banner-detik
EDUCATION

5 Rekomendasi Sekolah Alam di Indonesia

author

Sisca Christina12 Jun 2023

5 Rekomendasi Sekolah Alam di Indonesia

Berencana menyekolahkan anak dengan metode active learning? Sekolah alam di Indonesia bisa jadi pilihan. Berikut rekomendasinya.

Sekarang ini, pilihan sekolah untuk anak sudah sangat beragam. Dari negeri, swasta, nasional plus hingga internasional. Dengan berbagai pendekatan, dari brain-based learning hingga active learning seperti sekolah alam. Sekolah alam di Indonesia digagas oleh Lendo Novo, yang awalnya hanya merupakan gagasan pendidikan yang kemudian diwujudkan dalam sebuah model sekolah.

Salah satu keunggulan dari sekolah alam yaitu memiliki metode belajar active learning yang melibatkan eksplorasi alam sekitar. Orang tua nggak perlu pusing untuk mencari aktivitas outdoor anak, karena setiap hari anak sudah berada di situasi outdoor, banyak terpapar sinar matahari, berinteraksi dengan alam dan makhluk hidup. Keunggulan lainnya, umumnya sekolah alam adalah sekolah inklusi, yang menerima siswa berkebutuhan khusus. Kini, pilihan sekolah alam di Indonesia juga sudah cukup banyak. Ini beberapa di antaranya.

Pilihan Sekolah Alam di Indonesia

Sekolah Tanah Tingal

Sekolah Alam di Indonesia
Foto: Sekolah Tanah Tingal

Dari visi mendidik generasi bangsa yang cinta tanah air, menghargai budaya serta berkomitmen untuk melestarikan alam dan lingkungan sebagai kontribusinya terhadap masyarakat dunia, lahirlah sekolah berwawasan lingkungan yaitu Sekolah Tanah Tingal. Setiap anak yang bersekolah di sini bisa belajar menganalisis potensi dan masalah dengan berinteraksi langsung dengan alam, makhluk hidup dan sumber daya di sekitar. Seluruh kegiatan pembelajaran baik intrakurikuler, ekstrakutikuler hingga muatan lokal tentunya berkaitan erat dengan eksplorasi alam dan upaya pelestarian alam.

Tersedia jenjang KB, TK, SD dan KKI (Kelas Khusus Inklusi). Selain ruang kelas semi outdoor, sekolah juga memiliki berbagai fasilitas menarik lainnya, seperti laboratorium memasak, kebun siswa, taman baca, lapangan olahraga, ruang computer, ruang serbaguna, arena bermain, area camping, perpustakaan, galeri Boediardjo hingga dermaga.

Alamat: Jl. Merpati Raya No.32B, Sawah Baru, Ciputat, Tangerang Selatan
Telepon: (021) 74637336, WhatsApp: 0895 3434 33898
Email: sahabatstating@gmail.com

Sekolah Alam Indonesia

Foto: Sekolah Alam Indonesia

Sekolah Alam Indonesia (SAI) adalah salah satu sekolah alam yang memiliki banyak unit atau cabang. Mommies bisa temuka SAI di Cipedak, Meruyung, Cibinong, Sukabumi, hingga Palembang, Pekanbaru dan Bengkulu. Konsep pendidikan yang diusung yaitu menjadikan alam sebagai laboratorium berdasarkan Al-quran dan Hadist, yang mengacu pada tujuan penciptaan manusia yaitu seorang khalifah di muka bumi. Sementara metode pembelajarannya yaitu project based learning. SAI memliliki 7 Prinsip Hijau yaitu: nol emisi, energi terbarukan, konservasi air, arsitektur dan lansekap hijau, pertangunggjawaban terhadap limbah, pertanian hijau dan pawon show (pertunjukan memasak dari hasil kebun sendiri).

Alamat: Jl. Pembangunan No. 51 Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jakarta
Telp: (021) 7875411

Baca juga: Ketahui Perbedaan Sekolah Inklusi dengan SLB

Sekolah Alam Bintaro

Foto: Sekolah Alam Bintaro

Sekolah Alam Bintaro (Sabin) merupakan bagian dari jaringan sekolah alam yang ada di Indonesia, yang memiliki cita-cita agar anak dapat belajar dan bermain dengan suasana yang menyenangkan. Sesuai namanya, Sekolah Alam Bintaro menerapkan sebuah model pendidikan holistik yang memanfaatkan alam semesta sebagai media belajar. Dari alam, anak bisa belajar banyak sekali hal. Jenjang yang tersedia di sekolah ini mulai dari jenjang pendidikan usia dini, sekolah dasar hingga sekolah menengah. Tentunya, Sabin juga menerima siswa berkebutuhan khusus.

Alamat: Jalan Pondok Pucung Raya No. 88, Bintaro Sektor IX, Pondok Jaya, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten
Telepon: (021) 7452888

Sekolah Alam Bogor

Sekolah Alam di Indonesia
Foto: Sekolah Alam Bogor

Sekolah Alam Bogor memanfaatkan alam untuk proses pembelajaran dengan tiga hal pokok, yaitu alam sebagai ruang belajar, alam sebagai media dan bahan ajar, alam sebagai objek belajar. Sekolah Alam Bogor meyakini bahwa “it takes a village to raise a child”. Dari prinsip ini kemudian terbentuk komunitas besar bernama Salam Bogor. Diharapkan, dari komunitas, tercipta peradaban yang berakhlak mulia sekaligus produktif. Jenjang yang tersedia di sekolah ini yaitu dari pra sekolah hingga sekolah menengah. Tersedia juga program sekolah yang lebih spesifik seperti School of Makers, Pondok Salam Qur’an dan Salam Inklusi.

Alamat: Jl. Pangeran Sogiri No.150 Tanah Baru, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat
Telepon: 081289006747 / 081210423924
Email: salam@sekolahalambogor.sch.id

Sekolah Alam Bandung

Sekolah Alam di Indonesia
Foto: Sekolah Alam Bandung

Syarat dari sekolah alam tentu wajib memiliki dimensi alam sebagai sumber ilmu dan bisa dikelola oleh para peserta didik. Nilai-nilai untuk melestarikan lingkungan dan mempertahankan cadangan air sangat ditekankan di sekolah ini. Untuk itu, setiap siswa wajib menanam dan merawat tanaman di sekolah alam minmal satu pohon di awal merkea bergabung menjadi siswa sekolah ini. Di sini terdapat jenjang dari TK hingga SMA.

Alamat: Jl. Cikalapa II no 4, Kp. Tanggulan, Dago Pojok, Dago, Coblong, Bandung, Jawa Barat
Telepon: (022) 20458742 / 087738401318
Email: humas.ysab@gmail.com

Baca juga: Daftar Sekolah Hindu dan Buddha yang Ada di Indonesia, Bisa Jadi Rekomendasi!

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan