banner-detik
EDUCATION

Mengenal LTMPT dan BP3 Sebagai Penggantinya untuk Seleksi Masuk PTN

author

Katharina Menge09 Aug 2023

Mengenal LTMPT dan BP3 Sebagai Penggantinya untuk Seleksi Masuk PTN

Kalau sedang membantu persiapan anak masuk PTN pasti Mommies tahu apa itu LTMPT dan BP3. Untuk yang belum paham, yuk kenali!

Ketika anak sudah lulus SMA, sebagian besar dari mereka, dan juga orang tuanya, pasti ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri (PTN). Untuk bisa masuk ke PTN, anak-anak harus mengikuti tes dari lembaga pendidikan tertentu lebih dulu.

Hingga seleksi masuk PTN 2022, lembaga yang menyelenggarakan tes tersebut adalah LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Semua siswa sekolah yang ingin masuk PTN impia, seperti UI, ITB, UNPAD, UGM, UNDIP, Universitas Brawijaya, dan sederet PTN lainnya harus mengikuti serangkaian tes dari LTMPT.

BACA JUGA: Daftar 20 Kampus PTN dan PTS Terbaik di Indonesia versi THE Impact Rankings 2023

Apa Itu LTMPT dan Fungsinya?

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT adalah lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan bertugas menyelenggarakan tes masuk perguruan tinggi di Indonesia bagi para calon mahasiswa baru.

LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia yang punya tujuan khusus, yaitu untuk melaksanakan tes masuk perguruan tinggi yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.

LTMPT mengatur pelaksanaan seleksi masuk PTN khususnya jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), yang telah bertugas sejak tahun 2018 hingga 2022.

LTPMT memiliki empat fungsi dalam penyelenggaraannya, yaitu:

1. Mengelola serta mengolah data para calon mahasiswa oleh rektor PTN sebagai bahan seleksi untuk jalur SNMPTN.
2. Mengelola serta mengolah data para calon mahasiswa oleh rektor PTN sebagai bahan seleksi untuk jalur SBMPTN.
3. Menyelenggarakan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) SBMPTN yang terdiri dari TPS (Tes Potensi Skolastik) dan TKA (Tes Kompetensi Akademik) sebagai salah satu syarat seleksi untuk para calon mahasiswa PTN untuk jalur SBMPTN maupun Mandiri.
4. Memberikan informasi dari hasil UTBK SBMPTN terhadap para peserta atau calon mahasiswa dan PTN tujuan.

LTPMT Digantikan oleh BP3

Namun di tahun 2022 lalu, LTMPT telah dibubarkan dan digantikan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan atau BP3, yang sama-sama di bawah naungan Kemdikbudristek.

Berdasarkan pasal 20 Permendikbud Ristek nomor 48 tahun 2022, seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru diselenggarakan oleh Kementerian bekerja sama dengan perguruan tinggi negeri. Dengan demikian, segala urusan terkait seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru telah beralih menjadi wewenang Kementerian.

Akhirnya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim menerbitkan Keputusan Nomor 346/P/2022 tentang Tim Persiapan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru pada Perguruan Tinggi Negeri tahun 2023.

Lewat surat keputusan Mendikbud Ristek tersebut, dibentuk badan atau lembaga yang diberi tugas untuk melakukan persiapan dan penyusunan bahan seleksi penerimaan mahasiswa baru 2023, yaitu BP3. Tugas dan fungsi BP3 dijelaskan dalam Permendikbudristek Nomor 44 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan.

Dalam pelaksanaannya, BP3 memiliki fungsi sebagai berikut!

1. Penyusunan rencana, program, dan anggaran
2. Penyusunan teknik dan metode pengujian di bidang pendidikan
3. Pelaksanaan layanan pengujian di bidang pendidikan
4. Pengelolaan data dan informasi
5. Pelaksanaan kemitraan pengujian di bidang pendidikan
6. Pelaksanaan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan
7. Pelaksanaan urusan administrasi

Untuk Mommies yang ingin mencari informasi seputar seleksi PTN anak, bisa intip deretan informasinya melalui media sosial BP3:

Instagram SNPMB BP3 resmi: @_snpmbbppp https://www.instagram.com/_snmpbbppp
Twitter SNPMB BP3 resmi: @snpmb_bppp https://twitter.com/snpmb_bppp
TikTok SNPMB BP3 resmi: @snpmb_bppp
Facebook SNPMB BP3 resmi: SNPMB BPPP
YouTube SNPMB BP3 resmi: SNPMB BPPP

BACA JUGA: Daftar SMA di Jabodatabek yang Lulusannya Banyak Diterima di PTN

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan