banner-detik
EDUCATION

10 SD Negeri Favorit di Bandung

author

dewdew31 May 2023

10 SD Negeri Favorit di Bandung

Meski kini masuk sekolah negeri lebih banyak menggunakan jalur zonasi, beberapa SD Negeri di Bandung ini tetap menjadi favorit.

Menjelang tahun ajaran baru, mencari sekolah menjadi salah satu pertimbangan setiap orang tua. Bahkan untuk sekolah swasta saja, nggak jarang kita udah harus bayar uang masuk tahun sebelumnya. Kali ini kita bahas soal memilih SD negeri. Memilih sekolah dasar memang tidak bisa dilakukan sembarangan sebab anak akan berada di sana selama enam tahun. 

Bagi Mommies yang berdomisili di sekitar Bandung, Jawa Barat, bisa memilih beberapa SD negeri favorit di Bandung yang berhasil kami rangkum. Cek beberapa rekomendasinya di bawah ini, ya, Mommies. 

SDN 113 Banjarsari 

Sekolah ini berlokasi di dekat gedung kantor walikota Bandung. SDN 113 Banjarsari menerapkan kurikulum nasional 2013. Salah satu yang menjadikannya sebagai sekolah favorit adalah karena sekolah ini telah terakreditasi A. Selain itu, sekolah ini juga memiliki halaman sekolah yang luas guna mendukung aktivitas fisik para murid. 

Staf dan guru yang mengajar di sana juga merupakan guru-guru yang berpengalaman. Sekolah ini pun dilengkapi dengan laboratorium dan sarana sanitasi yang memadai.

Alamat: Jalan Merdeka No.22, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

SDN 035 Soka 

Sekolah yang juga telah terakreditasi A ini memiliki 24 kelas untuk menunjang kegiatan belajar anak. SDN 035 Soka dilengkapi dengan laboratorium dan perpustakaan, serta fasilitas sanitasi yang memadai. 

Sekolah yang satu ini juga memiliki berbagai prestasi, baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Para siswa yang bersekolah di sana dapat mengikuti beragam ekstrakurikuler seperti pramuka, tari, dan angklung. 

Alamat: Jalan Soka No.34, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

SDN 164 Karangpawulang 

Sama seperti dua sekolah sebelumnya, SDN 164 Karangpawulang juga telah mendapatkan akreditasi A. Bahkan tak hanya unggul dalam bidang akademis, sekolah yang satu ini juga banyak meraih prestasi non-akademik, khususnya di bidang olahraga. 

Guna mendukung proses pembelajaran para siswanya, sekolah ini dilengkapi tiga laboratorium sekaligus, yaitu lab bahasa, lab IPA, dan lab komputer. Perpustakaan juga tersedia di sini untuk memfasilitasi kebutuhan belajar para siswa. 

Alamat: Jalan Karawitan No.81, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat.

SDN 263 Rancaloa 

Lingkungan sekolah yang asri dan bersih menjadi salah satu daya tarik SDN 263 Rancaloa.  Saat ini sekolah yang berlokasi di daerah Rancasari ini memiliki 1204 siswa dengan 47 orang guru. 

Proses belajar siswa dilakukan dengan menerapkan kurikulum 2013. Sekolah juga dilengkapi dengan sarana dua laboratorium dan satu perpustakaan untuk mendukung kegiatan belajar siswa. 

Salah satu yang mungkin juga bisa menjadi pertimbangan Mommies adalah sekolah ini menerapkan enam hari belajar dalam satu minggu. 

Alamat: Jalan Cipamokalan No.62, Cipamokalan, Kec. Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

Baca juga: Rekomendasi Senior Living di Wilayah Jabodetabek Beserta Harganya

SD Negeri 001 Merdeka Bandung

Sekolah dengan bangunan khas tempo dulu ini memiliki 36 ruangan kelas yang terdiri dari enam kelas untuk masing-masing angkatan. Sekolah yang menerapkan lima hari belajar dalam satu minggu ini telah dilengkapi dengan fasilitas internet.

Selain internet, sekolah juga dilengkapi dengan fasilitas lab komputer dan perpustakaan untuk mendukung kegiatan belajar siswa. 

Tak hanya mendukung para siswa untuk berprestasi di bidang akademik, sekolah juga kerap mengadakan lomba kreativitas untuk meningkatkan prestasi non akademik murid-murid. 

Alamat: Jalan Merdeka No.9, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

SDN 093 Tunas Harapan 

Sekolah yang satu ini juga termasuk SD negeri favorit di Bandung. SDN 093 Tunas Harapan telah dilengkapi akses internet untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. 

Sekolah ini memiliki 16 ruang kelas dan satu perpustakaan yang memadai. Sekolah ini juga aktif mengikuti beragam kompetisi baik akademik maupun non akademik sehingga membuatnya banyak diminati oleh para orang tua. 

Alamat: Jalan Cijerah N0.116, Cijerah, Kec. Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat.

SDN 163 Buahbatu Baru 

SDN 163 Buahbatu Baru memiliki gedung sekolah dua lantai yang dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa di sekolah. Sekolah ini juga memiliki halaman yang cukup luas sehingga dapat digunakan para siswa untuk bermain maupun berolahraga.

Fasilitas lain yang juga dimiliki sekolah ini adalah ruangan kelas yang luas, toilet yang bersih, laboratorium komputer, dan perpustakaan. Selain belajar di dalam kelas, siswa juga dapat mengikuti beragam ekstrakurikuler seperti pramuka, pencak silat, karate, dan taekwondo. 

Guru serta staf yang ramah dan profesional membuat sekolah ini menjadi salah satu SD negeri favorit di Bandung. 

Alamat: Jalan Buahbatu No.273, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat.

SDN 038 Kiaracondong 

Yang paling menonjol dari SDN 038 Kiaracondong adalah bangunan sekolah dua lantai yang baru saja dibangun dengan desain modern. Peralatan sekolah di dalam kelasnya pun masih baru sehingga akan membuat para siswa merasa nyaman. 

Kini ada 489 siswa yang bersekolah di sana dengan bimbingan 20 orang guru. Sarana sanitasi atau toilet yang dimiliki pun sangat bersih dan terawat. Selain perpustakaan, sekolah juga dilengkapi dengan fasilitas ruang UKS. 

Alamat: Jalan Ibrahim Adjie No.355, Kebon Kangkung, Kec. Kiaracondong, Kota Bandung, Jawa Barat.

SDN 016 DR. Cipto Pajajaran 

SDN 016 DR. Cipto Pajajaran memiliki dua lantai bangunan sekolah yang terdiri dari 24 ruang kelas. Sekolah ini juga sudah dilengkapi dengan akses internet yang dapat mendukung proses belajar siswa. Fasilitas lab IPA, lab komputer, dan perpustakaan juga tersedia di sekolah ini. 

Selain kegiatan akademik, sekolah juga mendukung prestasi non akademik para siswa dengan menyediakan ekstrakurikuler seperti angklung, sepak bola, dan pencak silat. 

Alamat: Jalan Pajajaran No.58, Pasirkaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat. 

SDN 003 Pagarsih 

Sekolah yang telah terakreditasi A ini memiliki 649 siswa dengan 29 guru. Guna mengikuti kemajuan teknologi, SDN 003 juga telah difasilitasi dengan internet. Sekolah juga dilengkapi dengan dua laboratorium komputer dan dua perpustakaan.  

Alamat: Jalan Pagarsih N0.77, Cibadak, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat.

Untuk SD negeri sendiri ada beberapa jalur pendaftaran yang bisa diikuti yaitu jalur zonasi, jalur afirmasi, dan keterangan perpindahan tugas orang tua. Mana yang jadi sekolah incaran Mommies?

 

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan