banner-detik
EDUCATION

Dukung Anak Sukses Kerjakan ANBK 2023 dengan Sederet Tips Ini!

author

Mommies Daily14 Sep 2023

Dukung Anak Sukses Kerjakan ANBK 2023 dengan Sederet Tips Ini!

ANBK 2023 dapat membuat cemas anak-anak dan remaja, peran orang tua di sini sangat penting untuk membantu dan mendukung mereka melakukan ANBK 2023 dengan lancar.

ANBK 2023 memang menjadi topik hot akhir-akhir ini. Merupakan singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer, ANBK 2023 adalah sebuah program yang dirancang untuk menilai mutu masing-masing satuan pendidikan, yang dilaksanakan untuk tingkat SD, SMP, dan SMA. Layaknya ujian, stres dan rasa khawatir bisa dirasakan oleh anak jelang momen ini.

Mungkin sulit untuk mengetahui bagaimana cara mendukung anak, apalagi orang tua juga biasanya merasakan hal serupa, yaitu ikut cemas saat anaknya ujian. Meski hasil ANBK tidak menentukan kelulusan, tak bisa dipungkiri anak akan merasakan tekanan yang mirip seperti melakukan ujian lainnya.

Dikutip dari laman Kemendikbud, Asesmen Nasional ditujukan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Selain itu, ini juga bukan pengganti UN.

Nah, sebagai orang tua ada beberapa hal yang dapat Mommies lakukan untuk membantu anak sukses jalani ANBK 2023.

BACA JUGA: Mengenal ANBK 2023 sebagai Pengganti UN, Mulai dari Pengertian, Tujuan, Jadwal, dan Tips Mengerjakannya!

10 Tips Sukses Mengerjakan ANBK 2023 dan Dukungan Orang Tua

Buat anak lebih nyaman mempersiapkan diri menyambut asesmen dengan berbagai tips ini.

1. Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang ANBK

Sebelum melakukan persiapan melalui soal-soal latihan, kumpulkan dulu informasi sebanyak-banyaknya tentang ANBK 2023. Misalnya, pada ANBK ada 3 instrumen yang akan dikerjakan, yaitu literasi membaca & literasi menghitung, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

2. Ketahui berapa kurun waktu pengerjaan

Dalam asesmen biasanya ada waktu atau durasi pengerjaan. Mommies bisa bertanya pada pengajar atau mencari tahu melalui anak sendiri, kira-kira berapa lama waktu pengerjaan masing-masing sesi.

Ini akan sangat memudahkan saat latihan soal, karena anak akan mempunyai ritme yang sudah terlatih. Hasilnya anak tidak akan keteteran dan terlambat saat mengerjakan soal.

3. Latihan soal

Makin banyak berlatih, makin lancar pengerjaan ANBK nantinya. Saat ini sudah ada beberapa kumpulan soal yang bisa diakses secara online. Bahkan situs Kemdikbud pun mempunyai simulasi soal untuk masing-masing jenjang di sini.

4. Jangan terlalu menekan anak

Hindari menekan anak hanya karena Anda sedang stres atau karena takut anak dapat nilai buruk dan membuat nama baik keluarga tercoreng! Jangan membandingkan anak dengan anak-anak lain karena itu adalah hal buruk yang bisa membuat anak trauma.

5. Dorong kebiasaan sehat

Jumlah tidur yang didapat anak membuat perbedaan pada kesehatan mental dan kemampuan mereka untuk belajar. Jika anak tidak tidur nyenyak, tingkat stres mereka bisa meningkat jelang ANBK 2023.
Pastikan anak mendapatkan waktu istirahat makan dan minum yang teratur.

6. Mengambil sikap positif

Tetaplah positif. Ingatkan anak tentang kekuatan dan kualitas mereka. Biarkan mereka tahu bahwa Anda bangga dengan upaya yang telah mereka lakukan, apa pun hasil ujiannya.

7. Jangan buat standar terlalu tinggi

Jangan menetapkan hasil yang tidak realistis untuk anak. Ketahui kapasitas anak Anda dan dorong dia untuk bekerja lebih keras.

Bahkan jika ia gagal atau tidak mendapatkan nilai yang bagus, jangan berkecil hati. Motivasi anak untuk melakukan yang lebih baik di lain waktu.

8. Hindari sistem kebut semalam

Mommies tentu sudah pernah menjadi anak-anak dan mengalami masa-masa ujian pula. Tentu saja akrab dengan sistem kebut semalam alias belajar dalam satu waktu sekaligus, biasanya malam sebelum ujian!
Selain tidak efektif, anak akan terlalu lelah karena tidak tidur dengan cukup.

9. Biasakan sarapan bergizi di hari ujian

Mengerjakan ujian dengan perut kosong bisa berakibat fatal, seperti pusing bahkan pingsan. Siapkan sarapan ringan tapi bergizi buat anak di hari ANBK 2023, seperti jus dan roti gandum.

Jangan juga memberikan sarapan terlalu banyak, karena berpotensi membuat anak mengantuk saat ujian.

10. Berbicara sebelum ujian

Cobalah untuk berbicara dengan anak sebelum ujian. Tenangkan mereka jika Anda melihat anak stres dan panik. Dukungan dan kata-kata penghiburan dari orang tua akan berdampak besar bagi mental anak sebelum ujian.

BACA JUGA: 30 Contoh Latihan Soal ANBK SD, Lengkap dengan Kunci Jawaban

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan