banner-detik
SELF

4 Sebab Skin Barrier Mudah Rusak di Usia 35 Tahun ke Atas

author

Dhevita Wulandari23 May 2023

4 Sebab Skin Barrier Mudah Rusak di Usia 35 Tahun ke Atas

Ternyata skin barrier dapat mudah rusak seiring bertambahnya usia. Ketahui beberapa penyebabnya agar Mommies bisa mencegahnya terjadi.

Salah satu komponen terpenting untuk memiliki kulit sehat dan mampu melindungi kesehatan kulit wajah adalah skin barrier. Lapisan kulit terluar atau stratum korneum ini tentunya dimiliki semua orang. Namun, bila tidak dijaga kesehatannya, skin barrier akan mudah rusak seiring bertambahnya usia.

Penyebab Skin Barrier Rusak

Kira-kira apa saja penyebab yang dapat membuat skin barrier mudah rusak? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Produksi minyak berkurang

Semakin bertambahnya usia seseorang, kemampuan tubuh untuk memproduksi minyak semakin berkurang. Kondisi ini mengakibatkan lipid yang terdiri dari asam lemak, ceramide, dan kolesterol sulit terisi oleh kulit. 

Padahal, lipid menjadi komponen yang sangat penting untuk skin barrier, misalnya untuk mempertahankan kelembapan kulit. Saat lipid mengalami kekurangan dan tidak seimbang, maka kulit akan dehidrasi dan kehilangan kelembapannya. 

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Sunscreen untuk Remaja, Harga Mulai Rp29 Ribu!

2. Produksi kolagen menurun

Kolagen memegang peran yang sangat penting bagi kesehatan kulit, termasuk kulit wajah. Di dalam tubuh manusia, terdapat sekitar 30 persen kolagen. Mulai dari usia 25 tahun, produksi kolagen dalam tubuh mengalami penurunan sebanyak satu persen setiap tahunnya. 

Jika kebutuhan gizi tidak tercukupi dan pola makan sehat tidak dipenuhi sejak usia muda, maka akan semakin produksi kolagen akan mudah menurun seiring menuanya usia.

3. Sering terpapar radikal bebas hingga asap rokok

Sering terkena sinar matahari tanpa menggunakan sunscreen, terpapar polusi secara langsung tanpa pelindung wajah seperti masker, hingga menghisap rokok secara aktif atau terkena asap rokok juga bisa menyebabkan skin barrier mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan skin barrier tidak mampu bekerja sendiri dalam melindungi kulit dari faktor lingkungan.

4. Kurang tidur dan stres

Ternyata kurang tidur dan stres juga bisa menjadi penyebab rusaknya skin barrier pada usia 35 ke atas. Sudah dibuktikan secara ilmiah bahwa saat seseorang tidak mendapatkan dan memiliki kualitas tidur yang baik, maka kulit akan terlihat semakin kusam. Jika seseorang melakukan istirahat yang cukup, maka lapisan kulit dapat terjaga kondisinya serta terjaga juga kelembapannya.

BACA JUGA: Photorejuvenation Laser by Picosure: Perawatan Anti Aging, Wajib untuk Usia 25 

Cover: Photo by Angela Roma on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan