banner-detik
PARENTING & KIDS

Kesalahan Menghangatkan ASIP dari Freezer yang Bisa Merusak Kualitas ASIP

author

Sisca Christina07 Aug 2023

Kesalahan Menghangatkan ASIP dari Freezer yang Bisa Merusak Kualitas ASIP

Kesalahan menghangatkan ASIP yang paling sering dilakukan yaitu menghangatkannya dengan suhu tinggi. Baca sampai habis agar tak salah lagi, ya.

Menjaga kualitas ASIP tak berhenti sampai di saat kita memompa dan menyimpannya saja; saat menghangatkannya pun tak kalah penting. Justru di sini kesalahan sering terjadi. Padahal, cara-cara menghangkatn ASIP ini sangat berkaitan dengan terjaga atau tidaknya zat-zat yang terkandung di dalam ASIP.

Satu hal yang pasti, menghangatkan ASIP dengan suhu tinggi sangat tidak dianjurkan karena bisa merusak kualitas ASIP. Yuk, kita bahas lebih detail beberapa kesalahan menghangatkan ASIP agar tak terulang lagi.

Baca juga: Cara Menjaga Kebersihan Puting Payudara Saat Menyusui

Kesalahan Menghangatkan ASIP yang Harus Dihindari

Merebus ASIP

Kesalahan menghangatkan ASIP yang pertama yaitu merebus atau mengukus botol berisi ASIP di dalam air mendidih. Ini bisa merusak kualitas ASI. ASI tidak boleh dipanaskan lebih dari 40 derajat celsius karena akan kehilangan gizi yang terkandung di dalamnya. Suhu yang disarankan untuk menghangatkan ASIP yaitu 37 derajat celsius. Suhu ini selaras dengan suhu normal tubuh manusia sehat termasuk bayi, pencernaan bayi serta suhu ASI saat bayi menyusui langsung.

Merendam ASIP beku langsung dengan air panas

Suhu ASIP beku harus dinaikkan perlahan sebelum diberikan kepada bayi. Suhu ASIP tidak boleh dinaikkan secara mendadak. Sama halnya dengan merebus ASIP, inipun akan merusak kandungan gizi ASIP.

Menghangatkan di microwave

Menghangatkan ASIP menggunakan microwave sangat tidak disarankan. Menurut penelitian, proses pemanasan ASIP tidak akan merata dan gelombang mikro di dalamnya juga dipercaya bisa merusak nutrisi dan antibodi yang terkandung dalam ASI. Selain itu, hasil pemanasannya juga bisa membuat mulut bayi terbakar.

Menghangatkan ASIP di bottle warmer melebih waktu yang dianjurkan

Menghangatkan ASIP dengan bottle warmer boleh saja selama mengikuti anjuran waktu di petunjuk penggunaan. Namun jika terlalu lama, ASIP menjadi terlalu panas dan kualitasnya berkurang.

Dihangatkan berulang

ASIP dianjurkan untuk langsung habis diminum bayi setelah dihangatkan. Namun apabila sisa, mommies dapat menaruhnya di ruangan dan bisa memberikannya kepada bayi dalam rentang waktu 1-2 jam ke depan. Hindari menyimpan sisa ASIP di kulkas dan menghangatkannya kembali, karena menghangatkan ASIP berulang-ulang bisa merusak kandungan gizinya. Jika ASIP sisa melebih waktu simpan di suhu ruang, sebaiknya ASIP dibuang.

Memberikan ASIP dari yang paling lama disimpan

Jika dulu prinsip pemberian ASIP adalah FIFO alias first in first out; kini prinsip pemberian ASIP yang dianjurkan adalah LIFO atau last in first out. Ini supaya bayi mendapatkan ASI yang mendekati fresh. Zat-zat yang berguna untuk daya tahan tubuh bayi di dalam ASIP yang lebih fresh diyakini lebih terjaga kualitasnya.

Jadi, ASIP mommies yang terbaru dapat disimpan di kulkas dan langsung diberikan ke bayi esoknya tanpa perlu dibekukan terlebih dahulu. Jika kurang, baru pakai yang sudah dibekukan. Jika ada ASIP yang mendekati tanggal kadaluwarsa, boleh dipakai lebih dulu. Pada akhirnya, ASIP akan terpakai semua, jadi mommies tak perlu khawatir ASIP lama akan mubazir, ya.

Baca juga: Penyebab ASI Tak Kunjung Keluar Setelah Melahirkan, Apa Saja?

Cara Benar Menghangatkan ASIP dari Freezer

  1. Pindahkan ASIP beku ke kulkas bagian bawah di malam hari agar mencair perlahan.
  2. Setelah keesokan harinya ASIP mencair, keluarkan ASIP dari kulkas dan rendam beberapa saat dengan baskom berisi air keran.
  3. Setelah mencapai suhu ruang, rendam ASIP dengan air hangat.
  4. Teteskan sedikit ASIP ke tangan mommies untuk memastikan suhu ASIP aman diberikan ke bayi.
  5. ASIP siap diberikan ke bayi.

Tak Wajib Dihangatkan

Ternyata, menurut dr. Riza Sulfianna, konselor menyusui, kita boleh memberikan ASIP tanpa dihangatkan untuk bayi berusia lebih dari satu bulan. Dikuti dari Medcom ”Pemberian ASI perah boleh dalam suhu dingin, suhu ruang atau dihangatkan, tergantung selera bayi,” papar beliau. Mungkin mommies tertarik mencoba?

Tetap semangat menyusui, ya, mommies!

Baca juga: Ibu Menyusui Wajib Cek, Ini Daftar Konselor Laktasi di Indonesia Terbaru 2023

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan