banner-detik
LIFESTYLE

11 Cara Alami Hilangkan Lemak Perut Membandel, Sudah Terbukti!

author

Dhevita Wulandari27 May 2023

11 Cara Alami Hilangkan Lemak Perut Membandel, Sudah Terbukti!

Bukan hanya dengan olahraga dan banyak aktivitas bergerak, mengatur dan menjaga pola makan yang sehat juga terbukti bisa hilangkan lemak di perut.

Selain untuk penampilan yang menarik, menghilangkan lemak di sekitar perut juga baik untuk kesehatan. Sebab, apabila lemak perut dibiarkan, maka bisa menimbulkan penyakit seperti diabetes tipe 2 dan jantung.

Biasanya, banyak orang yang ingin cara cepat untuk menghilangkan lemak perut. Misalnya dengan mengonsumsi pil, minuman, dan suplemen khusus yang mengklaim produknya dapat menurunkan berat badan dengan cepat hingga mengatasi lemak perut. Namun, hal ini kekurangan bukti ilmiah, apakah benar produk-produk tersebut aman sepenuhnya untuk dikonsumsi dan efektif dalam membasmi lemak.

Cara Alami Hilangkan Lemak Perut

Daripada malah lebih membahayakan kesehatan tubuh, lebih baik gunakan cara atau metode alami yang telah terbukti, seperti mengubah pola makan dan berolahraga.

Melansir dari Medical News Today, ini beberapa cara alami hilangkan lemak perut yang bisa dilakukan.

BACA JUGA: Tips Punya Kulit Wajah Lembap dan Awet Muda di Usia 30-an, Mudah Diterapkan!

1. Konsumsi makanan rendah kalori

Mengonsumsi makanan dengan lebih sedikit kalori daripada yang dibakar tubuh menjadi salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan lemak, baik di seluruh tubuh dan di sekitar perut.

Defisit kalori akan membantu membakar lemak visceral dan lemak subkutan berlebih. Selain itu, makan rendah kalori seringkali lebih bergizi daripada makanan berkalori tinggi.

Untuk menghilangkan lemak, Mommies bisa mulai konsumsi makanan yang bergizi dan rendah kalori, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan makanan gandum.

2. Kurangi minuman manis

Banyak mengonsumsi minuman manis bisa menjadi pendorong utama kenaikan berat badan, terutama di bagian perut. Asupan gula yang tinggi ini dapat meningkatkan meningkatkan resistensi insulin dan memicu peradangan di seluruh tubuh.

3. Kurangi karbohidrat olahan

Memiliki nilai gizi rendah, namun karbohidrat olahan termasuk ke dalam kategori makanan tinggi kalori. Umumnya karbohidrat jenis ini terdapat dalam roti putih, biji-bijian olahan, serta makanan dan minuman manis.

Berdasarkan penelitian, karbohidrat olahan juga ada kaitannya dengan perkembangan lemak di sekitar perut. Sehingga, untuk mengatasinya Mommies bisa coba ganti karbohidrat olahan dengan karbohidrat kompleks yang terdapat dalam buah-buahan, sayuran, dan makanan gandum.

4. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Seperti yang dijelaskan di atas, buah-buahan dan sayuran memiliki karbohidrat kompleks yang baik bagi tubuh dan merupakan alternatif sehat dan rendah kalori dibandingkan karbohidrat olahan.

Buah-buahan dan sayuran juga menambahkan serat ke dalam makanan. Dari penelitian, mengonsumsi makanan dengan serta dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, penyakit yang ada kaitannya dengan akumulasi lemak visceral dan kelebihan berat badan, dan membantu mengatur gula darah.

5. Pilih makanan dengan protein tanpa lemak

Mengonsumsi makanan yang mengandung protein tanpa lemak seperti kacang-kacangan, polong-polongan, dan daging tanpa lemak bagus untuk diet. Sebab, makanan jenis ini dapat membantu mendorong perasaan kenyang setelah makan, serta dapat mengurangi keinginan untuk ngemil yang manis-manis, dan juga dapat membantu mengurangi konsumsi daging berlemak seperti daging sapi dan daging olahan.

Untuk mengetahui cara lainnya, Mommies bisa melanjutkan membaca dengan klik di sini, ya!

BACA JUGA: 4 Sebab Skin Barrier Mudah Rusak di Usia 35 Tahun ke Atas

Cover: Photo by Pixabay on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan