banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

Agatha Valerie: Sebagai Entrepreneur Saya Harus Ingat Bahwa Being Bigger is Not Always Better

author

fiaindriokusumo24 May 2023

Agatha Valerie: Sebagai Entrepreneur Saya Harus Ingat Bahwa Being Bigger is Not Always Better

Salah satu prinsip yang dipegang oleh Valerie sebagai entrepreneur adalah being bigger is not always better, dan jujur saja, saya setuju. Apa tips-nya di dalam menjalani usaha  Pawmeals serta pesan-pesannya untuk para perempuan Indonesia? Simak hasil wawancara kami. 

Memiliki rasa cinta yang besar terhadap anabul, Agatha Valerie Amintohir (29 tahun) selaku Founder dan Canine Nutritionist bersama dua sahabatnya, Tania Suganda dan Stephani Herman mendirikan Pawmeals dengan misi untuk menyehatkan anjing-anjing se-Indonesia. Bagaimana value-value yang dia miliki sebagai seorang pebisnis dan juga perempuan? Berikut hasil wawancara kami. 

Tiga sifat yang kamu suka dari diri kamu?

Positive thinking, funny, oh the joy of making people laugh  and adventurous (not afraid of change and easily adapt).

Pengalaman masa kecil dan masa remaja apa yang membuat kamu memiliki tiga sifat tersebut?

Mungkin karena dari kecil aktivitas hidup lumayan ekstrem karena aku cuma dua bersaudara, dan kakakku itu laki-laki. Jadi dari kecil mainnya bukan boneka sama masak-masakan tapi naik genteng, manjat pohon, berenang di kali, ngambil anak kodok, always explore new things and it was fun!

Memilih menjadi entrepreneur dengan membuat Pawmeals, apa tantangan yg kamu rasakan sebagai perempuan entrepreneur?

1. Setelah menjalani dunia bisnis, jadi semakin yakin kalo tidak cukup hanya dengan talent dan passion. Karena talent bisa tumpul kalau nggak diasah, passion bisa redup kalo tidak dieksplor. What we need to thrive in entrepreneurship is GRIT: kemauan untuk melakukan pengorbanan untuk mengembangkan  passion dan talent kita. Be curious! Never stop learning, berani bertanya, berani terima kritik, belajar dari kesalahan, selalu mau untuk improve, setia perkara kecil dan taat untuk dibentuk mindset dan karakternya. Dengan begini, Tuhan juga akan memberikan tanggung jawab yang lebih besar.

2. Belajar untuk jadi fruitful leader, di mana kehadiranmu adding value to other people. How to build people through your business. Simply because alone you can go fast, but together you’ll go far.

3. Choosing the right partner. Banyak orang bilang jangan bangun usaha sama teman nanti malah rusak persahabatan. Totally true. Tapi balik lagi, yang penting dari segala macam hubungan itu kuncinya komunikasi. Melalui komunikasi kita bisa ngerti apa yang baik untuk partner kita, manage ekspektasi, saling mengerti dan tidak menyakiti. Saat komunikasi juga penting untuk memilih kata-kata yang positif, tidak menyalahkan, tidak menjatuhkan.

4. Last but not least, i would say the most important thing for being significant in business is stay firm to your purpose. Berani bilang tidak kalau sudah nggak sejalan karena semakin besar perusahaan, pasti banyak kesempatan yang akan datang dan as leader we need to decide which best for the company. Nah, kalo visinya kurang kuat, perusahaan bisa lost direction and purpose and stuck in growth trap. Remember that being bigger is not always better

Kenapa kamu memilih dunia yang dekat dengan binatang sebagai jalan hidup kamu dan mendirikan Pawmeals?

Purely dari kecintaan akan dunia hewan especially dogs. I spend my whole childhood with them. Tapi Pawmeals happened saat aku dikasih Frenchie (french bulldog) sama sahabat aku. Heran ini anjing beneran nggak abis-abis deh masalahnya. Kulitnya merah, rontok, botak, diare, kuping infeksi, muka bengkak, kentut-kentut mulu. Sampai akhirnya aku ketemu sama ilmu nutrisi and it was love at the first sight. Apalagi saat ngerasain keajaiban nutrisi di hidup anabulku. Thats why, I want other pawrents yang mungkin saat ini sudah hampir menyerah mencari jawaban dan belum menemukan solusi, boleh mulai mengganti diet/makanan mereka dengan yg bahan alami dan natural, diproses secara minimal, tanpa perasa, pewarna dan pengawet (baca: Pawmeals).

Bisa jelaskan secara singkat mengenai pekerjaan kamu saat ini sebagai nutrisionis anabul di Pawmeals?

Formulating dog food with optimum nutrition for every life stages & specific health conditions using fresh and natural ingredients.

Pawmeals itu sendiri apa? 

Pawmeals adalah makanan sehat yang diformulasikan dengan sains dan kecintaan kami terhadap anabul. Kami memasak bahan yang segar dan natural secara perlahan di temperatur yang tepat untuk juga mengeliminasi patogen berbahaya, namun juga tetap mempertahankan nutrisinya. Pawmeals sudah matang dan siap disajikan untuk anabul, pssst wangi setiap pilihan menunya juga pasti hooman suka! 

✅ Diformulasi Canine Nutritionist

✅ Disupervisi Dokter Hewan

✅ Diuji coba laboratorium secara berkala

Lanjutkan kalimat ini: Menjadi perempuan di Indonesia itu….

Nggak harus menikah sebelum umur 30, nggak harus punya anak setelah menikah, nggak harus berhenti kerja buat ngurus anak, nggak harus jadi ibu rumah tangga. Just focus on your dream and not please others. Even when it means you choose to be a pawrents and pursue a unique career such as mine.

Menjadi perempuan itu harus bisa mencintai diri sendiri. We all have flaws, embrace it. Be you tiful.

Share Article

author

fiaindriokusumo

Biasa dipanggil Fia, ibu dari dua anak ini sudah merasakan serunya berada di dunia media sejak tahun 2002. "Memiliki anak membuat saya menjadj pribadi yang jauh lebih baik, karena saya tahu bahwa sekarang ada dua mahluk mungil yang akan selalu menjiplak segala perilaku saya," demikian komentarnya mengenai serunya sebagai ibu.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan