banner-detik
PARENTING & KIDS

Gaya Parenting Orang Tua Erina Gudono, Prioritaskan Sekolah dan Belajar Mandiri

author

Katharina Menge02 Oct 2023

Gaya Parenting Orang Tua Erina Gudono, Prioritaskan Sekolah dan Belajar Mandiri

Erina Gudono tumbuh menjadi pribadi mandiri berkat didikan orang tuanya. Yuk, intip gaya parenting yang mereka terapkan untuk Erina!

Sosok Erina Gudono semakin dikenl publik pasca menikah dengan Kaesang Pangarep, anak bungsu Presiden Indonesia, Joko Widodo. Walau begitu, sebelum menikah Erina sudah memiliki segudang prestasi dan pencapaian yang membanggakan dalam berbagai bidang, lho.

Ketika menginjak usia 25 tahun, Erina Gudono berhasil menjuarai kompetisi pemilihan Puteri Indonesia di Yogyakarta dan dinobatkan sebagai Puteri Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta 2022. Erina pun mewakili provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta di ajang Puteri Indonesia 2022 dan berhasil masuk 11 Besar.

Erina juga pernah jadi delegasi Harvard World Model United Nation 2022 dan jadi juara di Business Project Competition di Tokyo. Deretan prestasi ini tidak hanya membuat sosok Erina yang menjadi sorotan, tetapi juga bagaimana orang tuanya membesarkan dirinya menjadi pribadi yang hebat.

Wanita berzodiak Sagitarius ini juga mengakui bahwa semua prestasi yang dia raih tidak didapatkan secara cuma-cuma, melainkan berkat pola asuh yang diterapkan oleh kedua orang tuanya.

Saat tampil di YouTube CXO Media, Jumat (29/9), Erina pun berbagi kisah bagaimana dia dibesarkan oleh orang tuanya dengan pola asuh yang membuat dia bisa hidup mandiri, dengan menjaga jati diri dan prioritasnya.

BACA JUGA: Gaya Parenting Gibran Rakabuming, Didik Anak Agar Tetap Rendah Hati

Gaya Parenting Orang Tua Erina Gudono

Yuk, intip gaya parenting orang tua Erina Gudono yang diterapkan sehingga membentuk sosok dirinya yang mandiri.

1. Utamakan sekolah

Orang tua Erina selalu mendidik putri mereka tersebut untuk selalu menjadikan pendidikan sebagai prioritas. “Jadi, aku dari kecil dididik untuk selalu memprioritaskan sekolah, itu yang pertama. Terus yang kedua, aku dididik supaya aku tidak bergantung sama siapa pun. Aku dididik supaya nanti siapa pun suamiku, aku tetap bisa jadi (diri sendiri) tanpa bantuan siapa pun gitu,” jelasnya.

2. Menjadi mandiri

Erina kehilangan sang ayah ketika dia berusia belasan tahun dan baru memasuki masa kuliah. Hal itu membuatnya secara alami menjadi pribadi yang mandiri dalam menjalani hidup. Apalagi sang ibu merupakan ibu rumah tangga.

Karena tidak mau membebani keluarga, Erina belajar keras untuk mendapatkan beasiswa serta mengikuti beragam lomba untuk membiayai kuliahnya. Meski sudah lulus kuliah pun Erina masih aktif mengikuti lomba sambil tetap bekerja.

“Terus sejak Papaku meninggal, dari situ aku memutuskan untuk membantu ibu. Karena ibu aku, kan, ibu rumah tangga. Jadi aku cari beasiswa, aku ikut banyak lomba biar bisa membiayai kuliah, terus juga banyak ngerjain project, itu karena aku tidak mau orang tua ikut aku repotin. Jadi, aku udah mandiri dari muda,” cerita Erina.

Untuk melihat gaya parenting orang tua Erina Gudono berikutnya, Mommies bisa klik di sini!

BACA JUGA: Gaya Parenting Zayn Malik, Terapkan Co-Parenting Bersama Gigi Hadid

Foto: Instagram/erinagudono

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan