banner-detik
EDUCATION

5 Rekomendasi Film Kartun Bahasa Inggris Edukatif untuk Anak, Bantu Si Kecil Belajar Bahasa Inggris!

author

Katharina Menge21 May 2023

5 Rekomendasi Film Kartun Bahasa Inggris Edukatif untuk Anak, Bantu Si Kecil Belajar Bahasa Inggris!

Intip deretan film kartun bahasa Inggris edukatif untuk anak berikut ini. Sambil nonton, si kecil juga bisa sekalian belajar bahasa Inggris!

Memberikan anak tontonan film kartun edukatif dengan pengantar bahasa Inggris punya banyak manfaat. Selain menghibur, anak-anak juga bisa belajar pesan moral di dalam ceritanya sekaligus perlahan-lahan mempelajari bahasa Inggris.

Tidak hanya menyuguhkan film kartun bahasa Inggris ke anak, tetapi orang tua juga disarankan untuk mendampingi mereka saat menonton. Dikueitp dari penelitian yang dilakukan oleh Penn State College of Medicine, anak-anak bisa mendapat pengetahuan dari tema positif dan negatif yang ditawarkan dalam film, dan dengan pendampingan orang tua, muatan positif di dalamnya bisa didiskusikan bersama.

Menurut Vistoria Heasley, salah satu tim peneliti, orang tua sering ingin membicarakan tema negatif yang dilihat di film, seperti narkoba atau kekerasan, dan mereka merasa harus melakukan hal itu kepada anak-anaknya.

Jadi, akan penting juga untuk membicarakan tema-tema positif di dalam film, seperti bagaimana para karakter bekerja sama untuk memecahkan suatu masalah. “Jika Anda membicarakan hal negatif sambil memanfaatkan hal positif, maka itu bisa menjadi diskusi yang sangat produktif,” jelas Vistoria.

BACA JUGA: 

Rekomendasi Film Kartun Bahasa Inggris Edukatif untuk Anak

Berikut adalah beberapa rekomendasi film kartun bahasa Inggris Edukatif untuk anak yang bisa ditonton di berbagai platform.

1. Coco (2017)

Film animasi produksi Pixar Animation Studios dan Walt Disney Pictures ini berkisah tentang seorang anak laki-laki bernama Miguel Rivera tinggal di Spanyol bersama keluarga dan nenek buyutnya, Coco. Miguel sangat mencintai musik dan bercita-cita menjadi seorang penyanyi, yang sayangnya dapat larangan keras dari keluarganya.

Suatu waktu, Miguel tahu kalau ayah dari Coco, Hector, adalah penyanyi dan musisi ternama di masanya. Dia pun menyebrang ke dunia arwah untuk bertemu dengan sang kakek buyutnya itu. Nilai yang bisa dipetik dan jadi pelajaran anak adalah untuk terus mengejar mimpi mereka.

Tidak hanya itu, dukungan dari keluarga juga sangat dibutuhkan untuk mewujudkan hal itu. Jadi, Mommies pun bisa belajar nilai penting dari film yang satu ini.

Foto: IMDb

2. Inside Out (2015)

Inside Out berkisah tentang Riley, seorang anak berusia 11 tahun bernama Riley yang hidupnya penuh kegembiraan. Sayang, hal itu berubah kala dia harus pindah rumah dan beradaptasi dengan lingkungan barunya di San Francisco.

Ternyata, di dalam pikiran Riley terdapat sebuah markas tempat para emosi berkumpul. Mereka adalah Joy, Sadness, Anger, Fear, dan Disgust. Kelima tokoh emosi inilah yang mengendalikan tingkah laku Riley sehari-hari dengan misi selalu membuat Riley bahagia.

Sayangnya, markas emosi Riley jadi sering bermasalah ketika harus beradaptasi dengan lingkungan barunya. Joy dan Sadness selalu bertengkar hingga akhirnya malah terbuang ke pusat memori Riley.

Lewat film ini, anak akan diajak untuk belajar mengerti bahwa ada banyak emosi di dalam dirinya. Mereka bisa memahami bahwa mereka bisa merasa bahagia, sedih, kesal, marah, hingga takut. Di sini Mommies bisa membantu anak mengenali aneka emosi yang mereka rasakan.

Foto: IMDb

Rekomendasi film berikutnya klik di halaman selanjutnya!

BACA JUGA: 

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan