banner-detik
EDUCATION

7 Rekomendasi Sekolah untuk Homeschooling

author

Sisca Christina24 Mar 2023

7 Rekomendasi Sekolah untuk Homeschooling

Mommies yang berencana memilih metode homeschooling untuk pendidikan anak, berikut rekomendasi sekolah untuk homeschooling yang bisa dilirik.

Sesuai namanya, homeschooling berarti anak menempuh pendidikan di rumah di mana orang tua menjadi pusat penyelenggara pendidikannya. Orang tua memiliki fleksibilitas dalam menentukan metode pendidikan, jadwal harian, bidang studi hingga kegiatan sesuai dengan perkembangan, kebutuhan, minat dan bakat anak.

Dalam implementasinya, orang tua bisa menyusun kurikulum pendidikan sendiri atau dengan bantuan lembaga homeschooling. Opsi lainnya, orang tua juga bisa memilih sekolah yang menerapkan metode belajar di rumah. Jika memilih opsi ketiga, mommies bisa mengecek beberapa rekomendasi sekolah untuk homeschooling berikut ini.

Baca juga: Ingin Memilih Homeschooling untuk Anak? Perhatikan Tips Berikut

Beberapa Rekomendasi Sekolah untuk Homeschooling

1. Homeschooling Kak Seto (HSKS)

Sekolah berbasis homeschooling yang digagas oleh psikolog anak tersohor ini menganut filosofi bahwa setiap anak unik dan memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang layak. Homeschooling Kak Seto memiliki jenjang dari SD hingga SMA. Terdapat tiga jenis program pembelajaran yaitu komunitas, distance learning dan distance learning tunggal. Tentunya, HSKS memiliki pendekatan belajar seperti di rumah dengan metode dan jam belajar yang fleksibel.

Alamat: Jl. Raya Parigi Lama No. 3, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten 15227
Telepon: 021-22211078
WhatsApp: 08119511843, 08119511844, 08119511845

2. Technosa Homeschooling

Selain menyediakan pendidikan formal, Technosa Homeschooling juga memiliki alternatif pendidikan nonformal. Sekolah ini menawarkan metode pembelajaran yang fleksibel dengan waktu belajar yang ditentukan sendiri. Anak-anak jadi memiliki waktu untuk mengembangkan potensi dan bakatnya di bidang selain akademis, seperti seni, olahraga, keterampilan, dan lain-lain.

Alamat: Vila Melati Mas, Jalan Melati Raya blok P2 No. 24, Serpong Utara, Tangsel 15323
Telepon: 021-5371254 / 021-53158771

3. Anak Panah Cyberschool

Sekolah ini memberikan keleluasaan kepada anak-anak untuk belajar tanpa dibatasi jarak, ruang dan waktu. Institusi pendidikan non formal berbasis digital ini menawarkan kemudahan pelayanan di bidang pendidikan agar mudah dijangkau anak-anak di seluruh Indonesia hingga seluruh penjuru dunia. Murid yang tergabung dengan sekolah ini berjumlah sekitar 700 lebih yang tersebar di seluruh Indonesia, Asia, Amerika hingga Eropa.

Alamat: Jl. Raya Danau Poso Blok AA1. No. 27-29, Cluster Catalina, Gading Serpong, Medang, Pagedangan, Tangerang, Banten 15331.
Telepon: 021-5959-9252, Whatsapp: 0818777673

Baca juga: 7 Kesalahan yang Harus Dihindari Ketika Homeschooling Jadi Pilihan

4. INRII Homeschooling

Di INRII pendekatan pendidikan dilakukan melalui konsultasi dan bimbingan pribadi untuk mengoptimalkan potensi, bakat, minat, serta pengembangan karakter anak. Baiknya lagi, homeschooling ini juga terbuka bagi siswa-siswi dengan keterbatasan fisik atau sosial. Seperti sekolah non formal pada umumnya, INRII juga memiliki tiga jenis pembelajaran yaitu: community class, tutorial visiting dan distance learning. Kurikulum yang dipakai mengikuti pemerintah. Para siswa yang mengikuti ujian penyetaraan nantinya akan menerima ijazah yang dikeluarkan oleh Kemdikbud RI. Selain di Jakarta, INRII juga hadir di Bekasi dan Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Alamat: Jl. Pondok Kelapa Raya Blok D2 No.14, Jakarta Timur 13450
Telepon: 021-2284 5000, 085777774411
Email: inrii@live.com

5. Sinergia Homeschooling

Ada dua pilihan yang bisa orang tua pilih di Sinergia Homeschooling, yaitu tutorial di rumah atau online melalui Zoom/Google Meet atau dengan kunjungan tutor ke rumah 3-4 kali seminggu. Siswa, orang tua, tutor dan konselor akademik akan berdiskusi mengenai jadwal, mata pelajaran, ujian, proyek dan ujian akhir. Dalam penyelenggaraan pendidikan terdapat juga ulangan harian, ujian tengah semester dan ujian akhir. Sekolah ini juga menyediakan sertifikat nasional jenjang SD hingga SMA dan juga internasional seperti CPC, IGCSE, SAT, AP, TOEFL, dan seterusnya.

Alamat: Sinergia International Jakarta
STC Senayan 2nd Floor No. 51/54, Jl. Asia Afrika, Jakarta Pusat, 10270
Telepon: 021-57931911, Whatsapp: 081287118389 / 081210547626
Email: info@sinergiaeducation.com

6. Homeschooling Alam Depok

Homeschooling Alam Depok adalah lembaga pendidikan PG, TK, hingga SMA serta inklusi yang memiliki visi untuk menjadi rumah tumbuh bagi setiap bakat. Uniknya, sekolah ini memadukan konsep homeschooling dan sekolah alam dengan program dan kegiatan belajar yang inovatif.

Alamat: Jl. Anggrek no.80 RT.002 RW.005 Tanah Baru, Beji, Depok
Telepon: 021-29208974, Whatsapp: 081212728678

7. Homeschooling Primagama (HSPG)

Primagama bisa menjadi pilihan homeschooling dengan empat sistem belajar yang bisa dipilih orang tua dan anak, yaitu:

  • Homeschooling individu (tunggal): dilakukan dengan 1 pengajar 1 siswa dalam setiap pelajaran atau dapat juga dilakukan secara mandiri di rumah bersama orangtua atau dengan guru dari HSPG.
  • Homeschooling Komunitas: diikuti 2-5 siswa dalam satu kelompok belajar
  • Distance Learning: dilakukan secara online menggunakan aplikasi skype, di mana pengajar HSPG dapat berinteraksi langsung (taap muka) dengan siswa.
  • Sistem Belajar Mandiri: siswa belajar secara mandiri atau didampingi orangtua atau pengajar pribadi.

Beberapa persyaratan untuk masuk HSPG mirip dengan sekolah formal, misalnya wajib mengikut placement test akademik, ada kehadiran wajib yaitu 75%, ulangan harian, UTS, UAS hingga ujian penyetaraan. Keunggulannya, HSPG ada di 26 kota di berbagai propinsi Indonesia, jadi mommies bisa memilih di lokasi terdekat dengan tempat tinggal.

Baca juga: 5 Sekolah Ini Menerapkan Tanpa PR Harian

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan