banner-detik
PARENTING & KIDS

9 Tips Mudik Bersama Bayi, Dijamin Nyaman dan Anti Repot!

author

Katharina Menge13 Apr 2023

9 Tips Mudik Bersama Bayi, Dijamin Nyaman dan Anti Repot!

Mudik bersama bayi membuat pasti jadi hal pengalaman pertama bagi para ibu baru. Supaya mudiknya nyaman dan aman, coba terapkan deretan tips ini!

Untuk mudik bersama bayi dibutuhkan persiapan yang matang. Tak hanya mental, Mommies dan Daddies juga harus mempersiapkan banyak peralatan anak untuk memastikan perjalanan si kecil keluar kota berjalan lancar dan nyaman. Kalau anak nyaman, orang tua pasti tenang.

Mendekati hari raya Idul Fitri, yuk, persiapkan diri dan perlengkapan untuk mudik bersama bayi. Mommies Daily merangkum beberapa tips aman dan nyaman serta anti repot bepergian dengan si kecil agar tiba di tujuan dengan bahagia.

BACA JUGA: Ingin Mudik Lebaran? Hindari Tanggal Ini, Diprediksi Macet Parah!

Tips Mudik bersama Bayi

Ada banyak transportasi yang jadi pilihan untuk pergi mudik bersama bayi. Supaya semua persiapannya lancar, berikut MD bagikan tipsnya! Lihat di bawah ini!

1. Pastikan kondisi anak sehat

Sebelum mudik bersama bayi, Mommies harus pastikan dulu kalau si kecil dalam kondisi sehat dan prima. Kalau perlu konsultasikan ke dokter serta tanyakan pendapat mereka atau adakaha masukan khusus darinya yang perlu diperhatikan mengenai kondisi kesehatan bayi. Beberapa hari sebelum mudik, jaga terus kondisinya.

2. Siapkan perlengkapan khusus bayi

Dalam sebuah tas khusus, siapkan semua keperluan bayi, mulai dari obat-obatan anak, kotak P3K, camilan khusus si kecil, serta perlengkapan anak yang paling nyaman, seperti botol minum, pakaian, hingga mainan mereka. Jadi, Mommies tidak perlu ribet mencari kemana-mana ketika semua hal itu dibutuhkan.

3. Pilih moda transportasi ternyaman

Banyak pakar menyarankan untuk memilih moda transportasi paling nyaman dan dengan jarak tempuh tercepat. Ketika mempertimbangkannya, Mommies perlu mengecek apakah moda transportasi tersebut ramah untuk anak serta menyediakan fasilitas untuk bayi.

4. Pahami syarat menggunakan moda transportasi umum

Ketika memutuskan untuk menggunakan salah satu moda transportasi umum saat mudik bersama bayi, Mommies harus pahami dan pelajari syaratnya ketika membawa bayi. Beberapa moda transportasi punya syarat khusus untuk bayi yang akan ikut dalam perjalanan, seperti usia minimum, perlu surat dokter, dan akan dalam kondisi sehat.

5. Perhatikan keamanan bayi

Ketika mempersiapkan perjalanan mudik bersama bayi, keselamatan anak juga penting. Jika memilih untuk pergi dengan mobil pribadi, gunakan car seat agar anak nyaman di sepanjang perjalanan. Tak hanya nyaman, keamanan mereka juga lebih terjaga.

6. Atur waktu perjalanan

Ketahui kalau perjalanan menggunakan masing-masing kendaraan tentu berbeda persiapannya, dan Mommies wajib mengetahui hal tersebut. Penting untuk memahami rutinitas tidur bayi. Banyak yang menyarankan untuk berangkat di jam tidur untuk meminimalisir dia rewel saat perjalanan.

7. Pertimbangkan waktu istirahat

Ketika pakai mobil pribadi, pertimbangkan waktu beristirahat di rest area 2-6 jam sekali, tergantung jam keberangkatan. Mommies dan Daddies harus memahami rute perjalanan yang ditempuh sehingga bisa menentukan lokasi istirahat selama perjalanan.

Di rest area Mommies jadi bisa sedikit menghirup udara segar, makan, dan melakukan banyak kegiatan lainnya. Ajak juga bayi untuk ikut merenggangkan tubuhnya dan sedikit beraktivitas supaya dia tidak terlalu lelah dan bosan.

Kalau perjalanan mudik menggunakan kereta atau pesawat, Mommies bisa menyusuri lorong untuk berjalan sambil merenggangkan kaki dan menggendong si kecil. Anak jadi tidak bosan duduk terus sepanjang perjalanan.

8. Tidurlah saat bayi tidur

Untuk Mommies atau Daddies yang mendampingi bayi, disarankan untuk tidur ketika bayi tidur. Dengan begitu kalian akan mendapatkan istirahat yang cukup dan kembali bugar ketika anak sudah terjaga. Jangan lakukan sebaliknya karena itu akan membuat tubuh kalian lelah ketika si kecil dalam kondisi segar.

9. Siapkan diri ketika perjalanan tak sesuai rencana

Ingatlah kalau manusia hanya bisa berencana. Mungkin Mommies sudah mempersiapkan semua kebutuhan dengan maksimal tapi dalam praktek dan perjalanannya, bayi bisa rewel tak berkesudahan, muntah, sampai tidak mau makan. Karena itu, penting untuk mempersiapkan diri jika perjalanan tidak sesuai rencana.

BACA JUGA: Kenali Jenis Bus untuk Mudik Lebaran, Dari Double Decker hingga Sleeper!

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan