banner-detik
EDUCATION

Ini Dia 10 PTS Terbaik di Indonesia

author

dewdew10 Aug 2023

Ini Dia 10 PTS Terbaik di Indonesia

Kira-kira dari 10 PTS terbaik se-Indonesia ini, mana yang jadi incaran Mommies sebagai kandidat pendidikan tinggi anak-anak?

PTN alias Perguruan Tinggi Negeri tentu jadi idaman bagi hampir seluruh orangtua sebagai jenjang tertinggi pendidikan anaknya. Eh, tapi nggak berarti Perguruan Tinggi Swasta atau PTS kemudian tidak diminati, lho.

Ada banyak PTS di Indonesia yang secara kualitas sama atau bahkan lebih baik dari Perguruan Tinggi Negeri. Apa saja, sih? Berikut ini 10 PTS terbaik di Indonesia versi Webometric.

Universitas Telkom 

Universitas yang berlokasi di Bandung ini menempati peringkat ke-9 nasional. Kampus yang sejak awal didirikan oleh Yayasan Pendidikan Telkom di Bandung, Jawa Barat ini memiliki 7 fakultas dan 50 program studi. Telkom University atau Universitas Telkom telah terakreditasi unggul berdasarkan BAN-PT dan terakreditasi internasional. Berada di peringkat 1.435 dunia.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Setelah Universitas Telkom, ada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang menduduki peringkat 19 terbaik se-Indonesia dan 1.947 dunia.

Universitas yang berdiri sejak 1 Maret 1981 ini berlokasi di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat ini UMY memiliki 10 fakultas dan 41 program studi.

Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara atau yang lebih dikenal sebagai BINUS University ini berada di urutan ke-3 Nasional. 

Saat ini lokasi kampus tersebar di beberapa tempat seperti Jakarta, Bandung, Bekasi, hingga Malang. Salah satu program andalan para Binusian ini adalah Apple Developer Academy. Program kolaborasi ini membantu mahasiswa belajar mengembangkan aplikasi digital dengan dibimbing oleh para ahli dari perusahaan telekomunikasi raksasa, Apple. 

Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas yang menduduki peringkat Indonesia 22 ini, berdiri pada tahun 1964, berinduk pada organisasi Muhammadiyah dan merupakan perguruan tinggi Muhammadiyah terbesar di Jawa Timur. 

Saat ini Universitas Muhammadiyah Malang memiliki 3 lokasi kampus, yaitu kampus I di Jalan Bandung 1, kampus II di Jalan Bendungan Sutami 188 A dan kampus III di Jalan Raya Tlogomas, Malang, Jawa Timur.

Baca juga: 30 Daftar SMA Terbaik Se-Indonesia Versi LTMPT 2023

Universitas Mercu Buana

Terhitung bulan Desember 2016, Universitas Mercu Buana yang menduduki peringkat 24 nasional ini memeroleh Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan peringkat “A” atau Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). 

Salah satu program studi Universitas Mercu Buana, yaitu Teknik Sipil berhasil mendapat akreditasi internasional oleh IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education)

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Universitas yang berlokasi di Kartasura, Jawa Tengah, dan menduduki peringkat ke 33 nasional ini,  memiliki tujuan menjadi universitas yang unggul di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, dengan tetap mengamalkan nilai-nilai keislaman.

Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan , yang menduduki peringkat Indonesia 35 nasional ini, awalnya merupakan pengembangan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta. 

Saat ini, Universitas Ahmad Dahlan memiliki 11 fakultas dengan lebih dari 50 pilihan program studi yang telah terakreditasi A dan B pada umumnya.

Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma yang berdiri pada 7 Agustus 1981 dan saat ini ada di peringkat Indonesia 36 ini, awalnya memang identik dengan ahli teknologi informasi.

Namun kini Universitas Gunadarma sudah berkembang sehingga menyediakan mulai dari Fakultas Ekonomi, Psikologi, Teknologi Industri, hingga Kedokteran.

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Universitas yang menduduki peringkat Indonesia 38 ini memiliki beberapa Program Studi yang sudah terakreditasi A dan B dari BAN PT dan LAMPT-Kes, termasuk Prodi S1 Pendidikan Dokter dan Prodi Profesi Dokter.

Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Saat ini, Unissula yang berada di peringkat Indonesia 45, memiliki 12 fakultas yang menaungi lebih dari 40 program studi. Ke-12 fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Teknik, Hukum, Ekonomi, Agama Islam, Teknologi Industri, Psikologi, Ilmu Keperawatan, Bahasa dan Ilmu Komunikasi, Kedokteran Gigi, serta Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 

Selain program-program sarjana, Unissula juga menawarkan 7 program magister dan 3 program doktoral.

Bagaimana mommies? Kira-kira dari 10 PTS terbaik se-Indonesia ini, mana yang diincar untuk kandidat jenjang lanjutan anak-anak? Share di kolom komentar, ya.

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan