banner-detik
VIDEOS

MD Ask the Expert: Kecanduan Gadget pada Anak, Ciri hingga Cara Atasi

author

Dhevita Wulandari15 Feb 2023

MD Ask the Expert: Kecanduan Gadget pada Anak, Ciri hingga Cara Atasi

Jangan asal memberi gadget pada anak tanpa pengawasan. Jika terus dilakukan, kecanduan gadget pada anak akan sulit untuk dihindari.

Apakah Mommies termasuk orangtua yang ketika anak menangis dan rewel lalu langsung memberi gadget agar anak diam dan anteng? Kalau iya, sebaiknya jangan diteruskan.

Jika terlalu sering dan terus-menerus memberikan gadget pada anak tanpa screen time dan bahkan tanpa pengawasan, perlahan tapi pasti anak akan mengalami kecanduan gadget. Tentunya dampak yang akan terjadi pada anak juga bermacam-macam, mulai dari masalah penglihatan karena melihat layar dalam waktu yang lama, kurang interaksi sosial, memicu obesitas, bahkan bisa memicu gangguan perilaku hingga kejiwaan.

Sebagai orang tua, tentu tidak ingin hal-hal seperti itu terjadi pada anak. Maka dari itu, untuk mencegah hal ini terjadi pada anak, Mommies perlu untuk menerapkan ketegasan dan kedisplinan pada anak dalam menggunakan gadget. Pahami juga kapan usia yang tepat untuk memperkenalkan gadget pada anak, berapa lama screen time yang diperlukan sesuai usia anak.

Perlu juga untuk mengetahui ciri-ciri atau tanda-tanda anak sudah kecanduan gadget untuk bisa segera mencari solusi dalam mengatasi hal tersebut. Lalu bagaimana jika anak ternyata sudah kecanduan gadget? Selengkapnya bisa Mommies simak dan tonton penjelasan dari psikolog dalam video di YouTube channel Mommies Daily berikut ini.

BACA JUGA: 6 Alasan Kenapa Saya Melarang Anak Saya Berteman dengan Siapa Saja

Cover: Mommies Daily

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan