banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

10 Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga Minim Modal

author

dewdew06 Mar 2023

10 Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga Minim Modal

Ibu rumah tangga biasanya gatal, nih, ingin punya penghasilan sendiri juga. Berikut ini 10 usul usaha sampingan buat para ibu yang modalnya kecil.

Status ibu rumah tangga bukan berarti nggak kerja juga. Bedanya sama ibu bekerja yang ngantor, cuma nggak menghasilkan uang saja. Tapi capeknya, ya, sama. Namun begitu, banyak ibu rumah tangga yang ingin menghasilkan pendapatan juga. Nggak salah, kok. Tapi apa, ya, usaha sampingan yang bisa dilakukan tanpa harus jadi orang kantoran? Berikut ini beberapa rekomendasi usaha tanpa harus meninggalkan status ibu rumah tangga. 

Bisnis kue/katering

Buat mommies yang punya tangan dingin dalam hal bikin kue atau masak, usaha sampingan untuk ibu rumah tangga ini bisa jadi pilihan. Paling gampang soalnya. Modalnya juga nggak banyak. Siapa tahu, kan, dari yang kecil bisa jadi besar beneran.

Dropship dan Reseller

Kedatangan e-commerce membuka kesempatan buat mommies untuk jadi dropship dan reseller nyaris tanpa modal. Apalagi kalau mommies punya mata jeli, produk mana yang bakal laku.

Mommies hanya perlu menawarkan produk secara online melalui sosmed, whatsapp grup, bahkan bisa offline juga, lho. 

Kursus kelas baking online

Buat mommies yang pernah sekolah baking, atau bahkan otodidak namun punya kemampuan mumpuni dalam hal per-baking-an, kenapa nggak buka kelas online saja?

Mommies hanya perlu menyiapkan video resep untuk dijual secara terbatas. Pastikan mommies juga bisa mendampingi murid-murid secara online melalui chat group, ya.

E-Commerce affiliator

E-commerce affiliator adalah pilihan buat mommies yang juga nyaris tanpa modal. Jangan lupa untuk daftar dulu sebagai affiliate di e-comm kesayangan mommies. 

Lalu mulailah review produk dan jangan lupa link affiliatornya. Yang penting rajin kirim link. Pastikan juga produknya mommies kurasi dengan benar, ya.

Pelatih kebugaran

Olahraga sudah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari? Kenapa nggak di-monetize aja? Apalagi sejak kedatangan Covid, keinginan untuk berolahraga di kalangan masyarakat Indonesia makin besar. 

Untuk menjadi pelatih kebugaran mommies butuh ikut training bersertifikat. Nantinya ketika sudah selesai training, mommies bisa melatih bahkan secara online. 

Jasa live Tiktok

Buat mommies yang hobi cuap-cuap, saat ini banyak para pedagang di Tiktok butuh seorang advertiser yang mempromosikan barangnya melalui Tiktok Live. 

Mommies hanya perlu memiliki koneksi internet yang mumpuni, ringlight, dan kemampuan cuap-cuap untuk berjualan selama 1 jam penuh. Waktu live bisa dikondisikan dengan jam luang mommies, misalnya saat anak-anak sekolah.

Guru les online

Setelah negara Covid menyerang, sesi belajar online menjadi hal yang sangat lumrah saat ini. Mommies punya pengalaman mengajar? Jadi guru les online aja. 

Jika mommies belum punya koneksi, bisa bergabung di komunitas guru les online, lho. Tinggal memasukkan data pribadi, mata pelajaran yang akan diajarkan, serta pengalaman mengajar bila ada. 

Baca juga: 10 Hal Yang Diinginkan Istri Dari Suami Saat Dia Curhat

Social media admin

Makin ke sini, makin banyak masyarakat yang berbisnis dan menggunakan social media sebagai salah satu etalase jualannya. Nah, biasanya yang bisnis ini nggak punya banyak waktu untuk manage social medianya. 

Ini kesempatan mommies untuk membantu menjadi social admin dari bisnis mereka. Tugas mommies di sini meliputi posting content, me-reply pelanggan dari comment postingan maupun Direct Message. Jika bisa membuat content, akan menjadi nilai lebih. 

Jual mainan edukasi atau crafting

Punya tangan yang  suka gatelan bikin mainan edukatif sendiri buat anak? Kenapa nggak dibisnisin? Saat ini banyak orangtua yang mulai melek edukasi dini di rumah untuk anak-anaknya. 

Mommies bisa memasarkan produk mainan edukasi melalui online maupun offline. Atau jika jiwa bisnis membuncah namun nggak bisa bikin sendiri, impor sekarang gampang, lho. 

Content creator

Modal awal yang harus dimiliki seorang content creator hanyalah niat dan konsistensi :) Karena kalau kamera video tentu rata-rata sudah pada punya, ya. Kamera handphone saja cukup, kok, mommies. 

Mommies bisa pilih tema yang menarik namun sesuai dengan passion. Nggak punya keahlian memasak, atau bikin kerajinan? Nggak masalah. Pengalaman mommies sebagai ibu sehari-hari juga bisa, lho, dijadiin konten. 

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan