banner-detik
SELF

Aman dan Bikin Sehat, Ini 5 Rekomendasi Merek Vitamin C untuk Ibu Hamil dan Janin

author

Katharina Menge06 Aug 2023

Aman dan Bikin Sehat, Ini 5 Rekomendasi Merek Vitamin C untuk Ibu Hamil dan Janin

Kalau ibu hamil butuh asupan vitamin C untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya, berikut rekomendasi untuk Mommies. Jangan sampai salah pilih!

Kebutuhan vitamin C para ibu hamil akan sangat meningkat. Menurut Ahli Diet Terdaftar, Alexandra Paetow, M.S., R.D.N., vitamin C selama kehamilan tidak hanya penting untuk sistem kekebalan tubuh para ibu hamil, tetapi juga digunakan untuk memproduksi kolagen, protein struktural yang merupakan komponen tulang rawan, tendon, tulang, dan kulit.

Vitamin C yang dikenal dengan asam askorban ini sangat penting untuk perbaikan jaringan, penyembuhan luka, pertumbuhan, dan perbaikan tulang, kesehatan kulit, serta meningkatkan kemampuan Mommies untuk menyerap zat besi di masa kehamilan. Jadi, sangat penting untuk memenuhi asupan kebutuhan vitamin C selama hamil.

BACA JUGA: 10 Hal Tentang Gizi Yang Wajib Diketahui Ibu Hamil

Kebutuhan Vitamin C Ibu Hamil

Menurut What to Expect, ibu hamil yang berusia 19 tahun ke atas harus mengonsumsi sekitar 85 miligram (mg) vitamin C setiap hari. Jumlahnya 25% lebih banyak dari yang biasanya Mommies butuhkan saat tidak hamil. berikut adalah daftar lengkap kebutuhan vitamin C untuk ibu hamil, ibu menyusui, hingga wanita yang belum hamil.

  • Wanita hamil berusia 18 tahun ke bawah: 80 miligram (mg) per hari
  • Wanita hamil usia 19 tahun ke atas: 85 mg per hari
  • Wanita menyusui usia 18 tahun ke bawah: 115 mg per hari
  • Wanita menyusui usia 19 tahun ke atas: 120 mg per hari
  • Wanita tidak hamil berusia 18 tahun ke bawah: 65 mg per hari
  • Wanita tidak hamil berusia 19 tahun ke atas: 75 mg per hari
Gizi Untuk Ibu Hamil
Pregnant woman relaxing at home

Sebenarnya ibu hamil tidak perlu mengonsumsi vitamin yang satu ini karena bisa dengan mudah didapatkan dari asupan makanan sehari-hari, seperti dari buah, sayur, dan beberapa vitamin prenatal juga sudah mengandung vitamin C.

Malah akan berbahaya jika Mommies mengonsumsi vitamin C secara berlebihan. Penelitian tentang mengonsumsi vitamin C saat hamil masih beragam dan terbatas, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak merekomendasikan penambahan suplemen vitamin C tambahan untuk pranatal.

Namun jika Mommies merasa belum cukup mendapatkan asupan vitamin C dari konsumsi makanan sehar–hari, Mommies bisa konsultasikan ke dokter apakah perlu mengonsumsi suplemen vitamin C untuk memenuhi kebutuhannya dan apakah kondisi lambung Mommies aman untuk memproses suplemen yang satu ini. Hal itu supaya asupan yang didapatkan tubuh tetap aman dan Mommies juga tetap sehat.

Rekomendasi Vitamin C untuk Ibu Hamil dan Janin

Kini sudah tersedia banyak pilihan suplemen vitamin C yang dijual di pasaran, dan beberapa aman untuk ibu hamil. Meski begitu, jangan asal pilih, ya, Moms. Untuk melihat rekomendasi vitamin C untuk ibu hamil dan janin, klik halaman selanjutnya!

BACA JUGA: Fakta Penting Seputar Anemia pada Ibu Hamil

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan