banner-detik
SEX & RELATIONSHIP

Kenali Beda Nafkah Iddah dan Mut'ah Serta Nominal Nafkah yang Diberikan Para Seleb Pasca Bercerai

author

Mommies Daily02 Jul 2023

Kenali Beda Nafkah Iddah dan Mut'ah Serta Nominal Nafkah yang Diberikan Para Seleb Pasca Bercerai

Ternyata selain nafkah Iddah, juga ada nafkah Mut’ah, lho. Pelajari perbedaannya. Yaaa, tapi moga-moga nggak perlu kita alami

Ramai isu perceraian para artis Indonesia, membuat kita jadi mulai familiar dengan istilah nafkah Iddah dan nafkah Mut’ah. Apa sebenarnya artinya? Apa pula perbedaannya? Yuk, kita pelajari. Pelajari aja tapi, ya. Mudah-mudahan nggak perlu dialami.

Apa itu Iddah dan Mut’ah

Sebelumnya mari kita telaah dulu apa, sih, iddah itu? Masa Iddah menurut Sayyid Sabiq merupakan masa-masa bagi seorang perempuan menunggu dan mencegah dirinya dari menikah lagi setelah ia ditinggalkan suaminya.

Ditinggalkan dalam hal ini bisa ditinggal karena suami wafat atau bercerai. setelah wafatnya sang suami atau setelah cerai. Dan ternyata masa iddah tersebut, hanya berlaku bagi istri yang sudah melakukan hubungan suami istri selama pernikahan.

Sementara pengertian dari Mut’ah sendiri secara bahasa berarti kesenangan. Menurut madzhab syafi’i, mut’ah adalah nama yang digunakan untuk menyebut harta-benda yang wajib diberikan laki-laki (mantan suami) kepada perempuan (mantan isteri) karena ia menceraikannya.

Baca juga: Siapkan Finansial Sebelum Bercerai, Ini Caranya Supaya Wanita Tidak Dirugikan

Wajib diberikan oleh mantan suami

Kedua nafkah tersebut pada dasarnya diberikan oleh mantan suami kepada mantan istrinya yang masih memiliki hak rujuk. Dari pengertian di atas, nafkah Mut’ah merupakan nafkah yang diberikan suami pada istri yang ia ceraikan dalam bentuk uang atau barang demi memberi bekal hidup dan penghibur hati. Kewajiban nafkah Mut’ah dijelaskan pada surat Al-Baqarah ayat 236.

Sementara nafkah Iddah justru diberikan selama masa tunggu. Yang artinya di masa tunggu tersebut kewajiban sebagai mantan istri seperti tak boleh menikah lagi harus dilakukan. Nafkah Iddah jadi nggak berlaku kalau pihak mantan istri melanggar kewajiban di masa Iddahnya.

Artis yang memberikan nafkah Iddah dan Mut’ah dalam jumlah fantastis

Ronal Supraja yang resmi bercerai dari istrinya akhir tahun 2002, diwajibkan membayar nafkah Iddah sebesar Rp 450.000.000 dan Mut’ah nyaris Rp 2M. 

Desta Mahendra yang isu perceraiannya ramai diperbincangkan akhirnya pun sepakat memberikan nafkah Iddah kepada Natasha Rizky sebesar Rp 600.000.000 dan nafkah Mut’ah senilai Rp 1M. 

Sementara meski belum ketok palu, kisah perceraian antara Inara Rusli dan Virgoun menunjukkan bahwa nilai nafkah yang diminta sungguh fantastis. Yaitu, sebesar Rp 2M untuk nafkah Iddah dan Rp 10M untuk nafkah Mut’ah.

 

 

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan