banner-detik
LIFESTYLE

5 Fakta Suite Class Compartment KAI, Termasuk Harga Kereta Api dan Fasilitasnya!

author

Katharina Menge03 Oct 2023

5 Fakta Suite Class Compartment KAI, Termasuk Harga Kereta Api dan Fasilitasnya!

KAI sekarang punya kereta api mewah atau Suite Class Compartment yang bisa dicoba. Yuk, kenalan dengan fakta dan harganya!

Pasca merilis Kereta Ekonomi New Generation, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI menghadirkan jenis kereta baru, yaitu kereta tidur mewah yang mengedepankan kenyamanan dan privasi para penumpangnya, bernama Suite Class Compartment.

Pada Jumat (29/9) lalu, KAI pun melakukan uji coba perjalanan spesial dengan kereta api luar biasa (KLB) sambil menggandeng brand ambasador access by KAI, Maudy Ayunda serta artis, sosialita, dan influencer lainnya. Perjalanan spesial itu mengusung tema “Joy Ride Suite Class Kompartemen” dan menempuh rute perjalanan relasi Gambir – Cirebon.

BACA JUGA: Kereta Panoramic Sudah Resmi Beroperasi, Ini Harga Tiketnya

Fakta Kereta Suite Class Compartment

Yuk, kenalan lebih dekat dengan fakta mengenai Suite Class Compartment dari KAI ini, termasuk harga saat mau naik kereta api ini!

1. Mirip Kereta Api Sleeper Luxury

Dalam video yang dibagikan di Instagram resmi KAI, terlihat penampakan kereta Suite Class Compartment yang fasilitasnya mirip dengan Kereta Api Sleeper Luxury dan Sleeper Class di bus-bus double decker.

Foto: Instagram/maudyayunda

2. Nostalgia Kereta Bima

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan bahwa kereta Suite Class Compartment seperti menghidupkan kembali kereta Bima. Kereta Bima adalah kereta sleeper pertama milik Perusahaan Jawatan Kereta Api (kini PT Kereta Api Indonesia) yang beroperasi pada 1 Juni 1967 silam.

Dilansir dari National Geographic Indonesia, nama kereta Bima berasal dari gerbong yang berwarna biru dan beroperasi pada malam hari. Untuk kereta Suite Class Compartment nantinya juga akan diberi nama Bima Reborn. “Rencananya namanya kereta api Bima, namanya Bima Reborn, warnanya juga biru, tapi yang sekarang lebih keren,” tambah Didiek.

3. Punya 16 kompartemen

Dilansir dari situs resmi KAI, Kereta Suite Class Compartment adalah inovasi yang memadukan kemewahan dan kenyamanan dengan fasilitas futuristik. Nantinya, kereta ini terdiri satu gerbong khusus yang memiliki 16 kompartemen yang memberikan privasi lebih kepada penumpang sepanjang perjalanan.

Setiap orang akan mendapatkan kompartemen masing-masing sehingga kenyamanan dan privasinya akan terjaga dengan maksimal. Sayangnya, jenis kompartemen ini terlalu kecil untuk keluarga atau membawa anak.

4. Dilengkapi teknologi canggih

Masing-masing kompartemen suite class ini dilengkapi dengan sederet teknologi canggih. Salah satunya adalah kursi yang bisa dioperasikan secara digital. Kursinya bisa direbahkan hingga 140 derajat dan diputar 180 derajat. Ada pula sandaran kaki elektrik, televisi, USB charging power source, foldable food tray, dan banyak fasilitas lainnya.

Selain kursi, fasilitas di dalam kompartemen bisa diatur sesuai kebutuhan, seperti pengaturan cahayanya, level ac, hingga posisi duduk. Kompartemennya juga dilengkapi call button yang dapat digunakan oleh Mommies atau Daddies ketika ingin memanggil petugas dan meminta bantuan mereka.

Selama perjalanan, pramugara dan pramugari akan melayani pelanggan dan memberikan beberapa fasilitas seperti bantal, selimut, headset dan hot towel. Ada juga sajian berupa makanan yang bisa dinikmati untuk menambah sensasi berkendara maksimal, mulai dari appetizer, main course, dessert dan aneka pilihan minuman.

5. Launching 6 Oktober

Rencananya, Suite Class Compartment ini akan segera diluncurkan untuk umum. Dikutip dari Kompas.com, Joni Martinus, Vice President Public Relations KAI, mengatakan bahwa kereta mewah ini akan dirilis secara resmi tanggal 6 Oktober.

Sayangnya, harga tiket Kereta Suite Class ini belum dirilis oleh KAI. Rencananya mereka akan merilis harga tiket kereta ini bersamaan dengan peluncuran kelas kereta apinya.

[UPDATE] Di tahap awal, perseroan memberikan harga tarif promo Rp1,95 juta per orang untuk periode 10-31 Oktober 2023.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by KAI121 (@kai121_)

BACA JUGA: Infografik: Review Transportasi Umum untuk Ibu Bekerja

Cover: PT KAI

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan