuan.”

Sebelumnya, tidak semua member di klub ini saling kenal, tetapi Spinderellas yang membuat mereka jadi kenal satu sama lain. Tak hanya para member perempuannya, anak-anak dan para suami pun akhirnya saling kenal dan turut ikutan bermain tenis bersama.

“Kalau dulu di akhir pekan biasanya suka ke mall, sekarang kita malah menghabiskan waktu di lapangan tenis,” tambah Caca Tengker, salah satu anggota Spinderellas Tennis Club.

Ciptakan Wadah untuk Unjuk Kemampuan

Selalu rutin latihan setiap pekan, tim Spinderella pun mulai mempertanyakan langkah selanjutnya setelah itu dan apa yang ingin mereka lakukan dengan kemampuan yang mulai terasah itu. Hingga akhirnya lahirlah Spinderellas Cup.

“Sebenarnya awalnya kita mau mewadahi khususnya pemain tenis amatir wanita yang baru belajar mungkin 2-3 tahun kayak kita-kita ini. Masa mau latihan dan latihan, sampai kapan? Ayo coba kompetisi,” Jelas Neng.

Kebetulan juga, ada banyak pemain dari luar yang ingin latihan bareng, tetapi gak bisa dimasukkan ke klub semua, akhirnya inilah yang semakin mencetuskan terciptanya kompetisi Spinderellas Cup.

“Akhirnya kita buat kompetisi ini yang terbuka untuk umum, tapi khususnya untuk kita juga sebenarnya, anggota-anggota Spinderellas, untuk coba tanding,” Jelas Ketua Spinderellas, Natasha Sumana Wardani atau biasa disapa Inkan.

Ternyata peminatnya sangat membludak, bahkan pihak Spinderellas harus menutup dan menolak beberapa pendaftaran yang masuk.

Spinderellas Cup perdana digelar tahun 2022 silam, dan memasuki gelaran keduanya di tahun 2023 ini. Ada dua level yang dipertandingkan, yaitu Beginner dan Intermediate. Rencananya turnamen ini akan digelar tahunan dengan tujuan yang sama.

Ingin Menjaga Hubungan Kekeluargaan Tim dan Memperbesar Klub

Ke depannya Inkan berharap Spinderellas tetap bisa menjaga persahabatan dan hubungan dengan para membernya yang sudah seperti keluarga besar.

Untuk event Spinderellas Cup sendiri, para anggotanya akan terus berusaha mengadakan event tersebut secara rutin tiap tahunnya. Tak hanya itu, Inkan juga mengungkapkan bahwa dia dan semua tim berharap di masa depan event Spinderellas Cup bisa mengundang lebih banyak lagi peserta.

“Insyaallah kalau tahun depan kita diberi kemudahan untuk melaksanakan lagi, mudah mudahan kita bisa memfasilitasi lebih banyak lagi peserta yang bisa ikut,” tutupnya.

Tim Spinderella menggelar latihan rutin setiap hati Selasa, Kamis, dan Jumat, yang dikhususkan untuk para member Spinderellas yang kini berjumlah 25 orang.

“Untuk saat ini kita belum ada rencana untuk membuka klub untuk umum tapi tidak terlepas kemungkinan untuk nantinya di masa depan. Saat ini kapasitasnya untuk segitu aja,” jelas Caca. Alasannya karena saat ini Spinderellas Tennis Club masih latihan di lapangan milik pribadi, bukan lapangan umum. Sehingga belum bisa memfasilitasi banyak orang untuk bermain.

“InsyaAllah kalau tahun depan bisa bekerja sama dengan lapangan tenis umum di luar, mungkin mudah2an kita bisa membuka untuk umum,” tambah Inkan.

Dalam waktu dekat, Spinderellas Cup akan kembali menggelar turnamen baru untuk para pasangan suami istri, bertajuk ‘Love Tournament’ untuk merayakan ulang tahun kedua klun tenis ini. Info lengkapnya bisa cek di Instagarm resmi mereka!

BACA JUGA:

cover: Instagram/spinderellas.tc

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan