banner-detik
LIFESTYLE

2 Posisi Tidur yang Salah, Bikin Kulit Wajah Cepat Tua!

author

Dhevita Wulandari03 Apr 2023

2 Posisi Tidur yang Salah, Bikin Kulit Wajah Cepat Tua!

Sudah effort melakukan skincare setiap malam tapi tetap tidak ada perubahan dan malah makin buruk? Bisa jadi posisi tidur yang dilakukan salah!

Tidur memiliki segudang manfaat baik untuk tubuh hingga pikiran. Tapi siapa sangka, tidur ternyata juga punya manfaat baik untuk kesehatan kulit. Untuk mendukung kesehatan kulit, posisi tidur harus dilakukan dengan benar. Sebab, posisi tidur yang salah dapat merusak kulit dan menyebabkan masalah kulit lainnya.

BACA JUGA: Jam Tidur yang Dibutuhkan Anak Remaja

Dikutip dari Real Simple, ini beberapa posisi tidur yang salah yang bisa menimbulkan kerutan dan bikin kulit wajah cepat tua.

1. Tidur miring

Tidur miring, baik ke kanan maupun ke kiri, memiliki manfaatnya masing-masing bagi kesehatan tubuh. Namun, tidur miring bisa menyebabkan kerutan pada sisi wajah yang menjadi tumpuan saat tidur. Mungkin tidak terlihat perbedaan nyata pada kulit wajah dalam semalam, tetapi jika ini dilakukan terus-menerus selama bertahun-tahun, tentu saja hal ini dapat mempercepat penuaan pada wajah.

Untuk mengatasinya, Mommies bisa coba membeli sarung bantal sutra atau satin yang sudah banyak tersedia di pasaran. Sarung bantal jenis sutra atau satin ini dapat mencegah gesekan pada kulit dan meminimalkan efek negatif yang membuat kulit wajah keriput.

2. Tidur tengkurap

Tidur tengkurap merupakan posisi tidur terburuk dari semua posisi tidur yang ada. Saat tidur tengkurap, kulit wajah didorong ke atas bantal selama berjam-jam yang dapat menyebabkan pembengkakan pada wajah dan memperkuat garis kerutan di sekitar mata dan bibir. Jika berlangsung lama, tidur dengan posisi ini bisa mempercepat pembentukan garis-garis halus permanen terutama di dahi yang bahkan tidak dapat disembuhkan oleh retinol berat, lipatan pada wajah, hingga kerutan wajah secara keseluruhan.

Tekanan wajah ke bantal juga bisa menimbulkan bengkak di sekitar mata karena kepala berada pada ketinggian yang sama, yang berarti lebih banyak darah akan mengalir ke wajah. Belum lagi adanya bakteri dan kuman pada sarung bantal yang bisa menyebabkan jerawat. Sehingga, solusi terbaiknya adalah hindari tidur dengan posisi ini.

BACA JUGA: Suami Langsung Tidur Usai Bercinta? Ini Alasan Mereka dan Kata Pakar

Setelah mengetahui bahwa kedua posisi tidur di atas memiliki dampak yang baik untuk kulit wajah, ada juga lho posisi tidur yang baik untuk keremajaan kulit, yaitu posisi tidur telentang.

Tidur telentang merupakan cara dan posisi terbaik untuk tidur. Posisi ini mampu mencegah kerutan karena kurangnya gesekan saat tidur. Lebih baik lagi jika Mommies bisa mempertahankan sudut 20-30 derajat memungkinkan drainase cairan yang lebih baik di dalam tubuh.

Cover: Photo by Oleja Titoff on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan