banner-detik
PARENTING & KIDS

Gaya Parenting Gibran Rakabuming, Didik Anak Agar Tetap Rendah Hati

author

Sisca Christina16 Oct 2023

Gaya Parenting Gibran Rakabuming, Didik Anak Agar Tetap Rendah Hati

Memiliki anak-anak berstatus cucu presiden nggak membuat gaya parenting Gibran Rakabuming eksklusif dan istimewa. Malah, tetap merakyat!

Meskipun memiliki ayah dan anak yang jadi idola masyarakat, Gibran Rakabuming adalah tetap orang tua biasa. Gibran dan sang istri, Selvi Ananda, tetap menggunakan prinsip-prinsip parenting umum yang bertujuan untuk membangun anak agar memiliki karakter positif. Bukan memanfaatkan status dan keturunan untuk memberi keistimewaan dalam urusan anak. Sorotan kamera dan kepopuleran di masyarakat bukan dimanfaatkan untuk anak mendapat privilege ini dan itu, melainkan untuk melatih anak berinteraksi dengan masyarakat, a.k.a, merakyat. Seperti apa, sih, gaya parenting Gibran Rakabuming dan istrinya?

Gaya Parenting Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda

1. Membangun komunikasi yang positif

Bagi Gibran dan Selvi, kunci utama yang mereka terapkan dalam mengasuh Jan Ethes Srinarendra La Lembah Manah yaitu membangun komunikasi yang positif dengan anak. Selvi berpandangan, dengan membangun komunikasi yang positif, diharapkan mampu menekan risiko anak untuk melakukan hal-hal yang negatif seperti kekerasan dan bullying kepada temannya.

2. Membuka ruang diskusi terbuka dengan anak

Layaknya orang tua milenial lainnya, Gibran dan Selvi juga menerapkan gaya parenting yang membuka ruang kepada anak-anaknya untuk bercerita. Mereka memperbolehkan anak-anaknya untuk bercerita tentang apa saja yang mereka pikirkan dan rasakan, tanpa rasa sungkan apalagi takut. Ini mereka terapkan sejak dini.

Baca juga: Kate Middleton Juga Seorang Ibu Biasa, Ini 11 Buktinya!

3. Menumbuhkan jiwa sosial

Gibran-Selvi kerap melakukan hal-hal yang bisa menumbuhkan rasa kemanusiaan pada anak-anak mereka. Pada suatu kesempatan, Selvi mengajak serta Jan Ethes menghadiri kunjungan ke rumah seorang anak penderita cerebral palsy bernama Yohanes Gabriel Bayu alias Iyel. Jan Ethes tak tampak canggung sama sekali berinteraksi dengan Iyel. Gibran dan Selvi terlihat membiasakan Jan Ethes untuk berinteraksi dengan masyarakat luar, tanpa pandang status.

4. Memberi contoh sikap rendah hati

Berstatus keturunan dari orang nomor satu di Indonesia saat ini nggak menjadikan keluarga mereka merasa eksklusif akan statusnya. Ini terlihat saat mereka menonton pertandingan basket Jan Ethes beberapa kali. Gibran dan Selvi menolak tawaran kursi VIP dan memilih menonton sang anak dari kursi tribun bersama penonton lainnya. Orang tua Jan Ethes memiliki sikap rendah hati dan merakyat, dan sikap ini dicontohkan kepada sang anak.

Sepertinya, ini turunan dari sang bapak, ya?!

Baca juga: Jauh dari Istana, Begini Gaya Parenting Pangeran Harry dan Meghan Markle

Foto: Instagram @riomotret

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan