banner-detik
PARENTING & KIDS

4 Hal yang dibutuhkan Anak laki-laki dari Ibunya

author

fiaindriokusumo04 May 2023

4 Hal yang dibutuhkan Anak laki-laki dari Ibunya

Anak laki-laki membutuhkan banyak hal dari ibunya, sudah pasti. Di luar kasih sayang, cinta, perhatian, menurut saya, 4 hal ini juga penting untuk mereka dapat dari sosok ibu. 

Seorang anak sudah pasti butuh kasih sayang, cinta, perhatian dan dukungan dari orang tuanya. Namun, di luar itu semua, ada beberapa hal lain yang menurut saya juga dibutuhkan seorang anak (laki-laki) dari orang tuanya. Apa saja?

Baca juga: 9 Hal yang Perlu didengar Anak Laki-laki dari Ayahnya

4 hal yang dibutuhkan anak laki-laki dari ibunya

1. Anak laki-laki butuh dibiarkan merasakan gagal dan jatuh

Sosok ibu seringkali menjadi pihak yang lebih protektif dibanding sosok ayah. Rasanya sulit membiarkan anak kita mengalami kegagalan dan membiarkan dia merasakan “jatuh”. Maunya kita selalu ada untuk melindungi. Apakah salah seorang ibu ingin melindungi anaknya? Tentu tidak. Namun tidak SEMUA HAL buruk di dalam hidupnya harus kita cegah. 

Apakah kegagalan adalah hal yang buruk? Tidak selalu kok. Bahkan dengan membiarkan anak merasakan yang namanya kegagalan, secara tidak langsung, kita mengajarkan anak untuk belajar dari kesalahan yang diperbuat, belajar punya daya juang, belajar emotional skill, belajar social skill, dan segambreng pelajaran lainnya yang saya yakin akan bermanfaat untuk anak maupun kitanya kelak. 

These are the parents who worry me the most — parents who won’t let their child learn. 

2. A boy needs his mom to let him GO

Anak, tak peduli berapa pun usia mereka akan selalu menjadi anak di hati dan mata kita. Tapi satu hal yang harus diingat, seraya mereka semakin beranjak dewasa, mereka butuh berjarak dengan kita, orang tuanya, untuk memberi mereka ruang memiliki dunianya sendiri, tanpa campur tangan kita. Ibarat kata, jangan gandulin kaki dan tangan mereka untuk selalu dekat dengan kita. 

Percaya deh, ini akan membuat hubungan kita dengan anak jauh lebih sehat. Anak juga belajar bersosialisasi, belajar mandiri dan belajar mengambil keputusan sendiri. 

3. Anak laki-laki butuh melihat sosok perempuan yang mampu menghargai diri dan percaya diri

Dan ibu memiliki peran besar untuk memberi gambaran sosok perempuan seperti apa yang memiliki rasa percaya diri serta mampu menghargai diri sendiri. Seberapa sering kita mengkritik perempuan lain di depan anak kita? Atau seberapa sering kita merasa sebagai sosok perempuan yang banyak kekurangan dan kita lontarkan itu di depan anak kita? 

Merasa tidak pede dengan ukuran tubuh

Merasa tidak pede karena tidak bisa masak

Merasa tidak pede saat jerawatan

dan segambreng alasan lainnya. 

Bisa jadi kelak membuat anak laki-laki kita pun mencari perempuan yang sempurna sesuai kritikan-kritikan yang kerap kita keluarkan. Sedih kan kalau sampai begini. 

Lebih baik tunjukkan bagaimana kita bersyukur dan percaya diri dengan kondisi wajah maupun tubuh kita, perlihatkan ke anak seperti apa definisi perempuan dengan fisik, mental dan emosi yang sehat. 

4. Anak laki-laki butuh mendengar permintaan maaf dari ibunya ketika sang ibu melakukan kesalahan

Saya ingin anak saya paham bahwa dia tidak harus SELALU SEMPURNA dan ini berarti saya juga harus menunjukkan  ke dia bahwa sebagai seorang ibu saya juga tidak sempurna, dan itu tidak apa-apa. Bahwa ketika dia salah, wajar untuk meminta maaf dan itu artinya saya harus memberi contoh. Meminta maaf bukan hal memalukan.

Share Article

author

fiaindriokusumo

Biasa dipanggil Fia, ibu dari dua anak ini sudah merasakan serunya berada di dunia media sejak tahun 2002. "Memiliki anak membuat saya menjadj pribadi yang jauh lebih baik, karena saya tahu bahwa sekarang ada dua mahluk mungil yang akan selalu menjiplak segala perilaku saya," demikian komentarnya mengenai serunya sebagai ibu.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan