banner-detik
EDUCATION

10 Beasiswa S1 Untuk Lulusan SMA atau SMK

author

dewdew10 Sep 2023

10 Beasiswa S1 Untuk Lulusan SMA atau SMK

Anak SMA dan SMK bisa dapat Beasiswa S1 nggak, sih? Atau hanya S2 saja yang bisa dapat? Eits, bisa, dong. Cek infonya di sini.

Siapa, sih, yang nggak mau dapat beasiswa saat kuliah? Selain bisa membantu meringankan finansial, penerima beasiswa biasanya merupakan siswa-siswa berkualitas pilihan. Bangga, dong, pastinya. 

Nah, beasiswa nggak datang begitu saja. Kita juga harus aktif mencarinya. Mommies bisa bantu anak-anak yang saat ini duduk di bangku SMA atau SMK, untuk mendapatkan beasiswa S1 di beberapa lembaga berikut ini. 

Tersedia beasiswa S1 dalam negeri, maupun di luar negeri. Tinggal pilih mau yang mana :)

Beasiswa S1 dari BCA

Bank Central Asia (BCA) rutin memberikan beasiswa untuk lulusan SMA/SMK sederajat yang berprestasi.

Beasiswa S1 diberikan dalam bentuk Program Bisnis dan Perbankan serta Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI). 

Mengutip dari laman BCA, selain kegiatan belajar yang dilakukan di kelas, peserta juga wajib mengikuti program on the job training di unit kerja BCA, mendapatkan pembekalan soft skill, seperti kepemimpinan, kerja tim, pembentukan karakter dan perencanaan keuangan.

Namun begitu, tidak ada ikatan dinas saat mengikuti program ini. Hanya saja peserta diberikan kesempatan untuk bekerja di BCA selepas menyelesaikan program tersebut, sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Untuk kualifikasi, mommies bisa cek di sini ya.

Beasiswa Pendidikan Indonesia 

Program beasiswa BPI ini dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (BPI Kemendikbudristek). Diluncurkan pada 22 April 2021 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Bapak Nadiem Makarim, dan berjalan hingga saat ini. Mudah-mudahan masih bisa terus dinikmati anak-anak kita nanti, ya, mommies. 

Untuk beasiswa S1 dan D4, ada 3 jenis yaitu:

  1. Beasiswa S1 / D4 Calon Guru SMK 
  2. Beasiswa S1 Pelaku Budaya 
  3. Beasiswa Indonesia Maju (BIM) 

Untuk pilihan prodi serta universitas yang dituju bisa cek di sini, ya.

Beasiswa KIP 

Pada dasarnya KIP-Kuliah tidak bisa juga dikatakan beasiswa, tapi lebih kepada bantuan biaya pendidikan dari pemerintah untuk lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik, akan tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Meski begitu syarat prestasi pada KIP Kuliah ditujukan untuk menjamin bahwa penerima KIP Kuliah terseleksi dari yang benar-benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

KIP-Kuliah memberikan pembiayaan sebagai berikut:

  1. Pendaftaran KIP-Kuliah tidak dikenakan biaya.
  2. Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi
  3. Subsidi biaya hidup sebesar Rp700.000 / bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah

Cek di sini untuk panduan pendaftaran KIP.

JFLS Pemprov Jabar

Program beasiswa ini merupakan program bantuan biaya pendidikan tinggi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Selain jenjang S1, program beasiswa ini juga diberikan untuk masyarakat Jawa Barat yang sedang menempuh pendidikan jenjang D3, D4, S2, dan S3 yang berprestasi baik dalam bidang akademik maupun non-akademik.

Tentunya ada beberapa kriteria yang wajib dipenuhi, salah duanya adalah penerima merupakan warga Jawa Barat, dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), serta berusia maksimal 25 tahun bagi pendaftar jenjang D3 dan D4/S1.

Untuk info lengkap bisa klik di sini, ya. 

Beasiswa IDCloudhost dan Telkom University

Program beasiswa yang sudah dibuka sejak tahun 2015 ini merupakan program resmi yang berkolaborasi bersama SMB (Seleksi Masuk Bersama) Telkom University. Untuk seleksi masuk bisa cek di sini

Perlu diketahui bahwa IDcloudhost sudah membuka program beasiswa ini dengan total jumlah pendaftar mencapai 50.000 pendaftar dengan rata-rata 15.000 an pendaftar setiap tahunnya. 

Asyiknya lagi, pendanaan diberikan secara full sampai lulus kuliah dan berkesempatan untuk langsung bergabung di IDCloudhost. Syarat dan ketentuan, klik di sini

Beasiswa S1 dari IFI

Buat anak mommies yang tertarik untuk belajar di Prancis, Kedutaan Besar Prancis di Indonesia membuka program pendanaan bagi mahasiswa/i Indonesia unggulan yang akan memasuki tahun pertama pendidikan tinggi di Prancis (D3 maupun S1). 

Yang pasti program beasiswa ini terbuka untuk semua jurusan, selama anak mommies merupakan

  1. berkebangsaan Indonesia
  2. berusia maksimum 21 tahun
  3. berijazah SMA sederajat
  4. memiliki profil yang baik dan motivasi yang kuat untuk melanjutkan studi ke Prancis
  5. sudah diterima, pada tahun ajaran 2023/2024, di institusi pendidikan tinggi Prancis, baik negeri ataupun swasta, yang berada dalam naungan Kementerian Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Inovasi (MESRI)
  6. tidak sedang/akan menerima beasiswa apapun dari pihak lain 

Informasi selengkapnya bisa klik di sini.

Program Beasiswa Monbukagakusho/MEXT

Kabar baik buat mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke Jepang. Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/MEXT) pemerintah Jepang menawarkan beasiswa bagi lulusan sekolah formal tingkat SMA/SMK dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan jenjang S-1 di Universitas Negeri di Jepang.

Penerima beasiswa akan mendapatkan fasilitas sebagai berikut:

  1. Biaya kuliah ditanggung sepenuhnya (termasuk biaya sekolah persiapan)
  2. Tunjangan hidup sebesar kurang lebih ¥117.000/bulan
  3. Tiket pesawat pergi pulang Indonesia – Jepang
  4. Bebas biaya pengurusan visa pelajar
  5. Tanpa ikatan dinas

Cek di sini untuk informasi lengkap syarat dan ketentuan mendaftar. 

Baca juga: Beasiswa Khusus Untuk Perempuan dari Google

Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Beasiswa Unggulan adalah pemberian biaya pendidikan oleh pemerintah Indonesia bagi masyarakat yang memiliki kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang sarjana, magister, dan doktor.

Buat anak Mommies yang saat ini sedang duduk di bangku SMA atau SMK, pada saat pendaftaran harus melampirkan rapor di semester/kelas terakhir.

Cek di sini untuk kelengkapan informasi mengenai beasiswa unggulan dari Kemendikbud.

SBW Berlin Scholarship

Program beasiswa ini ditujukan untuk mendukung generasi muda berbakat dari luar Jerman, yang punya komitmen secara sosial dalam pekerjaan sukarela di negara asal mereka. 

Jadi kalau mahasiswa Indonesia mendapatkan beasiswa ini, harus punya komitmen untuk kembali bekerja di Indonesia setelah lulus kuliah di Berlin.

Beasiswa penuh mencakup pendanaan biaya sekolah, akomodasi di apartemen siswa in-house, sekaligus tunjangan bulanan untuk biaya hidup.

Klik di sini untuk cara mendaftar dan panduan pendaftaran, ya, mommies.

Wardah Scholarship Program

Ternyata bukan hanya memproduksi kosmetik dan skincare saja, Wardah juga mencetak generasi penerus bangsa.

Siapa saja yang bisa ikutan? Untuk mendapatkan beasiswa dari Wardah, anak mommies haruslah merupakan mahasiswi S1/D4 dari 30 PTN yang sudah menjadi mitra dan memenuhi persyaratan pendaftaran.

Khusus D4 hanya berlaku untuk mahasiswi yang berasal dari Politeknik yang sudah menjadi mitra dari Wardah itu sendiri. 

Program beasiswa saat ini hanya ditujukan untuk mahasiswi semester 3 saja. Semoga ke depan bisa makin luas, ya, jangkauan bantuan pendidikannya. 

Cek di sini untuk mendaftar di Wardah Scholarship Program. 

 

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan