banner-detik
SELF

5 Tips Mengatur Uang ala Orang China, Agar Bebas Hutang Pinjol dan Jadi Kaya Raya!

author

Katharina Menge24 May 2023

5 Tips Mengatur Uang ala Orang China, Agar Bebas Hutang Pinjol dan Jadi Kaya Raya!

Kalau mau jadi kaya raya dan bebas hutang pinjol, coba tetapkan tips mengatur uang ala orang China berikut ini!

Sepertinya semua orang butuh tips mengatur uang ala orang China untuk bisa terbebas dari hutang dan pinjol yang berbahaya. Apalagi melihat banyaknya kebutuhan yang semakin membengkak dan sukses bikin keuangan minus. Ujung-ujungnya, meminjam uang secara online jadi jalan keluar.

Mommies perlu tahu bahwa kebiasaan ini tidak bisa dibudayakan. Selain risikonya sangat besar dan menambah jumlah hutang, Mommies juga akan terjerat di lingkaran ‘setan’, gali lubang tutup lubang.

Padahal keuangan bisa tetap aman asalkan Mommies tahu cara mengaturnya. Masalahnya, apa langkah yang harus diambil? Nah, salah satu yang bisa dicoba adalah meniru orang China yang selalu sukses dan bergelimang kekayaan serta terhindar dari hutang pinjol (pinjaman online).

Dengan menerapkan cara mengatur uang ala orang mereka, siapa tahu keuangan Mommies bisa tetap stabil dan aman.

BACA JUGA: Rekomendasi Tabungan Anak Terbaik untuk Menyimpan Uang THR

Mengatur Uang ala Orang China

Ini dia rahasia orang China dalam mengatur uang mereka sehingga aman dan bebas hutang!

1. Menginvestasikan pendapatan

Saat gajian, sisihkan terlebih dulu sekian persen gaji untuk diinvestasikan. Kalau Mommies terbiasa menginvestasikan sisa uang, sebaiknya kini diubah, ya.

Agar bebas finansial saat usia senja nanti, Mommies harus melakukan investasi sejak dini. Salah satunya dengan menetapkan target, yaitu menginvestasikan sekian persen dari total gaji yang diterima setiap bulan, bukan sisanya, ya!

Untuk jumlahnya sendiri, Mommieslah yang berhak menentukannya. Aturlah sesuai gaji dan kebutuhan yang harus ditanggung sehari-hari.

Orang China sendiri menginvestasikan uang mereka sebesar 50 persen. Dilansir dari laman CGTN, orang China lebih memilih untuk menyimpan setengah pendapatan mereka untuk digunakan di masa depan, seperti membeli rumah, membesarkan anak, atau membayar layanan medis.

2. Membedakan keinginan dan kebutuhan

Ketika melihat brand kesayangan meluncurkan produk baru, apakah Mommies tim yang langsung membelinya? Coba diingat lagi apa alasan untuk membelinya? IFEC (Investment and Financial Education Council) mengungkapkan salah satu tips orang China dalam mengatur uang adalah membedakan rasa ‘ingin’ dan ‘butuh’.

Terlalu impulsif dan fomo (fear of missing out) seringkali membuat kebanyakan orang membeli sesuatu tanpa melihat apakah itu seuati keingingan atau kebutuhan. Terkadang karena saking menginginkannya, orang-orang (mungkin Mommies juga) membuat alasan untuk mengubah rasa ingi jadi butuh. Wah, bahaya, nih!

Sebenarnya tidak salah membeli barang ketika Mommies menginginkannya, tetapi akan lebih baik jika hal tersebut dipertimbangkan, penting dan dibutuhkan saat ini atau tidak.

3. Hidup sederhana dan berhemat

Banyak orang yang melabeli orang China dengan sifat ‘pelit’. Padahal jika lebih mengenalnya, label itu akan terlihat berlebihan.

Menurut orang China, daripada mengeluarkan uang untuk foya-foya atau membeli barang demi kepuasan sesaat, mereka lebih memilih untuk menabung. Mereka lebih memikirkan bagaimana kehidupan mereka 5-10 tahun ke depan, terlebih jika tidak memiliki investasi.

Kebiasan itu membuat mereka menerapkan gaya hidup sederhana. Tidak tergiur barang mahal dan bisa menekan ego serta nafsu. Perlu diingat ya, Mommies, kelihatan sederhana bukan berarti tidak punya kekayaan, kan?

Lihat orang China dalam mengatur uang mereka berikutnya di halaman selanjutnya!

BACA JUGA: Money Talks: 6 Bulan Menuju Keuangan yang Ideal

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan