banner-detik
SEX & RELATIONSHIP

Bare Minimum dalam Sebuah Hubungan, Apa Itu?

author

Dhevita Wulandari08 Feb 2023

Bare Minimum dalam Sebuah Hubungan, Apa Itu?

Bare minimum menjadi hal dasar dan standar yang harus dilakukan dalam sebuah hubungan. Tapi apakah bare minimum sama dengan effort? Ini penjelasannya.

Pembicaraan mengenai bare minimum sempat ramai dibicarakan di media sosial. Ternyata, cukup banyak orang yang merasa terkesan dan melebih-lebihkan bare minimum yang mereka dapatkan dari pasangan.

Bare minimum dalam sebuah hubungan merupakan hal minimal dan standar yang dilakukan dan ditunjukkan seseorang terhadap pasangannya. Namun, sering kali masih banyak orang yang kurang tepat dalam memahami mana bentuk bare minimum dan mana yang effort. 

Sebelum menggunakan kedua istilah ini, sebaiknya pahami terlebih dulu bahwa bare minimum dan effort bukanlah tindakan yang sama. Penyebab bare minimum sering dianggap sebagai effort bisa terjadi karena beberapa alasan, seperti pengalaman hidup setiap orang yang berbeda-beda, hingga jarang mendapatkan perlakuan baik dari pasangan sehingga ketika mendapatkannya malah menganggap hal tersebut sebagai effort.

Nah, apa saja bentuk bare minimum dalam sebuah hubungan? Dikutip dari Marriage.com, ini 10 standar bare minimum dalam hubungan yang harus Mommies dan pasangan tahu.

1. Mengetahui arah hubungan

Dalam sebuah hubungan, masing-masing individu tentu saja harus saling berkomitmen dan harus saling memberi tahu pasangannya mengenai hubungan seperti apa yang sedang dijalani dan akan kemanakah arah hubungan tersebut. Hal ini akan membantu tumbuhnya hubungan yang saling memahami satu sama lain dengan lebih baik.

2. Saling menghormati

Selain sebagai bagian dari hubungan, kedua orang yang menjalani suatu hubungan memiliki kedudukan yang sama-sama penting dan utama. Studi dari ResearchGate menunjukkan, saling menghormati pasangan memiliki peringkat yang lebih tinggi daripada kualitas seperti cinta yang berkontribusi pada kepuasan hubungan.

3. Ada untuk pasangan

Hadir dan ada untuk pasangan tidak harus selalu secara fisik, tapi juga bisa lewat pikiran. Beberapa contoh bare minimum dalam suatu hubungan termasuk dengan membaca dan membalas pesan mereka, mengingat hari ulang tahun dan hari jadi dengan pasangan, dan sebagainya. Hal-hal kecil dan klise seperti itu penting dalam sebuah hubungan.

BACA JUGA: Nikah di KUA, Ini Syarat hingga Cara Selengkapnya

4. Bersikap jelas

Sebelum memutuskan menjalani hubungan yang lebih jauh, beritahu pasangan tentang niat Anda. Jangan pernah biarkan pasangan menebak-nebak, yang dapat menyebabkan pertengkaran dan kesalahpahaman.

5. Saling menerima

Saling menerima kelebihan dan kekurangan satu sama lain juga merupakan bentuk tindakan minimal dalam sebuah hubungan. Hal tersebut adalah sesuatu yang harus dilakukan tanpa diingatkan, ya. Yang penting ketika sudah tahu kekurangan diri sendiri dan pasangan, cobalah untuk terus memperbaikinya dan saling melengkapi satu sama lain.

Photo by Streetwindy on Pexels

6. Berhenti mencari-cari kesalahan pasangan

Ketika terjadi kesalahpahaman atau pertengkaran, cobalah saling mendengarkan cerita dari masing-masing perspektif. Bukan malah mencari-cari kesalahan atau menunjuk siapa yang salah.

7. Jangan mengendalikan dan jangan dikendalikan

Jangan pernah coba untuk mengendalikan pasangan dan ingin segala sesuatunya selalu berjalan sesuai aturan sendiri. Bare minimum dalam hubungan itu harus selalu melibatkan Anda dan pasangan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan apapun.

Jika ingin dihormati oleh pasangan, maka Anda juga harus memiliki peran. Jangan terus biarkan pasangan mengendalikan hubungan dengan tetap diam ketika waktunya Anda harus berbicara.

8. Komitmen

Komitmen menjadi bare minimum paling dasar dalam sebuah hubungan. Tanpa komitmen, tentu saja tidak akan terjalin hubungan. Kesepakatan pada hal-hal tertentu dapat menjaga hubungan tetap berjalan dengan baik dan berkembang.

9. Bicara

Saling membicarakan apa yang dirasakan dan apa yang dipikirkan juga adalah bagian dari standar yang harus terjadi dalam sebuah hubungan. Jangan pernah biarkan pasangan merasa bingung, apalagi jika masalahnya menyangkut hubungan tersebut.

10. Saling percaya

Saling percaya menjadi kunci yang penting dalam berhasilnya sebuah hubungan. Memang sepele, tapi menjaga kepercayaan satu sama lain merupakan hal mendasar yang memang sudah wajib dilakukan oleh masing-masing individu dalam hubungan.

BACA JUGA: 7 Cara Hadapi Pasangan yang Hobi Flirting, Nomor 7 Paling Penting!

Cover: Photo by Văn Thắng on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan