banner-detik
PARENTING & KIDS

Ingat Pesan Mama Ini Sebelum Kamu Berpacaran, ya Nak…

author

fiaindriokusumo15 Feb 2023

Ingat Pesan Mama Ini Sebelum Kamu Berpacaran, ya Nak…

Akan ada masanya kamu menyayangi perempuan lain selain mama (huhuhu). Ingat pesan mama ini sebelum kamu berpacaran, ya nak. 

Mama nggak akan melarang kalian untuk berpacaran, karena menurut mama itu adalah tahapan yang sangat wajar untuk kalian rasakan, seperti mama dulu, selama usia kalian sudah pantas untuk menjalaninya.

Namun, sebagai orang tua, nggak afdol rasanya kalau mama nggak memberikan beberapa ‘warning’ untuk kalian patuhi. Karena bagaimanapun, mama sudah lebih dulu menjalani ini semua :D.

Jadi ini pesan mama untuk anak laki-laki mama…

1. Ungkapkan perasaan sayang kamu dengan jelas dan dengan cara yang santun.

2. Gunakan tangan dan kakimu untuk melindunginya, bukan untuk menyakitinya. Gunakan mulutmu untuk mengucapkan hal-hal baik, bukan untuk mencacinya.

3. Jangan pelit untuk memanjakannya namun tetap dalam batasan yang wajar karena kamu bukan ATM berjalan untuk pasanganmu.

4. Jangan pernah mengunakan kalimat “Kalau kamu cinta aku, kamu pasti mau melakukannya” kepada pasanganmu, karena cinta itu tidak pernah memaksa.

5. Jangan rusak masa depannya dengan pergaulan seks bebas, karena itu sama artinya kamu juga merusak masa depanmu sendiri.

6. Kamu ingin mengantar jemput pacarmu? Boleh-boleh saja. Namun, bukan berarti setiap saat kamu harus selalu siap 24 jam mengantar jemput dirinya. Ingat, kamu pacarnya bukan supirnya :D.

7. Berlaku sopan pada kedua orang tuanya karena kamu pasti juga tidak mau melihat dia bersikap kurang ajar pada mama dan ayahmu.

8. Selalu antar dan jemput pacarmu sampai ke rumahnya,  karena itu salah satu bukti kamu menghargainya.

9. Akan ada masanya kamu merasakan sakit hati karena pacarmu. Nikmati saja namun ingat bahwa itu bukan akhir dari segalanya. Kamu akan menemukan orang lain untuk kamu sayang.

10. Jangan selalu mengikuti apa kata pacarmu, karena mama mendidikmu untuk menjadi laki-laki yang berani mengungkapkan pendapat.

11. Pacarmu memiliki hak yang sama denganmu. Jangan menjadi laki-laki yang menganggap bahwa perempuan berada di bawah kuasa laki-laki.

12. Tetap luangkan waktu untuk keluarga dan teman-temanmu, jangan membuat ‘dunia’ yang hanya berisi kamu dan dia. Karena itu akan terasa membosankan.

13. Perempuan butuh kepastian, jadi berikan jawaban yang tegas dan pasti untuk pertanyaan-pertanyaan yang keluar dari mulut mereka.

14. Jangan pernah menjadikan perempuan sebagai bahan taruhan, apapun tantangan yang kamu dapat dari teman-temanmu.

15. Pahami jam malam saat kalian berkencan, karena ada dua ibu yang tidak bisa tidur tenang sebelum kalian selamat sampai di rumah. Ibunya dan ibumu sendiri.

16. Cari pacar yang juga bisa bergaul dengan teman-teman dan keluargamu.

17. Cari pacar yang bisa membuatmu menjadi lebih pintar dan menjadi dirimu yang lebih baik.

18. Tidak perlu seluruh dunia tahu mengenai apa yang terjadi di antara kamu dan pacarmu. Jadi pastikan kamu paham apa yang mau kamu posting di social media milikmu!

19. Dan ini yang paling penting nak…. Diskusikan APAPUN, sekali lagi, APAPUN yang terjadi dalam hubunganmu, selalu diskusikan dengan mama dan ayah. Kami janji kami tidak akan marah (wink… wink :D).

BACA JUGA: 6 Alasan Kenapa Saya Melarang Anak Saya Berteman dengan Siapa Saja

Cover: Image by jcomp on Freepik

Share Article

author

fiaindriokusumo

Biasa dipanggil Fia, ibu dari dua anak ini sudah merasakan serunya berada di dunia media sejak tahun 2002. "Memiliki anak membuat saya menjadj pribadi yang jauh lebih baik, karena saya tahu bahwa sekarang ada dua mahluk mungil yang akan selalu menjiplak segala perilaku saya," demikian komentarnya mengenai serunya sebagai ibu.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan