banner-detik
LIFESTYLE

7 Penyebab Ketiak Hitam, Nomor 3 Sering Kita Lakukan Tanpa Sadar

author

Katharina Menge21 Apr 2023

7 Penyebab Ketiak Hitam, Nomor 3 Sering Kita Lakukan Tanpa Sadar

Ketahui penyebab ketiak hitam dan mulai hindari hal tersebut demi penampilan semakin maksimal. Catat, ya, Moms!

Penyebab ketiak hitam itu ada banyak, tetapi kebanyakan orang hanya berpikir kalau itu disebabkan karena sering mencukup bulu ketiak. Padahal tidak, lho. Ada banyak hal lain yang membuat ketiak menghitam, dan seringkali tidak sadar kita lakukan setiap hari.

Mommies Daily pun merangkum beberapa penyebab ketiak hitam yang harus Mommies waspadai sehingga bisa dihindari demi mendapatkan ketiak bersih dan halus.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Produk untuk Mencerahkan Ketiak, Murah dan Wajib Coba!

Penyebab Ketiak Hitam

Ini dia deretan hal yang menyebabkan masalah ketiak hitam. Catat, Moms!

1. Keseringan mencukur bulu ketiak

Tujuan mencukur bulu ketiak adalah untuk membuat ketiak bersih dan bebas bulu. Tujuannya baik, tetapi ternyata melakukan pencukuran berulang kali bisa menyebabkan peradangan di area ketiak. Akhirnya ketiak jadi iritasi dan memicu produksi sel penghasil pigmen atau warna alami kulit (melanin), secara berlebihan atau disebut sel melanosit.

2. Penumpukan kulit mati

Bintik hitam di area ketiak juga merupakan penumpukan sel-sel kulit mati yang kemudian membuat ketiak terlihat hitam. Jadi, kalau bisa Mommies rutin bersihkan ketiak dengan scrub saat mandi agar sel-sel kulit mati terkelupas dan berganti kulit baru yang lebih putih dan bersih.

3. Terlalu sering pakai deodoran

Hayo, siapa yang masih pakai deodoran? Tujuan penggunaannya baik, yaitu untuk membuat bakteri tidak tumbuh di area ketiak dan menimbulkan bau badan. Namun di dalam deodoran itu terkandung alkohol, paraben, dan aneka zat kimia berbahaya lainnya yang bisa sebabkan peradangan dan iritasi. Akhirnya, lama-lama hal itu membuat kulit ketiak menebal dan menghitam. Coba beralih ke deodoran alami, Moms.

4. Acanthosis Nigricans

Acanthosis Nigricans adalah salah satu penyakit yang bisa menyebabkan ketiak menghitam. Itu karena para penderita AN biasanya mengalami penebalan kulit dan warnanya berubah jadi lebih hitam. Tidak hanya di ketiak, tetapi juga bisa muncul di lipatan leher, lengan, paha, dan area lainnya. AN disebabkan oleh beberapa faktor, seperti diabetes, gangguan hormon, hingga efek obat yang dikonsumsi dan memengaruhi hormon.

5. Hiperpigmentasi

Kelebihan pigmen melanin dalam tubuh atau hiperpigmentasi juga bisa jadi penyebab ketiak menghitam, lho. Kondisi ini sebenarnya tidak berbahaya tapi mungkin bisa membuat Mommies tidak nyaman karena warna kulit tubuh jadi berbeda-beda.

6. Pakai busana terlalu ketat

Mungkin ada Mommies yang lebih nyaman pakai baju ketat atau pas di tubuh. Namun ketahuilah kalau pakaian yang terlalu ketat bisa menyebabkan gesekan pada kulit ketiak dan menimbulkan iritasi. Untuk melindungi kulit dari iritasi, lapisan kulit ketiak akan menebal dan akhirnya malah membuat warna ketiak menghitam. Coba beri sedikit kelonggaran untuk pakaian kalian ya, Moms.

7. Kehamilan

Ternyata saat hamil, ada masanya ketiak produksi hormon estrogen meningkat sehingga membuat produksi melanosit, yaitu sel yang menghasilkan melanin, jadi tinggi. Kadar hormon estrogen yang tidak normal ini jadi penyebab warna gelap pada kulit, termasuk di ketiak. Kondisi ini bisa hilang seiring selesainya masa kehamilan tapi ada yang jadi permanen.

BACA JUGA: 4 Langkah Mencegah Ketiak Hitam. Mudah, Bisa Langsung Dicoba!

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan