banner-detik
EDUCATION

Nizamia Andalusia Kindergarten: Terapkan International Early Years Curriculum dan Punya Dramatic Play Centre

author

Dhevita Wulandari31 Jan 2023

Nizamia Andalusia Kindergarten: Terapkan International Early Years Curriculum dan Punya Dramatic Play Centre

Menggabungkan kurikulum Merdeka dan IEYC dari Inggris, Nizamia Andalusia Kindergarten punya cara unik dalam memberi stimulus positif bagi anak dalam belajar

Selain punya Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Nizamia Andalusia School juga punya Nizamia Andalusia Kindergarten yang letak gedungnya terpisah dan memiliki desain gedung yang sangat unik dan bersih, membuat anak-anak nyaman untuk belajar dan bermain. 

Untuk Mommies yang berencana mendaftarkan Si Kecil ke Nizamia Andalusia Kindergarten atau ingin tahu seluk beluk mengenai sekolah yang satu ini, yuk cek school review berikut ini.

Terinspirasi dari Ayat Al-Qur’an

Nizamia Andalusia Kindergarten memiliki visi untuk membina cendekiawan Islam Indonesia yang akan memimpin dunia lokal dan global. Uniknya lagi, sekolah ini memiliki visi yang terinspirasi dari salah satu ayat Al-Qur’an yaitu dari Surat Al-Anbiya ayat 107 yang berbunyi, “Dan kami tidak mengutusmu selain sebagai rahmat bagi semesta alam (rahmatan lil alamin).”

Selain itu, Nizamia Andalusia Kindergarten juga memiliki visi dalam menumbuhkan intelektual Islam yang selalu terhubung dengan Allah, melahirkan generasi masa depan yang gesit, adaptif, dan tanggap dalam perubahan, serta mengembangkan pemimpin masa depan yang mampu merangkul masyarakat dengan semangat nasionalisme.

nizamia andalusia kindergarten

Foto: Dok. Nizamia Andalusia

Menggunakan International Early Years Curriculum

Nizamia Andalusia Kindergarten menggabungkan kurikulum Merdeka dari pemerintah dan IEYC (International Early Years Curriculum) yang merupakan kurikulum internasional yang berasal dari Inggris. 

IEYC yang diterapkan berfokus pada 4 aspek pembelajaran, yaitu Independence/Interdependence (kemandirian dan sosialisasi), Communicating (komunikasi), Enquiring (keingintahuan), dan Healthy Living and Physical Well-Being (hidup sehat dan fisik yang sehat). Kedua kurikulum ini dibaurkan dengan penanaman nilai-nilai agama Islam melalui pembiasaan. 

BACA JUGA: Cara Unik 3 Sekolah Ini dalam Mengatasi Bullying, Ada yang Punya Agent of Change

Sistem belajar yang diterapkan menggunakan metode active learning dengan guru sebagai fasilitator, dan anak berperan aktif dalam kegiatan. Mata pelajaran yang diajarkan mulai dari Matematika, Sains, Agama Islam, Pekerti Kehidupan, Bahasa, Ummi, dan lain-lain.

Untuk program pembelajaran di sekolah disusun sesuai dengan usia dan kebutuhan perkembangan anak. Nizamia Andalusia Kindergarten memiliki beberapa program pembelajaran inovatif telah diselenggarakan seperti:

  • Letterland

Salah satu cara mengenal huruf atau alfabet dengan tokoh2 yang ada di Letterland seperti Annie Apple, anak diajak mengenal huruf A, melalui kata-kata seperti Apple, Ant, Aeroplane

  • Ummi

Salah satu metode membaca Qur’an dengan metode Ummi, mengenal huruf dengan langgam khas Ummi.

  • Pekerti Kehidupan

Merupakan salah satu pembelajaran karakter dengan aplikasi sifat-sifat Rasulullah (Shiddiq, Amanah, Tabligh, Fatonah) dalam keseharian.

  • Fun of Friday

Kegiatan yang dilaksanakan setiap hari Jum’at, biasanya diisi dengan kegiatan sholat berjamaah, belajar wudhu, performance siswa dan performance guru.

  • Speak Up Student

Speak up student adalah program yang dihadirkan untuk memotivasi siswa untuk berani dan percaya diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Adanya program ini diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam mengoptimalkan penggunaan bahasa Inggris di lingkungan kelas. Setiap pekan akan dipilih satu siswa yang aktif dan konsisten dalam menggunakan bahasa Inggris di kelas.

Nizamia Andalusia Kindergarten juga menyediakan beberapa kegiatan pendukung untuk pengembangan minat dan bakat siswa. Kegiatan-kegiatan ini bersifat opsional, yaitu Qur’an club, Swimming, Mozaik (music class), Letterland (intro to reading), Futsal, Basketball, Dancing, Art and Craft, dan Drumband. 

Foto: Dok. Nizamia Andalusia

Dramatic Play Centre untuk Stimulasi Belajar Anak

Nizamia Andalusia Kindergarten memiliki ruang kelas yang disesuaikan dengan usia anak. Selain itu, sekolah ini juga punya playground indoor dan outdoor, musholla, auditorium, klinik, cafetaria, hall, swimming pool, music room (tradisional dan modern), nannies room, hingga dramatic play centre.

Dramatic Play Centre merupakan tambahan ruang pembelajaran yang dirancang untuk menyediakan stimulasi positif bagi perkembangan sosial, emosional, dan bahasa anak melalui aktivitas bermain peran. Dalam dramatic play centre, terdapat berbagai “ruangan” dengan konsep berbeda seperti expression room, quiet room, noisy room, picnic area, reading area, dan multimedia. Penggunaan dramatic play centre akan disesuaikan dengan materi pembelajaran di kelas.

Ketentuan dan Tes Masuk

Untuk penilaian dan pertimbangan dalam pelaksanaan asesmen siswa, ada beberapa hal yang dibutuhkan dari anak.

  • Mampu berkomunikasi verbal (sesuai tahapan perkembangan anak).
  • Sosial emosional siswa (sesuai tahapan perkembangan anak).
  • Motorik kasar & halus, serta level kognitif sesuai dengan usia anak.

Nah, untuk info biayanya berkisar di Rp20 jutaan. Jika ingin tahu lebih detail, Mommies bisa langsung menghubungi pihak sekolah melalui Hotline WhatsApp PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru).

Alamat: Jl. Bina Marga No.29-30, RW.5, Ceger, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13820

WhatsApp: 081321217760

Website: https://www.nizamiaandalusia.sch.id/kindergarten/

BACA JUGA: Jangan Menghargai Anak Hanya Sebatas Nilai di Kertas Ujian Mereka

Cover: Dok. Nizamia Andalusia Kindergarten

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan