banner-detik
LIFESTYLE

7 Tanaman Hias Indoor yang Bisa Membantu Memperbaiki Kualitas Udara di Rumah

author

Mommies Daily09 Oct 2023

7 Tanaman Hias Indoor yang Bisa Membantu Memperbaiki Kualitas Udara di Rumah

Beberapa tanaman hias indoor ini tak hanya estetik, tetapi juga bisa memperbaiki kualitas udara di rumah Mommies. Apa saja, ya? Cek daftarnya di bawah ini!

Mommies, sebagian besar dari kita menghabiskan sekitar 90 persen waktu di dalam ruangan, mulai dari tidur, menonton film, sampai bekerja di kantor. Selama berada di dalam ruangan, kita terpapar oleh polusi udara yang berasal dari berbagai sumber seperti perabotan, karpet, bahan bangunan sintetis, produk pembersih, dan lain-lain. Sayangnya, ventilasi yang buruk dapat memperburuk kualitas udara di dalam ruangan.

Namun, ada solusi yang efektif untuk mengurangi tingkat polusi dan memperbaiki kualitas udara dalam ruangan, yaitu dengan menghadirkan tanaman indoor. Selain menjadi dekorasi rumah, ada beberapa tanaman hias indoor yang dapat membersihkan udara dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman.

BACA JUGA: 10 Tanaman Herbal Untuk Meredakan Batuk, Bisa Ditanam di Dalam Rumah!

7 Tanaman Hias Indoor yang Membantu Memperbaiki Kualitas Udara

Berdasarkan informasi dari Greatist, ada beberapa jenis tanaman yang mudah dirawat dan cocok ditempatkan di berbagai sudut ruangan untuk meningkatkan kualitas udara.

1. Lidah Mertua

Tanaman Lidah Mertua atau yang sering disebut Sansevieria adalah salah satu tanaman yang populer dijadikan indoor plant. Daunnya tegak dan berujung runcing sehingga bisa menambahkan kesan elegan dalam ruangan. Lidah Mertua dapat menyerap polusi dan debu, serta bahan beracun dan asap rokok di udara.

Tanaman ini lebih suka kondisi kering, sehingga sangat cocok ditempatkan di dalam rumah. Selain itu, Lidah Mertua juga termasuk tanaman yang tidak membutuhkan sinar matahari penuh sehingga bisa hidup dengan tingkat cahaya yang beragam. Ditambah, Mommies cukup menyiramnya sesekali saja.

kualitas udara

Foto: Ikea

2. Aloe Vera

Aloe vera adalah tanaman indoor lain yang mudah dirawat dan memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Daun aloe vera dikenal memiliki segudang manfaat karena mengandung gel bening yang kaya akan vitamin, enzim, asam amino, dan senyawa lain. Aloe Vera biasa digunakan untuk penyembuhan kulit dan menutrisi rambut.

Aloe vera dapat membersihkan kualitas udara dari berbagai zat kimia berbahaya yang bisa mengendap dalam rumah, seperti formaldehida dan benzene. Tanaman ini menyerap zat-zat tersebut melalui daunnya, membantu mengurangi tingkat polusi udara di dalam ruangan. Mommies bisa menempatkan aloe vera di jendela dapur atau area lainnya untuk manfaat maksimal.

Foto: Amazon

3. Pohon Bambu

Pohon bambu dapat menahan banyak air sehingga dapat melembabkan udara. Cocok bagi Mommies yang tinggal di rumah yang mudah panas. Tanaman ini juga membantu menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen, sehingga kualitas udara rumah akan terasa lebih segar.

Pohon Bambu dapat tumbuh subur dengan cahaya yang cukup dan jauh dari angin dingin. Keberadaan tanaman ini dapat memberikan sentuhan hijau yang menyegarkan ke dalam ruangan. Mommies bisa menempatkan pohon bambu di dalam ruangan selama beberapa tahun sebelum repotting ke wadah yang lebih besar. Selain itu, pertumbuhannya juga relatif lambat, sehingga Mommies tidak perlu khawatir tentang perawatan yang rumit.

Foto: Tradala Trees

Tanaman hias indoor apa lagi sih yang bisa memperbaiki kualitas udara di rumah? Mommies yang ingin tahu bisa langsung cek dengan klik di sini, ya!

Ditulis oleh: Azahra Syifa

BACA JUGA: 10 Penyebab Tanaman Mendadak Layu dan Cara Mengatasinya

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan