banner-detik
EDUCATION

15 Negara Favorit Mahasiswa Indonesia Untuk Kuliah dan Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Luar Negeri Gratis!

author

Mommies Daily25 Sep 2023

15 Negara Favorit Mahasiswa Indonesia Untuk Kuliah dan Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Luar Negeri Gratis!

UNESCO merilis daftar negara favorit mahasiswa Indonesia untuk kuliah. Tertarik mendapatkan beasiswa kuliah luar negeri di negara tersebut? Ini caranya!

Kuliah luar negeri masih menjadi impian banyak orang dan bagi segelintir mereka bisa mendapatkan beasiswa kuliah luar negeri yang sesuai. Sebelum mencari beasiswa yang cocok, terlebih dahulu tentukan negara yang akan dituju.

15 Negara favorit mahasiswa Indonesia untuk kuliah

Sebagai referensi, UNESCO baru merilis Global Flow of Tertiary-Level Students. Melalui data tersebut, dapat terlihat negara favorit apa saja yang paling banyak menjadi tujuan mahasiswa Indonesia untuk kuliah. Berikut daftarnya.

  1. Australia, jumlah mahasiswa Indonesia: 13.880
  2. Malaysia, jumlah mahasiswa Indonesia: 8.440
  3. Amerika Serikat, jumlah mahasiswa Indonesia: 7.984
  4. Jepang,jumlah mahasiswa Indonesia: 4,722
  5. Inggris, jumlah mahasiswa Indonesia: 3.087
  6. Jerman, jumlah mahasiswa Indonesia: 2.460
  7. Arab Saudi, jumlah mahasiswa Indonesia: 1.551
  8. Belanda, jumlah mahasiswa Indonesia: 1.373
  9. Turki, jumlah mahasiswa Indonesia: 1.218
  10. Kanada, jumlah mahasiswa Indonesia: 1.101
  11. Korea Selatan, jumlah mahasiswa Indonesia: 1.087
  12. Prancis, jumlah mahasiswa Indonesia: 840
  13. Selandia Baru, jumlah mahasiswa Indonesia: 765
  14. Hong Kong, China jumlah mahasiswa Indonesia: 669
  15. Thailand, jumlah mahasiswa Indonesia: 410

Dari daftar negara favorit tujuan kuliah luar negeri tersebut, Mommies dan Daddies bisa mengira-ngira bahwa kualitas universitas di negara tersebut baik, biaya kuliah luar negeri yang masih masuk akal, dan kedekatan budaya dengan Indonesia yang membuat nyaman ditinggali.

BACA JUGA: Dukung Anak Sukses Kerjakan ANBK 2023 dengan Sederet Tips Ini!

Cara mendapat beasiswa kuliah luar negeri

Kemungkinan besar, keraguan yang Mommies dan Daddies miliki tentang kuliah luar negeri mungkin ada hubungannya dengan biaya yang sangat besar untuk pindah ke luar negeri dan biaya mahasiswa internasional yang terus meningkat.

Namun ada banyak peluang beasiswa yang murah bahkan gratis, tersedia untuk membantu menutupi biaya tersebut. Yuk, cek daftar beasiswa luar negeri berikut ini.

1. Beasiswa Internasional Adelaide, Australia

University of Adelaide menawarkan beasiswa kuliah di Australia yang mencakup biaya kuliah, asuransi kesehatan dan tunjangan untuk mahasiswa pascasarjana internasional. Beasiswa ini berlangsung selama dua tahun untuk gelar master dan tiga tahun untuk gelar PhD. Untuk mendaftar, kirimkan aplikasi secara online.

2. Malaysian Government Scholarships

Ini adalah beasiswa yang didanai penuh oleh pemerintah Malaysia. Pelajar internasional dapat mengajukan permohonan beasiswa bernama Malaysian Technical Cooperation Program (MTCP) untuk belajar di Malaysia gratis.

3. Fulbright Foreign Student Program

Beasiswa kuliah luar negeri di Amerika Serikat ini terbuka untuk mahasiswa pascasarjana dan profesional muda yang sedang menempuh studi atau penelitian. Persyaratan pendaftaran dan masuknya berbeda-beda menurut kewarganegaraan.

4. Japanese Government (MEXT) Scholarship

Divisi Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (MEXT) secara rutin membuka peluang beasiswa untuk mahasiswa Indonesia. Program ini bekerja sama dengan berbagai universitas di Jepang seperti Universitas Tokyo dan Universitas Utsonomiya.

5. Westminster Full International Scholarship

Buat yang ingin kuliah di Inggris bisa mencoba beasiswa yang dibiayai penuh ini. Agar memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa penuh untuk belajar di University of Westminster, Inggris, peserta beasiswa harus berasal dari negara berkembang.

6. Beasiswa DaaD

Beasiswa pemerintah di Jerman ditawarkan oleh DaaD yang didanai oleh pemerintah Jerman dan Uni Eropa. Siapa saja yang bisa mendaftar? Mahasiswa S1, S2 dan S3. DaaD menawarkan berbagai beasiswa di Jerman, baik yang didanai penuh maupun sebagian.

7. Khalifa University Scholarship

Beasiswa yang ditawarkan universitas terbaik di Uni Emirat Arab (UEA) ini tidak hanya mencakup biaya kuliah penuh. Mahasiswa yang lolos dalam beasiswa ini juga akan mendapatkan uang saku hingga asuransi kesehatan.

BACA JUGA: 10 Beasiswa S1 untuk Lulusan SMA atau SMK

8. Erasmus Mundus Joint Master Degrees

Dengan mengikuti salah satu program joint master Erasmus Mundus, peserta dapat menerima beasiswa penuh yang mencakup biaya kuliah dan biaya hidup. Biasanya berlangsung antara satu hingga dua tahun, program ini akan mengirim peserta beasiwa ke setidaknya dua universitas yang berpartisipasi dan berbasis di Belanda.

9. Turkish Scholarship

Beasiswa ini adalah beasiswa kuliah luar negeri untuk program S1, S2, S3. Tak hanya memberikan bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup saja, tapi juga menjamin penempatan di universitas Hunters nantinya.

10. International Leader of Tomorrow Award at University of British Columbia

University of British Columbia di Kanada menawarkan beasiswa sarjana untuk pelamar internasional berdasarkan kebutuhan ekonomi dan prestasi akademik. Agar memenuhi syarat, harus memiliki rekam jejak akademis yang sangat baik, belum memiliki gelar sarjana sebelumnya, dan menunjukkan kondisi finansial.

11. Global Korea Scholarship

Program beasiswa penuh yang dikelola oleh NIIED (National Institute for International Education) alias lembaga eksekutif di bawah kementerian pendidikan Korea Selatan. Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Korea Selatan kepada mahasiswa Internasional yang ingin kuliah di Korea untuk jenjang D2 (Associate Degree), S1, S2, dan S3.

12. Eiffel Excellence Scholarships

Berfokus pada jurusan Sains dan Teknologi serta Humaniora dan Ilmu Sosial, beasiswa kuliah luar negeri ini diperuntukkan bagi siswa dengan prestasi luar biasa yang ingin belajar di Prancis.

13. Manaaki New Zealand Scholarship

Jenis beasiswa kuliah di luar negeri yang dibiayai penuh, tersedia untuk jenjang S2 dan S3. Jurusan yang tersedia adalah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Hayati, Ilmu Sosial, Teknik, dan Studi Lingkungan.

14. Education University of Hong Kong Scholarship

Ingin kuliah di Hong Kong? Ada penawaran basiswa penuh dan sebagian dari Education University of Hong Kong untuk jenjang S1. Jurusan yang bisa dipilih adalah Bisnis, Seni, Ilmu Sosial, teknologi Informasi dan Komunikasi, Pendidikan, Ekonomi, dan Olahraga.

15. Thailand Government Scholarships 2023

Wilayah yang dekat dan kondisi ekonomi yang mirip membuat banyak mahasiswa Indonesia kuliah di Thailand. Beasiswa ini menawarkan beasiswa S2 yang didanai penuh untuk mahasiswa internasional untuk tahun 2023-2024. Beasiswa kuliah luar negeri ini juga akan mencakup tunjangan hidup, tunjangan akomodasi, uang saku, tunjangan buku dan tunjangan tesis.

BACA JUGA: Siap-siap, Ini Biaya Masuk 5 Jurusan Favorit di 5 PTS Terbaik di Indonesia

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: Image by diana.grytsku on Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS