banner-detik
DAD'S CORNER

7 Tipe Ayah, yang Mana Anda?

author

Fannya Gita Alamanda13 Apr 2023

7 Tipe Ayah, yang Mana Anda?

Ini dia 7 tipe Ayah yang spesial, beda, bikin kagum, dan gampang menjadi pujaan hati anak-anaknya.

Ayah, papa, daddy, papi, abi, dan masih ada banyak panggilan manis lain untuk ayah. Seperti banyak cara untuk memanggil mereka, para ayah juga hadir dengan berbagai tipe. Semua tergantung pada kepribadian, perilaku, metode pengasuhan, keterampilan, kecerdasan, dan sikap welas asih mereka. Masing-masing luar biasa dengan caranya sendiri-sendiri. Nah, Anda sendiri tipe ayah yang seperti apa? Bisa salah satu, salah dua, salah tiga, atau diborong semua juga lebih baik. 

Baca juga: 10 Ayah Selebritis yang Menjadi Favorit Netizen Indonesia

7 Tipe Ayah

  1. Ayah yang bertanggung jawab
  2. Ayah yang bijaksana
  3. Ayah yang mengasuh
  4. Ayah yang penyayang
  5. Ayah yang interaktif
  6. Ayah yang senang berbagi banyak hal
  7. Ayah yang mencukupi kebutuhan keluarganya

Begini caranya para ayah bisa mulai mencoba:

  1. Pilih tipe yang paling menggambarkan diri Anda
  2. Buat daftar kekuatan dan kekurangan dari masing-masing tipe
  3. Anda boleh bangga dengan kekuatan-kekuatan yang Anda miliki
  4. Jangan lupa, perbaiki kekurangan atau sisi negatifnya
  5. Cobalah menjadi tipe-tipe ayah yang berbeda setiap hari, setiap minggu, dan setiap bulan.

Ayah yang bertanggung jawab

Ayah yang bertanggung jawab pandai mengatur hal-hal penting untuk anak-anak dan keluarganya. Para ayah ini bertanggung jawab dan terlibat bahkan dalam hal memenuhi janji temu dengan guru wali kelas, dokter gigi, sesi imunisasi, sampai urusan memastikan perlengkapan belajar dan kursus musik anak-anak mereka. 

Ayah yang bijaksana

Ayah tipe ini selalu memikirkan anak-anak mereka, apa yang mereka butuhkan, dan yang mereka inginkan. Para ayah ini hebat dalam memahami kekuatan dan keterbatasan anak-anak mereka, tahu banget mainan favorit mereka, ingat nama teman-teman anak-anaknya, dan permainan favorit mereka. Ayah tipe bijaksana selalu berpikir selangkah lebih maju dalam mempersiapkan masa depan anak-anaknya.

Ayah pengasuh

Ayah yang mengasuh memastikan anak mereka diurus dan dirawat dengan baik. Para ayah ini nggak merasa maskulinitasnya terusik dengan menyiapkan makanan, memandikan anak-anak, dan membelikan anak-anak pakaian. Mereka juga ikhlas cuti kerja demi bisa menjaga anak yang sakit, atau membawa anak mereka berobat ke dokter.

Ayah yang penyayang

Ayah yang penyayang tidak sungkan mengekspresikan kasih sayang kepada anak-anak mereka. Para ayah yang penyayang tak ragu mengungkapkan perasaan sayang dan bangga terhadap anak dengan memberi pelukan, usapan di kepala, tepukan di bahu, hingga mengatakan, “Papa sayang kamu.”

Ayah yang interaktif

Ayah yang interaktif melakukan hal-hal berikut bersama anak-anak mereka: bermain, berkomunikasi, mengeksplorasi ide dan kreativitas, dan mendidik anak-anaknya untuk mengelola emosi. Para ayah ini mendorong anak mereka untuk terlibat dalam keputusan seperti memilih permainan yang akan dimainkan, taman mana yang akan dikunjungi, dan apa yang ingin mereka makan untuk makan malam. Para ayah interaktif juga tak ragu mendorong anak-anak mereka untuk berani mengungkapkan perasaan dan pendapat mereka, termasuk tentang cerita di dalam buku dan film.

Ayah yang senang berbagi

Ayah-ayah tipe ini siap berbagi peran mengasuh anak dengan pasangannya dan menggunakan pendekatan kerja secara tim dalam mengasuh anak mereka. Ayah ini tak ragu berbagi tugas rumah tangga, berdiskusi dengan pasangannya tentang kekurangan dan kelebihan setiap pola pengasuhan anak yang mereka pilih. Ia juga peduli bagaimana memberi respon terhadap perasaan dan perilaku anak-anaknya.

Ayah yang mencukupi kebutuhan keluarganya

Ayah yang mencukupi adalah pencari nafkah dan pelindung keluarga. Ayah ini bekerja untuk menafkahi keluarga sementara ibu atau pasangannya ada di rumah menjaga anak-anak. Para ayah tipe ini juga selalu memastikan keluarga mereka merasa aman dan tertib dalam menerapkan aturan di rumah.

Baca juga: Halo Ayah, Ini 10 Hal Yang Diinginkan Istri Saat Curhat

Cover: Unsplash

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan