banner-detik
PARENTING & KIDS

7 Kesalahan Orangtua yang Membuat Anak Sulit Bersosialisasi

author

dewdew25 May 2023

7 Kesalahan Orangtua yang Membuat Anak Sulit Bersosialisasi

Ternyata ada hal-hal yang dilakukan orangtua yang bisa ‘merusak’ kemampuan anak berkomunikasi, lho. Anak jadi sulit bersosialisasi.

Studi menunjukkan bahwa pengalaman sehari-hari dengan orangtua pada dasarnya sangat penting untuk anak mengembangkan keterampilan sosialnya. Komunikasi pertama dengan orangtua akan mengajarkan anak bagaimana ia mengembangkan hubungan, berkomunikasi, dan berinteraksi kelak.

Nah, komunikasi yang ia dapat di rumah jelas mencerminkan bagaimana ia berkomunikasi dengan dunia luar. Istilahnya, nih, apa yang ia lihat, rasakan, dan lakukan di rumah memberikan pengaruh besar terhadap kemampuannya bersosialisasi. 

Mau punya anak yang mudah bersosialisasi di luar? Sebaiknya mommies dan pasangan nggak melakukan kesalahan berikut ini yang rentan membuat anak sulit bersosialisasi.

Baca juga: 8 Kalimat Menyakitkan Yang Sering Didengar Anak dari Orangtuanya

Sering berkata kasar

Ini, sih, harus selalu diingat. Anak adalah cerminan orangtua. Kalau orangtua suka ngomong kasar, anak belajar bahwa berkata kasar adalah hal yang normal, hal yang wajar untuk ia lakukan juga sehari-hari.

Sering adu mulut dengan pasangan di depan anak

Bagaimana anak bisa mencontoh cara berkomunikasi atau bersosialisasi yang benar, kalau yang ia lihat setiap hari adalah contoh buruk dari adu argumen orangtua yang tiada habisnya. Nggak ada yang mau ngalah lagi.

Memberi contoh yang berlawanan

Mommies mungkin mengajarkan anak secara teori bahwa anak-anak harus berperilaku baik. Tapi kita nggak mengaplikasikan itu ke diri kita sendiri. Contohnya, nih, kita bilang kalau membicarakan orang lain itu nggak baik. Tapi mommies dan sahabat ghibahin temen segeng di depan anak. 

Jadi orangtua yang suka maksa

Sering nggak mommies memaksakan keinginan sendiri dibanding keinginan anak? Bahkan untuk hal yang sederhana sekalipun. Contohnya, nih, mommies keukeuh bikin pesta ulangtahun besar-besaran untuk si abege 12 tahun, padahal dia cuma mau merayakannya dengan teman-teman dekat. 

Jadi orang tua yang bikin anak malu

Terutama buat anak remaja, banyak hal yang menurut kita simpel, tapi ternyata big deal  banget buat mereka. Sesimpel mencium dan memeluk anak di depan teman-temannya bisa bikin dia malu banget, lho. 

Nggak pernah kasih anak kesempatan mengeluarkan pendapat

Anak mau bicara, mommies duluan yang maju. Anak mau menjelaskan sesuatu, mommies duluan yang kasih informasi. Hal-hal kayak gini yang bikin anak jadi malas bicara.

Jadi orangtua yang hobi mengkritik

Apa-apa yang dikerjakan atau dilakukan anak, selalu dapat kritikan orangtua. Mungkin maksudnya baik. Tapi selalu mengkritik bahkan untuk hal kecil sekalipun, bikin anak jadi nggak percaya diri, lho.

 

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS