banner-detik
EDUCATION

11 Rekomendasi YouTube dan Podcast untuk Anak Balita, Tonton dan Dengar Yuk!

author

Dhevita Wulandari19 May 2023

11 Rekomendasi YouTube dan Podcast untuk Anak Balita, Tonton dan Dengar Yuk!

Dari pada nonton yang tidak bermanfaat, coba kasih rekomendasi YouTube dan Podcast ini untuk anak balita Mommies. Tonton dan dengar, yuk!

Menonton YouTube dan mendengarkan Podcast tidak selamanya buang-buang waktu, apalagi kalau kanal yang ditonton dan didengarkan punya konten edukatif yang punya banyak manfaat untuk anak. YouTube dan Podcast untuk anak biasanya mengandung konten yang seru dan beragam, serta disampaikan dengan cara yang mudah dipahami oleh anak. Selain memberikan informasi, anak juga bisa sambil belajar tanpa disadari. lho!

Jika Mommies sedang mencari kanal YouTube dan Podcast untuk anak balita, ini beberapa rekomendasi yang bisa jadi pilihan.

Rekomendasi Youtube untuk Anak Balita

1. Pinkfong

Kanal Youtube yang satu ini pasti sudah sangat akrab terdengar. Pinkfong merupakan kanal YouTube yang viral dengan video dan lagu “Baby Shark”. Selain lagu-lagi anak, kanal ini juga menyediakan berbagai video yang edukatif dalam format cerita untuk anak, misalnya cara mengenal alfabet hingga cara berhitung dalam bahasa Inggris.

2. Nussa

Pertama kali hadir pada akhir 2018, Nussa adalah sebuah animasi Indonesia berlatar belakang Islami yang tayang di kanal YouTube Little Giantz. Little Giantz dan 4Stripe Productions menjadi studio animasi yang memproduksi animasi Nussa. Nussa juga pernah memenangkan penghargaan Anugrah Syiar Ramadhan 2019 dan Anugrah Penyiaran Ramah Anak 2019.

3. Blippi

Blippi merupakan kanal video edukasi anak di YouTube dengan host yang diperankan oleh Stevin John dengan topi bulat khasnya yang berwarna orens dan biru, serta kacamata orens. Di kanal ini, anak akan merasakan pengalaman mengunjungi banyak tempat, seperti tempat bermain, museum, dan masih banyak lagi. Bahasa yang digunakan juga mudah dipahami anak-anak dan sopan. Mommies bisa pilih kanal dengan bahasa utama bahasa Inggris dan bisa juga yang berbahasa Indonesia.

4. Lagu Anak Indonesia Balita

Sesuai namanya, Lagu Anak Indonesia Balita berisi lagu-lagu anak Indonesia yang bisa dinikmati balita sambil belajar mengenal kosa kata baru. Menonton dan mendengarkan lagu anak di kanal ini juga bisa menjadi pilihan kegiatan seru anak untuk menyanyi sambil menari bersama orang tua.

5. Nat Geo Kids

National Geographic Kids atau Nat Geo Kids merupakan kanal seru dan menyenangkan untuk anak menjelajahi dunia. Berisi video tentang hewan dan sains, menonton Nat Geo Kids dibuat khusus untuk anak-anak yang penuh rasa ingin tahu.

6. CoComelon Bahasa Indonesia

Cerita petualangan tentang JJ, TomTom, dan saudara-saudaranya cocok untuk ditonton oleh anak balita Mommies, nih. Selalu ada sesuatu yang baru yang dapat dipelajari dan menjadi inspirasi untuk anak bermain bersama teman dan keluarga. CoComelon Bahasa Indonesia juga bisa jadi pilihan seru untuk anak tonton sambil belajar angka, huruf, warna, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tempat Les Gambar untuk Anak Usia 4-15 Tahun

Rekomendasi Podcast untuk Anak Balita

1. Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI

Podcast yang ada di YouTube ini terdiri dari video suara dan juga video bergerak. Salah satu serial yang banyak diminati adalah “Adit Sopo Jarwo” yang berlatar belakang kehidupan sehari-hari tapi tetap edukatif.

2. Dongeng Anak Masa Kini

Bisa didengarkan di YouTube dalam kanal Happy Kids Project, Dongeng Anak Masa Kini juga bisa didengarkan di Spotify. Dikemas secara modern, Dongeng Anak Masa Kini mengajarkan anak tentang nilai-nilai kebaikan. Di akhir dongeng, anak-anak juga akan diajak bernyanyi bersama.

3. Dongeng KalaDhila

Podcast dongeng KalaDhila yang tersedia di Spotify ini bagus untuk didengarkan anak karena memiliki kisah sehari-hari yang beragam dan mengandung unsur serta nilai moral dalam setiap episode ceritanya. Mulai dari kisah nabi, kisah hewan atau fabel, hingga kisah tentang keluarga.

4. Cerita Anak Pengantar Tidur

Cerita Anak Pengantar Tidur berisi cerita fiksi dan fabel yang mengandung pesan moral. Cocok untuk didengarkan sebelum tidur dan ketika siang hari.

5. Riri Cerita Anak Interaktif

Bisa didengarkan di Spotify, Riri Cerita Anak Interaktif merupakan podcast yang berisi berbagai macam konten positif untuk anak. Mulai dari cerita fabel, dongeng, hingga cerita rakyat,

BACA JUGA: 19 SD Internasional Favorit di Jabodetabek, Save untuk Referensi!

Cover: Photo by cottonbro studio on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan