banner-detik
EDUCATION

Perilaku Negatif yang Sering Dimiliki Murid di Sekolah, Hindari Anak Memilikinya!

author

Katharina Menge25 Jul 2023

Perilaku Negatif yang Sering Dimiliki Murid di Sekolah, Hindari Anak Memilikinya!

Kenali deretan perilaku dan pola pikir negatif yang banyak dimiliki oleh para murid di sekolah, dan bantu agar si kecil tidak memilikinya!

Ada banyak perilaku negatif yang dimiliki oleh para murid di sekolah, yang sayangnya tidak hanya merugikan lingkungan sekitar tapi juga dirinya sendiri. Sebab Sikap negatif murid di sekolah juga bisa membuat mereka tertinggal untuk mencapai kemampuan mereka yang sebenarnya.

Sikap negatif murid terhadap kegiatan pembelajaran dan aktivitas belajar bisa membuat para guru pusing. Namun, sebelum mencari solusi untuk mengatasi hal ini, sangat penting untuk mencari tahu deretan hal yang bisa menyebabkan perilaku negatif murid tersebut.

BACA JUGA:

Deretan Penyebab Perilaku Negatif Murid

Dengan mengetahui penyebab perilaku negatif yang dilakukan murid, maka Mommies bisa membantu mencegah anak mengalami hal buruk di masa depan. Berikut beberapa penyebabnya!

1. Takut gagal

Beberapa murid mungkin pernah mengalami kegagalan di sekolah yang membuat mereka takut untuk mencoba lagi. Apalagi ditambah feedback dari orang tua semakin membuat mereka tertekan. Oleh karena itu, mereka memilih untuk tidak mencoba dan sering merendahkan murid lain yang berhasil.

2. Ada masalah keluarga

Tidak bisa dipungkiri bahwa masalah keluarga memengaruhi kehidupan anak di sekolah. Misalnya, keluarga yang orang tuanya bercerai dan anak-anak dibiarkan mengurus dirinya sendiri dapat mempengaruhi sikap siswa terhadap pembelajaran di sekolah. Anak-anak mungkin memendam perasaannya dan butuh bantuan guru atau orang dewasa di sekitar untuk keluar dari depresi yang dirasakan.

3. Sedang sakit

Tidak melulu sakit fisik, tetapi sakit secara emosional juga memengaruhi produktivitas mereka di sekolah. Akibatnya, anak jadi lebih mudah tersinggung dengan guru dan siswa lainnya sehingga mengeluarkan perilaku negatif mereka.

sekolah dari rumah

5 Perilaku Negatif yang Dimiliki Murid di Sekolah

Yuk, kenali deretan perilaku negatif yang banyak dimiliki murid-murid di sekolah. Jika si kecil menerapkannya, Mommies bisa segera beri bantuan.

1. Selalu membandingkan

Ini adalah salah satu cara termudah bagi para murid untuk berpikir buruk tentang diri mereka. Penelitian menunjukkan bahwa perbandingan sosial negatif yang teratur dapat menyebabkan seseorang menderita kecemasan dan harus membuat pilihan negatif.

Beberapa murid pandai membandingkan diri mereka dengan siswa lainnya yang memiliki banyak kelebihan, seperti siswa dari keluarga kaya, yang belajar lebih cepat, atau yang mendapatkan nilai yang lebih baik.

Akhirnya itu malah menyebabkan frustrasi, iri hati, dan kebencian dalam diri anak. Karena pada saat harapan mereka tidak terpenuhi, mereka akan mulai menunjukkan sikap negatif terhadap orang-orang di sekitarnya.

2. Sering bolos atau terlambat

Perilaku negatif murid di sekolah berikutnya adalah sering bolos atau terlambat masuk kelas. Hal ini bisa membuat penilaian yang diberikan guru kepada para murid jadi berkurang. Efeknya akan memengaruhi siswa untuk gagal dalam akademis yang berujung menyebabkan mereka memperlihatkan sikap negatif terhadap guru dan siswa lainnya.

3. Afirmasi negatif

Tanpa sadar, dengan membandingkan diri dengan murid lainnya akan membuat anak merasa tidak mampu dan selalu membatasi diri mereka dalam setiap percakapan. Ketika diberi semangat oleh guru, mereka akan bilang bahwa mereka tidak bisa dan tidak mampu, padahal mereka belum mencoba.

Akhirnya kebiasaan itu akan menurunkan kepercayaan diri anak, mengurangi kemampuan dia untuk beraktivitas dan belajar, dan akhirnya menghalangi kesuksesan anak.

4. Mengabaikan perintah

Beberapa murid memilih untuk tidak memperhatikan perintah atau arahan dari gurunya. Mereka melakukan apa yang baik bagi mereka, yang justru menarik perhatian hukuman guru untuk menghukum mereka. Murid yang tidak mematuhi instruksi guru seringkali akan gagal pada akhirnya. Mereka bisa mendapatkan nilai yang lebih rendah dan dilihat sebagai anak yang malas belajar dan tidak memerhatikan pelajaran.

5. Menyalahkan orang lain

Atas segala masalah yang dialami anak, mereka akan berusaha keras untuk menyalahkan hal tersebut kepada orang lain. Ada yang menyalahkan orang tua, teman, guru, masalah kesehatan, dan hal lainnya sebagai pembenaran atas sikap negatif dan kegagalan mereka.

Yuk, Mommies pastikan anak tidak memiliki deretan perilaku negatif yang dimiliki murid sekolah di atas!

BACA JUGA:

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan