banner-detik
SELF

11 Rekomendasi Vitamin D untuk Anak hingga Orang Dewasa

author

Mommies Daily05 Oct 2023

11 Rekomendasi Vitamin D untuk Anak hingga Orang Dewasa

Penuhi kebutuhan harian akan vitamin D yang cukup penting untuk anak hingga orang dewasa, dari rekomendasi vitamin D ini.

Vitamin D sangat penting bagi kesehatan untuk beberapa alasan, termasuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Untuk anak, vitamin D dapat membantu membangun tulang yang lebih kuat sekaligus mencegah rakhitis, yakni kondisi pelunakan tulang akibat defisiensi vitamin D.

Dilansir dari situs Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika atau CDC, semua anak membutuhkan vitamin D mulai segera setelah lahir.

  • Anak-anak di bawah usia 12 bulan membutuhkan 400 IU vitamin D setiap hari.
  • Anak-anak berusia 12 hingga 24 bulan membutuhkan 600 IU vitamin D setiap hari.

Sementara untuk orang dewasa, khususnya wanita, vitamin D tak hanya membantu mencegah osteoporosis, tetapi juga membantu mengurangi risiko masalah kesehatan saat memasuki masa menopause. Setelah mengetahui manfaat vitamin D untuk anak dan orang dewasa, ada beberapa cara supaya kebutuhan vitamin D dapat terpenuhi. Beberapa caranya melalui makanan, tapi juga bisa dibantu dengan konsumsi vitamin.

BACA JUGA: Rekomendasi Vitamin Anak untuk Otak dan Meningkatkan Daya Ingat

Suplemen Vitamin D untuk Anak dan Dewasa

Jika Mommies berencana membeli vitamin D untuk anak dan diri sendiri, berikut beberapa rekomendasi vitamin D yang bisa dikonsumsi.

1. Childlife Organic Vitamin D

Childlife Organic Vitamin D mengandung D3 400 IU. Vitamin ini dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin D anak yang berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tulang. Yang penting, vitamin ini juga memiliki klaim dapat dikonsumsi oleh bayi sejak lahir hingga berlanjut selama masa remaja.

2. Imedco Kid D3

Vitamin D ini salah satu yang disukai orang tua, karena tak hanya cocok untuk anak tapi juga bisa dikonsumsi orang dewasa. Setiap 1 ml Imedco Kid D3 mengandung vitamin D3 400 IU, yang sudah pas untuk kebutuhan harian anak. Bentuknya sirup dengan rasa stroberi yang mudah diberikan pada anak-anak.

3. Youvit Multivitamin Gummy

Vitamin ini tersedia dalam bentuk gummy berkarakter monster yang lucu dan menggemaskan sehingga cocok dikonsumsi anak-anak. Rasanya pun beragam, yaitu stroberi, nanas, dan jeruk.

Sesuai namanya, produk ini tak hanya memiliki kandungan vitamin D 200 IU, tapi juga mengandung beragam vitamin dan mineral lainnya seperti: vitamin A, C, E, dan B kompleks, selenium, serta iodium.

4. Scott’s Emulsion Vita

Scott’s Emulsion memiliki banyak varian multivitamin yang baik untuk anak. Nah, Scott’s Emulsion Vita memiliki beragam kandungan utama selain vitamin D. Selain memiliki kandungan vitamin D 85 IU, produk ini juga didukung dengan vitamin A dan kalsium. Karena mempunyai kandungaan beberapa vitamin, produk ini dapat membantu memelihara perkembangan kesehatan anak dan pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Rasanya dan tekstur cairnya juga membuat anak lebih mudah meminum vitamin D dibandingkan suplemen bentuk kapsul.

5. NaturesPlus Animal Parade® Sugar Free Vitamin D3

Banyak anak tidak mendapatkan cukup vitamin D karena lebih banyak waktu yang dihabiskan di dalam ruangan. Nah, NaturePlus menyediakan vitamin D dalam bentuk permen kunyah yang mudah dikonsumsi anak-anak. Kandungan dalam setiap tabletnya 500 IU, sehingga cukup untuk dosis harian.

6. Defend D Drops

Vitamin D ini bisa jadi pilihan buat anak yang sulit mengonsumsi obat. Teksturnya cair dan bisa langsung diteteskan ke mulut atau dicampur ke makanan. Selain itu, vitamin D ini juga bisa dikonsumsi oleh bayi, anak, hingga orang dewasa. Di setiap satu tetesnya terdapat kandungan vitamin D sebanyak 330 IU yang bisa diberikan 1-3 tetes per hari.

BACA JUGA: Aman dan Bikin Sehat, Ini 5 Rekomendasi Merek Vitamin C untuk Ibu Hamil dan Janin

7. Nutrimax Vitamin D3 400 IU

Nutrimax Vitamin D3 400 IU mengandung 400 IU cholecalciferol (vitamin D3) yang setara dengan 10 mcg. Vitamin ini bagus untuk memelihara kesehatan tulang, gigi, otot, saraf, paru-paru, dan jantung. Suplemen ini juga berguna untuk menjaga daya tahan tubuh.

8. Wellness Vitamin D3 400 IU

Berbentuk soft gel, Wellness Vitamin D3 1000 IU mengandung cholecalciferol (vitamin D3) sebanyak 1.000 IU atau 25 mcg. Suplemen ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin D dengan cepat pada orang dengan kondisi tertentu, seperti lansia, ibu hamil atau menyusui, atau penderita penyakit infeksi maupun penyakit autoimun.

9. Blackmores Vitamin D3 1000 IU

rekomendasi vitamin d

Salah satu vitamin D yang cukup digemari banyak orang, Blackmores Vitamin D3 1000 IU ditujukan untuk orang yang mengalami kekurangan vitamin D, jarang terpapar sinar matahari, atau menderita penyakit infeksi maupun penyakit autoimun. Vitamin ini juga bisa dikonsumsi oleh orang lanjut usia dan ibu hamil atau menyusui, lho.

10. Sido Muncul Vitamin D3 1000 IU

rekomendasi vitamin d

Produk dalam negeri, Sido Muncul juga mempunyai varian vitamin D yang bagus dan terjangkau. Sido Muncul Vitamin D3 1000 IU bisa membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor yang penting untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin D3 juga membantu memelihara fungsi imun dan dapat digunakan sebagai terapi penunjang pada kondisi dan penyakit tertentu.

11. Femmy Vitamin D3

rekomendasi vitamin d

Femmy Vitamin D3 1000 IU tersedia dalam kemasan strip 10 tablet. Vitamin ini ditujukan untuk orang dewasa dengan dosis 1 tablet sekali sehari setelah makan. Vitamin D ini sangat cocok untuk wanita yang kekurangan vitamin D, maupun yang sudah mendekati masa menopause.

BACA JUGA: 6 Tanda Tubuh Kelebihan Vitamin D

Dari rekomendasi vitamin D untuk anak dan dewasa di atas, ada yang sudah pernah Mommies coba? Share review-nya di MD Reviews, yuk!

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: Image by Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan