banner-detik
SELF

10 Jenis Ikan Murah Meriah yang Punya Banyak Manfaat untuk Tumbuh Kembang Anak

author

Mommies Daily11 Oct 2023

10 Jenis Ikan Murah Meriah yang Punya Banyak Manfaat untuk Tumbuh Kembang Anak

Cek jenis ikan yang punya banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak tapi harganya murah meriah dan sangat terjangkau. Super bergizi!

Selain dapat diolah menjadi hidangan lezat, ada banyak manfaat ikan yang bisa didapatkan oleh tubuh. Ikan adalah sumber protein, mineral, dan zat penting lainnya yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Sayangnya, banyak yang mengira bahwa kandungan protein dan zat bergizi pada ikan hanya terdapat pada ikan yang mahal.

Nyatanya, ada beberapa jenis ikan murah yang tinggi manfaat yang bisa Mommies olah dan berikan untuk si kecil. Dengan pengetahuan yang tepat, Mommies dapat memberikan asupan nutrisi yang optimal untuk anak tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

BACA JUGA: Menurut Dokter, Ini Makanan yang Baik untuk Cegah Stunting Pada Anak

10 Jenis Ikan yang Bermanfaat untuk Anak

Berikut adalah beberapa jenis ikan yang murah tapi kaya manfaat untuk tubuh anak.

1. Ikan Bandeng

Ikan bandeng adalah salah satu jenis ikan yang ekonomis, tetapi kaya gizi. Tidak hanya mengandung kalori, protein, dan lemak, ikan bandeng juga mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat dalam meningkatkan kecerdasan anak. Kandungan omega-3 dalam ikan bandeng juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak serta membantu meningkatkan kualitas penglihatan.

Namun, karena ikan bandeng memiliki banyak duri, Mommies bisa memasak ikan bandeng menggunakan teknik presto hingga durinya menjadi lebih lunak. Dengan ini, ikan bandeng aman dikonsumsi anak.

2. Ikan Cakalang

Cakalang adalah ikan yang lezat dan memiliki kandungan asam amino dan protein yang tinggi. Kandungan ini bermanfaat untuk asam amino yang berasal dari protein sangat berguna untuk membentuk otot, serta memperkuat fungsi dan pemeliharaan sel dalam masa perkembangan anak. Selain itu, ikan cakalang juga dapat meningkatkan daya ingat dan perkembangan sistem saraf anak-anak karena mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi.

Ikan cakalang tidak memiliki banyak duri sehingga mudah diolah. Mommies bisa menyajikan cakalang dengan cara disuwir atau diolah menjadi abon yang pastinya disukai si kecil.

3. Ikan Kembung

Ikan kembung adalah salah satu ikan yang sering ditemui di perairan Indonesia. Ikan satu ini kaya akan asam lemak omega-3 yang bagus buat perkembangan otak anak. Ikan kembung juga mengandung mineral penting seperti kalsium dan fosfor. Kalsium adalah komponen utama dalam pembentukan tulang dan gigi, sementara fosfor berperan dalam proses pembentukan energi, pembentukan DNA, dan fungsi saraf yang normal.

Mommies bisa menyajikan ikan kembung dalam berbagai hidangan, seperti ikan goreng, pepes ikan, atau sup ikan. Jika anak lebih suka makanan yang renyah, sajikan ikan kembung dalam bentuk panggang atau goreng.

4. Ikan Tuna

Ikan tuna juga merupakan jenis ikan yang mudah diolah dan bernutrisi. Ikan ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang berfungsi mengurangi risiko obesitas pada anak. Selain itu, ikan tuna juga mengandung selenium yang berperan sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga anak terhindar dari penyakit dan infeksi.

Mommies bisa mengolah tuna dengan cara digoreng, dijadikan sup, dicampur dalam nasi dan pasta, bahkan dijadikan daging dalam sandwich atau burger. Teksturnya yang mudah dicerna menjadikan ikan tuna cocok dikonsumsi si kecil.

5. Ikan Lele

Ikan merupakan ikan lokal yang ternyata menyimpan segudang manfaat, lho. Ikan lele memang dikenal kaya akan Kandungan protein yang dapat memperkuat daya tahan tubuh anak. Tak hanya itu, ikan lele adalah salah satu sumber vitamin D dan kalsium yang yang berperan penting untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi anak.

Keunggulan lain dari ikan lele adalah cara penyajiannya yang sangat mudah. Mommies dapat menggoreng ikan lele secara langsung atau mengolahnya menjadi beragam hidangan, seperti nugget atau lele fillet goreng yang pasti disukai oleh anak-anak.

Murah Meriah! Ini 10 Jenis Ikan Selain Salmon yang Bergizi untuk MPASI

6. Ikan Sarden

Ikan sarden adalah pilihan ikan yang mudah ditemui di pasar maupun supermarket. Ikan jenis ini mengandung asam lemak omega-3, dan vitamin B12 yang penting untuk meningkatkan kecerdasan anak. Vitamin D penting untuk penyerapan kalsium, yang mendukung pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat.

Omega-3 dalam ikan sarden juga berperan dalam perkembangan otak dan kualitas penglihatan anak-anak. Mommies bisa mencampurkan sarden dengan nasi atau sayur sehingga menjadi makanan yang mengenyangkan untuk anak.

7. Ikan Makarel

Ikan mackerel adalah pilihan ikan yang lezat, murah, dan penuh manfaat. Mereka adalah sumber yang kaya akan omega-3 dan vitamin D. Omega-3 membantu dalam perkembangan otak dan sistem saraf. Tak hanya itu, ikan makarel juga mengandung asam lemak DHA dan EPA yang terdapat dalam omega-3. Kandungan ini membantu menjaga kekuatan dan kesehatan tulang anak-anak selama masa pertumbuhan.

8. Ikan Pindang atau Patin

Ikan patin seringkali menjadi pilihan yang terlupakan, padahal ikan ini memiliki manfaat yang berlimpah. Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan patin berperan dalam meningkatkan kesehatan otak dan kualitas penglihatan anak. Selain itu, vitamin D dan fosfor yang terdapat dalam ikan ini memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan tulang yang kuat pada anak-anak.

9. Ikan Kakap

Ikan kakap juga termasuk dalam kategori ikan yang ekonomis dan bernutrisi. Ikan ini memiliki kandungan vitamin B kompleks memiliki fungsi penting untuk kesehatan otak, perkembangan tulang, dan kualitas penglihatan. Kandungan kalium dalam ikan kakap berperan dalam mengaktifkan enzim yang diperlukan untuk metabolisme energi, sehingga menjadikannya pilihan yang cocok untuk dikonsumsi anak-anak dalam masa pertumbuhan.

10. Ikan Teri

Meskipun memiliki ukuran kecil, ikan teri dapat memberikan manfaat besar untuk kesehatan anak-anak. Ikan teri adalah salah satu ikan murah yang kaya akan asam lemak omega-3, protein, dan kalsium yang sangat penting untuk pertumbuhan otak dan tulang anak.

Ikan ini juga mengandung selenium dalam jumlah besar, yaitu mineral yang berperan dalam kesehatan jantung, tiroid, kekebalan tubuh, dan tulang.

Memiliki rasa yang kuat dan gurih, Mommies bisa mencampurkan ikan teri bersama nasi, salad, atau tumisan sayur agar Si Kecil bisa lebih tertarik makan sayur. Selain itu, Mommies juga bisa menggorengnya untuk dijadikan camilan.

Ditulis oleh: Azahra Syifa

BACA JUGA: Biasa Ada di Dapur, Ini 9 Makanan yang Bantu Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan