banner-detik
SELF

Virus Oz, Kasus Kematian Pertama Terjadi di Jepang! Ini Gejalanya

author

Dhevita Wulandari27 Jun 2023

Virus Oz, Kasus Kematian Pertama Terjadi di Jepang! Ini Gejalanya

Belakangan media sosial diramaikan dengan berita virus Oz yang sudah memakan korban di Jepang. Bagaimana gejalanya dan apakah sudah masuk ke Indonesia?

Baru-baru ini sedang ramai dibicarakan dan muncul banyak berita mengenai virus Oz yang menyerang lansia usia 70-an di Jepang. Kementerian Kesehatan RI pun menyoroti mengenai kasus ini dan memastikan kasus yang sama belum teridentifikasi di Indonesia.

BACA JUGA: Jarang Keramas tapi Malah Bikin Rambut Jadi Sehat?

“Belum ditemukan di Indonesia,” konfirmasi dari Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Kementerian Kesehatan RI, dr Maxi Rein Rondonuwu pada detikcom Senin (26/6/2023).

dr Maxi menjelaskan, virus Oz adalah anggota baru thogotovirus, pertama kali diisolasi dari kumpulan 3 nimfa kutu Amblyomma testudinarium. Virus ini ditemukan di Prefektur Ehime, Jepang pada 2018 dan dipastikan bersifat zoonosis atau ditularkan melalui hewan seperti satwa liar termasuk monyet, rusa, tikus, lalu ke manusia.

Lalu bagaimana penjelasan mengenai kasus kematian pertama yang terjadi di Jepang? Apakah kasus yang menyebabkan kematian pada lansia di Jepang dari virus Oz ini juga ditularkan dari hewan? Dan bagaimana gejala yang harus diwaspadai?

Untuk mengetahuinya, Mommies bisa lanjutkan baca dengan klik di sini, ya.

BACA JUGA: Bikin Payudara Cepat Kendur, 9 Kebiasaan Ini Harus Dihindari!

Cover: Image by Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan