banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

11 Perusahaan yang Menerapkan Sistem Full WFH dan Hybrid Working

author

Sisca Christina25 Jan 2023

11 Perusahaan yang Menerapkan Sistem Full WFH dan Hybrid Working

Penerapan sistem full WFH atau hybrid working semacam jawaban bagi para karyawan yang belum sreg jika harus kembali full WFO.

Sejak 2022 lalu, banyak perusahaan yang kembali mewajibkan karyawannya untuk kerja dari kantor secara penuh. Dengan dicabutnya PPKM akhir tahun lalu, bukan nggak mungkin daftar perusahaan yang melakukan hal sama jadi bertambah.

Walau demikian, ternyata nggak sedikit perusahaan yang menganggap WFH efektif dan efisien sehingga sebagian perusahaan tetap menerapkan sistem kerja WFH penuh atau hybrid working. Setidaknya kalau bisa WFO dan WFH berselang-seling, nggak jenuh banget. Perusahaan mana saja yang menerapkan kebijakan ini?

Baca juga: Saat WFH Dihapuskan, Ini 7 Hal yang Perlu Disiapkan Ibu Bekerja

Perusahaan dengan Sistem WFH dan Hybrid Working

Celsius Creative Lab

Bisa dibilang, Celsius Creative Lab adalah salah satu kantor idaman bagi para ibu. Mengapa? Karena Celsius menerapkan full WFH bagi karyawannya! Buat ibu dan ayah baru, tentu ini menguntungkan. Bisa bekerja dengan tenang tanpa harus meninggalkan bayi di rumah. Karyawan nggak diwajibkan sama sekali untuk WFO. Namun ada kalanya karyawan perlu datang ke kantor misalnya untuk menghadiri meeting atau keperluan lainnya. Ada juga karyawan yang merasa jenuh WFH terus, atau merasa sulit berkonsentrasi karena banyak distraksi di rumah, lebih memilih datang ke kantor. Apapun pilihannya, selama karyawan bisa deliver tanggung jawabnya dengan baik, mau itu WFO, WFH atau WFA, nggak masalah. Asik, ya?

Narrada Communications

Salah seorang teman yang bekerja di kantor yang berlokasi di Jakarta ini, pindah domisili ke Yogyakarta dan tetap bekerja di kantor tersebut walau beda kota. Artinya, Narrada Communications adalah salah satu kantor yang mengizinkan karyawannya untuk tetap bisa WFH.

Mastercard

Menurut informasi dari teman yang keluarganya bekerja di kantor ini, Mastercard menawarkan full WFH bagi karyawannya. Hingga artikel ini dibuat, ia masih bekerja dari rumah.

Havas Indonesia

Buat mommies yang belum sreg dengan sistem WFO penuh, bisa coba lirik agensi media dan komunikasi yang satu ini. Perusahaan ini menerapkan hybrid working dengan porsi tiga hari WFO dan dua hari WFH.

Tetra Pak Indonesia

Setipe dengan Havas, salah satu perusahaan pengemasan makanan dan minuman terbesar di Indonesia ini juga menerapkan hybrid working dengan tiga hari WFO dan dua hari WFH.

AXA Indonesia

Sejak pandemi hingga akhir 2022, AXA Indonesia menerapkan full WFH dan WFO sesekali saja jika diperlukan. Namun sejak 2023 ini, perusahaan tersebut menerapkan sistem hybrid working dengan jumlah WFO sebanyak tiga kali dan WFH dua kali.

OCBC NISP

Beberapa divisi di kantor bank asal Singapura ini sudah full WFO. Namun, divisi Internal Audit di sini masih menerapkan hybrid working dengan “jatah” WFH sebanyak dua kali seminggu. Tapi catat, WFH ya, bukan WFA.

Suntory Garuda Beverage

Perusahaan yang berlokasi di Cilandak ini menerapkan hybrid working dengan 1 kali WFH per minggu. Sisanya, karyawan bekerja dari kantor.

Bank Commonwealth

Serupa dengan Suntory Garuda Beverage, beberapa divisi di Bank Commonwealth juga masih menerapkan sistem WFO-WFH. Bedanya, WFO hanya 1-2 kali seminggu, dan porsi WFH masih lebih banyak.

Kalbe

Serupa dengan kebanyakan kantor dengan sistem hybrid lainnya, Kalbe juga memberi ketentuan karyawannya untuk WFO selama 3 hari dan WFH 2 hari selama seminggu.

Naos Indonesia

Perusahaan yang menaungi skincare Bioderma ini hampir full WFO. Tapi, setiap Jumat diberlakukan WFH bagi karyawan. Lumayanlah ya, setidaknya pas di hari macetnya ibukota, nggak perlu berangkat ke kantor.

Mommies ada daftar perusahaan lain yang mau ditambah?

Baca juga: Perusahaan Ramah Ayah di Indonesia

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS