banner-detik
LIFESTYLE

Bedanya Childfree dan Childless, serta 6 Selebriti Indonesia yang Memilih Childfree!

author

Katharina Menge15 Feb 2023

Bedanya Childfree dan Childless, serta 6 Selebriti Indonesia yang Memilih Childfree!

Childfree kini tengah jadi bahasan yang ramai di kalangan masyarakat, dan deretan selebriti ini ternyata mantap memilih langkah tersebut.

Topik tentang childfree atau tidak memiliki anak kembali jadi bahas perbincangan beberapa pekan belakangan. Kali ini cukup serius karena dapat respon yang besar dari para Mommies di Indonesia.

Semua bermula dari komentar influencer Gitasav atau Gita Savitri yang mendapatkan pujian tentang penampilannya yang awet muda. Dia kemudian membalas komentar tersebut dengan mengatakan bahwa rahasia wajah awet mudanya adalah tidak punya anak.

Ternyata dari situ kemudian terkuak bahwa memilih untuk tidak punya anak adalah jalan yang banyak ditempuh oleh para wanita dan pasangan suami istri, tak terkecuali dari kalangan selebriti. Namun sebelum itu, penting rasanya mengetahui apa makna childfree sebenarnya, dan bedanya dengan childless, nih, Moms!

BACA JUGA: Memahami Pilihan Childfree, To Have or Not To Have

Bedanya Childfree dan Childless

Dikutip dari She Defined, menurut Judy Graham, konselor dan pendiri WomenHood, layanan dukungan spesialis untuk wanita Australia yang tidak memiliki anak karena keadaan, childfree dan childless adalah dua hal yang berbeda.

Childless umumnya digunakan oleh wanita yang tidak memilih atau berencana untuk tidak memiliki anak,” jelasnya. Jadi, mereka tidak memiliki anak bukan karena pilihan, tetapi terpaksa menjalani itu karena keadaan. Seringkali kondisi tersebut disebabkan oleh faktor di luar kehendak diri, seperti kondisi biologis atau fisik.

Sedangkan childfree, menurut Judy, adalah ungkapan yang digunakan oleh wanita yang memilih untuk tidak menjadi ibu, meskipun mereka bisa secara biologis dan fisik. Dikutip dari buku Childfree & Happy karya Victoria Tunggono, disebutkan bahwa childfree bisa juga disebut sebagai gaya hidup yang diambil wanita atau pasangan secara sadar dan sukarela.

Jadi, sudah terlihat bedanya childfree dan childness, kan?

Selebriti yang Memilih Childfree

Bicara tentang pilihan tidak memiliki anak, ini deretan selebriti Indonesia yang memilih childfree sebagai langkah mereka di masa depan.

1. Gita Savitri

Bersama dengan suaminya, Gita Savitri mantap untuk menjalani rumah tangga berdua saja tanpa kehadiran anak. Selain sebagai alasannya untuk tetap menjadi awet muda, memiliki anak diakui oleh Gita adalah sebuah tanggung jawab yang besar.

2. Cinta Laura

Meski belum menikah, dikutip dari podcast bersama Ashanty, Cinta Laura juga mantap akui memilih jalan untuk childfree. Namun alasan yang dipilih oleh Cinta karena dia melihat ada banyak anak terlantar di Indonesia sehingga lebih memilih mengadopsi anak ketimbang melahirkan. Dia juga menyadari bahwa dunia sudah overpopulasi dan tidak mau menambah satu manusia lagi.

3. Rina Nose

Sudah membicarakan dengan suaminya, Josscy Vallaza, Rina Nose jadi selebriti berikutnya yang memilih untuk childfree. Rina merasa cukup bahagia hidup berdua dengan suaminya dan menilai jika memiliki anak itu bukan hal yang wajib dalam pernikahan.

4. Leony Vitria

Mantan penyanyi cilik dan anggota Trio Kwek-Kwek ini juga mengakui kalau dirinya adalah penganut childfree dan sampai saat ini masih tidak ingin menikah dan memiliki anak. Semua itu dipilih karena dia ingi hidup sesuai keinginan dan kata hatinya. Dia juga sudah mengatakan kepada keluarganya mengenai pilih hidupnya itu.

5. Anya Dwinov

Masih melajang di usia 40-an ini, Anya Dwinov ternyata masuk dalam selebriti yang memilih jadi childfree. Anya juga memilih hal tersebut lantaran tak yakin bisa melahirkan anak dengan sempurna, baik secara fisik maupun karakter.

6. Chef Juna

Menikah dan mempunyai anak ternyata bukan prioritas hidup Chef Juna. Dia pun percaya memiliki anak bukan suatu keharusan dalam rumah tangga. Ke depannya dia tidak masalah jika istrinya memilih tidak punya anak, sebab keputusan memiliki anak akan diserahkan sepenuhkan ke sang istri nanti.

BACA JUGA: Saat Childfree Menjadi Pilihan Hidup, Ini Alasan Mereka!

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan