banner-detik
PARENTING & KIDS

9 Kalimat yang Tidak Boleh Diucapkan pada Anak Laki-laki, Awas Menyesal!

author

Dhevita Wulandari14 Jun 2023

9 Kalimat yang Tidak Boleh Diucapkan pada Anak Laki-laki, Awas Menyesal!

Marah pada anak pasti terjadi. Sebaiknya tenangkan diri dulu, jangan sampai mengatakan kalimat yang tidak boleh diucapkan pada anak seperti berikut ini.

Mau apapun hubungannya, pasti selalu ada perdebatan yang terjadi, termasuk hubungan orang tua dan anak. Boleh kok berdebat, asal jangan sampai mengucapkan kata-kata dan kalimat yang bisa membuat penyesalan orang tua pada anak di kemudian hari.

Tentunya, pengendalian emosi menjadi kunci penting. Jadi, ketika Mommies merasa kesal pada anak, coba tarik nafas dalam-dalam dan tetap ingat untuk tetap ‘menyaring’ kalimat yang akan diucapkan pada anak.

Karena, jika orang tua tidak sengaja kelepasangan berkata kurang baik pada anak, anak akan merasa sedih dan sering kali kata-kata tersebut sulit dilupakan anak. Ini lah yang bisa memicu kesalahpahaman, membuat anak tidak nyaman dan bisa jadi menimbulkan trauma pada anak.

BACA JUGA: 20 Pertanyaan untuk Anak Toddler yang Bisa Orang Tua Ajukan

Kalimat yang Sebaiknya Tidak Boleh Diucapkan pada Anak

Supaya tidak menyesal di kemudian hari, ini beberapa contoh kalimat yang sebaiknya tidak diucapkan pada anak, teruma pada anak laki-laki.

1. “Cuma gara-gara itu kamu sedih?”

Anak-anak yang masih di usia sekolah dan menjelang remaja sangat mungkin mengalami pergolakan emosi. Salah satu penyebab umumnya karena mereka sudah mulai menghadapi konflik dalam pertemanan di sekolah.

Oleh karena itu, wajar jika mereka menjadi mudah marah bahkan sedih. Meskipun menurut orang tua alasan kondisi anak seperti itu kurang masuk akal, namun Mommies tetap harus hindari mengucapkan kalimat yang terkesan menyepelekan perasaan dan masalah anak.

Ketika anak merasa perasaannya diabaikan, anak bisa merasa terpojok, mudah marah, frustasi, hingga murung.

2. “Kamu beda sekali dengan adik/kakakmu!”

Kalimat membandingkan anak seperti ini menjadi salah satu yang sebaiknya tidak diucapkan. Anak akan merasa tidak cukup disayang dan membuat hubungannya dengan saudara menjadi renggang. Mommies harus selalu ingat bahwa setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, selayaknya orang dewasa.

3. “Kamu tidak pernah melakukan sesuatu dengan benar.”

Dilansir dari Empowering Parents, kalimat seperti ini bukan hanya membuat anak laki-laki merasa malu tapi juga bisa membuat anak merasa mereka tidak akan bisa melakukan apa pun dengan benar dan membuat orang tuanya bangga.

Jika terus-menerus diucapkan, kalimat menjatuhkan seperti inii dapat berisiko membuat anak menjadi tidak percaya diri dan sulit bahkan takut membuat keputusan yang tepat dalam hidupnya.

Untuk tahu kalimat apa lagi yang sebaiknya tidak dikatakan pada anak khususnya anak laki-laki, Mommies bisa lanjutkan baca dengan klik di sini, ya!

BACA JUGA: 10 Tips Melatih Kemampuan Bersosialisasi pada Anak Remaja

Cover: Image by our-team on Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan