banner-detik
SELF

Suami Bisa Cek Gejala Kanker Payudara pada Istri, Benarkah? Ini Penjelasan Dokter

author

Dhevita Wulandari05 Feb 2023

Suami Bisa Cek Gejala Kanker Payudara pada Istri, Benarkah? Ini Penjelasan Dokter

Ada cara mudah untuk cek gejala kanker payudara para perempuan. Kalau sudah menikah, suami juga bisa bantu cek dengan cara ini.

Pernah dengar narasi tentang semakin sering payudara diremas, semakin besar ukuran payudara? Ternyata kebiasaan ini sangat disarankan, Mommies! Dikutip dari Detik Health, rupanya dokter memang menganjurkan para suami sering-sering meremas payudara istrinya.

Namun tentu saja bukan untuk membesarkan ukuran payudara, melainkan untuk mengecek ada atau tidaknya tumor dan risiko kanker payudara.

dr. Sara Ester Triatmoko, SpBP-RE(K), Spesialis Bedah Plastik, dari RSUP Fatmawati mengatakan, “Ukuran payudara itu tergantung dari lemak yang ada di atas, kemudian banyaknya kelenjar payudara di bawahnya. Bentuk dada kita apakah membusung atau datar, itu yang mempengaruhi ukuran payudara.”

Faktanya, payudara wanita tidak akan membesar meski sering diremas. Namun, menurut dr. Sara, meremas payudara memiliki fungsi lain yaitu membantu memperlancar aliran darah.

“Meremas-remas itu tidak menimbulkan payudara menjadi lebih besar atau lebih kecil. Tapi, meremas itu sebenernya memperbaiki aliran darah. Jadi kalau aliran darahnya baik, tentunya akan lebih sehat. Bayangin saja kalau kulit muka kita facial, aliran darahnya baik, kan lebih glowing lebih sehat,” jelasnya.

Lalu bagaimana cara suami untuk cek gejala kanker payudara istri? Berdasarkan saran dari dokter, cara ceknya bisa dibaca di sini.

BACA JUGA: 5 Gangguan Payudara pada Payudara Perempuan yang Sering Ditemukan, Kenali Sejak Dini!

Cover: Image by stefamerpik on Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan