banner-detik
VIDEOS

MD Visit: Perpustakaan Nasional RI dan Perpustakaan Jakarta, Cocok untuk Baca Bareng Keluarga

author

Dhevita Wulandari02 May 2023

MD Visit: Perpustakaan Nasional RI dan Perpustakaan Jakarta, Cocok untuk Baca Bareng Keluarga

Bawa anak ke perpustakaan? Siapa takut! Perpustakaan Nasional dan Perpustakaan Jakarta bisa jadi destinasi literasi untuk baca bareng keluarga.

Menumbuhkan minat dan kebiasaan membaca pada anak memang susah-susah gampang. Setuju nggak, Mommies? Apalagi kalau anak sudah terpapar gadget. Sebelum berpikir memberikan gadget pada anak, lebih baik berikan bacaan pada anak karena memiliki banyak manfaat yang positif.

Saat usia anak masih belum mampu membaca, Mommies bisa coba untuk membacakan buku cerita atau buku dongeng. Cara ini juga memiliki manfaat yang bisa mengembangkan kognitif pada anak yang meliputi ingatan, perhatian, penggunaan kata-kata, hingga meningkatkan ikatan antara orang tua dan anak. Nah, jika ada sudah memasuki usia mampu membaca, manfaat yang akan didapatkan dari rajin membaca tentunya akan lebih banyak lagi.

Mulai dari meningkatkan kemampuan bahasa, meningkatkan konsentrasi, memperkenalkan emosi, melatih kreativitas, menumbuhkan respon anak, hingga mempersiapkan anak untuk sekolah.

Cara mengajarkan anak agar terlatih dan menyukai membaca sejak kecil adalah dengan memperkenalkan buku pada anak sejak balita. Mommies juga bisa dampingi anak dengan membacakan buku cerita favoritnya atau mengajak anak membaca di perpustakaan.

Di Jakarta, ada beberapa perpustakaan yang bisa dikunjungi secara gratis dan ramah untuk anak. Beberapa di antaranya seperti Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan Perpustakaan Jakarta. Kedua perpustakaan ini terletak di daerah Jakarta Pusat. Punya koleksi buku yang banyak dengan beragam genre dabn fasilitas yang cukup lengkap.

Mau tahu bagaimana isi dan apa saja fasilitas yang dimiliki kedua perpustakaan ini? Tonton video selengkapnya di YouTube Channel Mommies Daily berikut ini, yuk!

BACA JUGA: 

MD School Tour: SMP Labschool Cirendeu, Menyediakan Fasilitas untuk Murid dengan Keterbatasan Fisik

MD 911: Tim “Noktah Merah Perkawinan” Terima Tantangan Jawab Pertanyaan Anak Soal Film

MD Ask the Expert: Kecanduan Gadget pada Anak, Ciri hingga Cara Atasi

Cover: Mommies Daily

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan