banner-detik
LIFESTYLE

Ghostival 2023, Serunya Melihat Hantu Indonesia yang Lucu dan Penuh Warna!

author

Rahmasari Muhammad04 Jul 2023

Ghostival 2023, Serunya Melihat Hantu Indonesia yang Lucu dan Penuh Warna!

Bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja atau ingin mengajak keluarga ke tempat yang seru? Yuk, bertemu dengan para hantu lucu di event Ghostival 2023!

Penulis: Rahmasari Muhammad

Ghostival 2023 merupakan event art and experience rooms yang diadakan oleh Museum of Toys bekerjasama dengan seniman WD Willy pada tanggal 15 Juni – 30 Juli 2023 di Ground Floor Senayan City. Bukan hanya sebatas seni, pameran ini juga menghubungkannya dengan nilai budaya masyarakat Indonesia.

Namun jangan khawatir, walaupun mengusung tema hantu, tetapi di event ini seniman WD Willy mengemas dan menyajikan hantu-hantu Indonesia, seperti pocong, kuntilanak, leak, suster ngesot, buto ijo, genderuwo dan hantu legenda Indonesia lain secara lucu dan menarik. Dijamin tidak menyeramkan dan malah menggemaskan!

BACA JUGA: 5 Kafe Ala Beach Club di Jogja yang Ramah Anak, Cocok Buat Liburan Keluarga

Pameran ini terdiri dari dua bagian, di bagian luar diiisi berbagai boneka besar dan pajangan karakter hantu Indonesia seperti “Uwo” (genderuwo), “Ncus” (suster ngesot), “Wewe” (wewe gombel) dan karakter lainnya. Bisa juga berfoto dengan instalasi boneka para hantu disini ya!

Selain itu, kita juga bisa membeli aneka merchandise, seperti gantungan kunci, boneka, dan tas dari berbagai karakter hantu. Bagian ini juga menyajikan permainan mesin capit yang berisi beragam merchandise gemas! Haus? Bisa beli slushie juice segar dengan gelas lucu yang dijual disini!

Setelah puas di bagian depan dan antre menunggu giliran, kami pun masuk ke dalam, yaitu experience rooms dengan harga tiket mulai Rp126 ribu, yang dibagi 8 sesi per-harinya dan dipandu oleh petugas selama bertemu para hantu di dalam!

Experience rooms ini terdiri dari beberapa ruangan, mulai dari ruangan pertama berisi lukisan yang dilengkap deskripsi 11 hantu, yaitu Ocong, Banas, Rangda, Unyol, Hyang, Ganjang, Wunti, Bujo, Wewe, Ncus, dan Uwo. Uniknya, para hantu ini dipersonalisasi dengan karakter yang berbeda-beda seperti Ncus yang pemalu, atau Rangda yang suka keramaian dan perhatian. Petugas juga menjelaskan aturan selama berada di dalam.

Setelah itu, perjalanan seru akan dimulai dengan menyusuri labirin dan juga meniti jembatan ilusi berputar. Wow, seru banget Mommies! Hati-hati untuk Mommies dan anak yang mudah pusing, mual atau memiliki penyakit vertigo ketika menyusuri jembatan ilusi ini, dan mungkin sebelumnya kalian bisa menginformasikan kondisi ini kepada petugas di pintu masuk.

Perjalanan diteruskan dengan menikmati beberapa ruangan lain berisi seni visual dan instalasi interaktif serta pajangan karya sang seniman, yang dikemas dalam bentuk cerita yang berbeda-beda. Menarik dengan visual ciamik yang memanjakan mata dan membawa kita ke pengalaman yang berbeda! Selama berada di dalam experience rooms juga boleh mengambil foto atau video tanpa flash walaupun waktu di setiap ruangan cukup singkat.

Overall, it’s an interesting experience! Jika sebelumnya hantu selalu dinilai menyeramkan, Ghostival mengubah persepsi tersebut menjadi lebih menyenangkan dengan menyajikan karakter hantu yang ceria dan berwarna-warni. Pameran ini juga dapat menjadi cara yang tepat untuk memperkenalkan budaya Indonesia, termasuk legenda hantu lokal dengan cara yang lebih ramah anak.

Menurut saya, kekurangannya hanya waktu yang diperuntukkan bagi pengunjung menikmati beberapa experience rooms cukup singkat sementara banyak yang bisa dinikmati di setiap ruangan. Total perjalanan per-sesi hanya sekitar 20 menit. Pameran ini juga memberlakukan sistem one way sehingga pengunjung hanya boleh meneruskan perjalanan dan tidak diperkenankan kembali ke ruang sebelumnya.

Jadi, tertarik gak Mommies mengunjungi Ghostival 2023? Karena acaranya digelar sejak 15 Juni hingga 30 Juli 2023, masih ada banyak waktu untuk mampir ke sana bersama keluarga!

BACA JUGA: Alternatif Program Holiday Anak, dari Kelas Berkebun hingga Drama Musical

Share Article

author

Rahmasari Muhammad

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan