banner-detik
DAD'S CORNER

Mulai dari 12 Juta, Ini 10 Rekomendasi Mobil dan Motor Listrik untuk Keluarga

author

Mommies Daily07 Jan 2023

Mulai dari 12 Juta, Ini 10 Rekomendasi Mobil dan Motor Listrik untuk Keluarga

Mau beralih ke kendaraan listrik? Simak hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli kendaraan listrik beserta rekomendasi mobil dan motor listrik untuk keluarga.

Penulis: Putri Azzahra

Belakangan ini, tren memiliki kendaraan listrik meningkat. Beberapa pabrik kendaraan juga melakukan ekspansi dengan menghadirkan kendaraan listrik yang dapat menemani Bapak dalam bepergian dengan lebih ramah lingkungan. Selain ramah lingkungan, kendaraan listrik juga bisa membuat lebih hemat karena tidak perlu mengisi bensin.

Walaupun punya segudang fitur dan manfaat, mengambil keputusan untuk membeli kendaraan listrik harus dengan secara sadar untuk bisa menggunakan manfaatnya. Sebelum membeli, pastikan Daddies sudah mengetahui hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli kendaraan listrik seperti berikut ini.

1. Baterai

Hal yang paling penting untuk diperhatikan saat sebelum membeli kendaraan listrik adalah baterai. Kendaraan listrik memanfaatkan daya baterai sebagai sumber energi penggerak mesin. Maka, Daddies harus perhatikan kapasitas baterai kendaraan listrik yang diinginkan. Setiap model memiliki kapasitas jarak tempuh dan daya yang berbeda. Jika tujuan membeli kendaraan listrik adalah untuk penggunaan jarak jauh, maka pilih kendaraan listrik yang memiliki kapasitas maksimal baterai yang besar. Sehingga tidak perlu takut baterai akan habis di tengah jalan.

2. Ketersediaan stasiun pengisian daya listrik

Daddies juga harus mencari tahu perawatan kendaraan listrik yang diinginkan. Seperti apakah mengharuskan pengisian baterai dilakukan di tempat khusus yang telah disiapkan oleh pabrik atau tidak. Hal ini agar tegangan listrik yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Karena itu, pilihlah jenis kendaraan listrik yang memiliki stasiun pengisian baterai atau daya listrik di sekitar rumah atau di lokasi yang mudah diakses. Ini demi membantu Daddies bisa beraktivitas dengan lancar.

3. Cek ketersediaan toko fisik atau bengkel kendaraan listrik di sekitar Anda

Sama hal nya dengan stasiun pengisian daya listrik, layanan toko fisik juga bengkel kendaraan listrik harus dipastikan. Apakah terdapat toko fisik atau bengkel di sekitar rumah atau lokasi yang mudah diakses? Ini membantu Daddies jika ada hal yang bermasalah atau rusak dikemudian hari, sehingga tidak akan repot mencari bantuan dan bisa langsung membawa kendaraan ke bengkel atau toko fisik terdekat.

4. Kenali kebutuhan Anda

Memiliki kendaraan listrik memang membawa rasa percaya diri dan kepuasan tersendiri, tetapi bapak harus tetap mengetahui kebutuhan dalam membeli kendaraan listrik. Apakah untuk bekerja, berbisnis, atau sekedar untuk menghabiskan waktu santai aja. Mengenali kebutuhan dalam menggunakan kendaraan listrik itu penting, karena setiap kendaraan listrik memiliki kelebihan dan fitur sesuai fungsinya masing-masing. Semakin bagus spesifik dan fitur yang ditawarkan, maka semakin mahal pula harganya.

5. Harga

Dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang ditawarkan, tentunya kendaraan listrik memiliki harga yang beragam. Jika sudah mengetahui fitur dan spesifikasi yang diingin untuk kendaraan listrik, silakan bandingkan harganya. Pastikan juga sesuai dengan budget yang dimiliki.

BACA JUGA: Hati-hati, Jangan Tinggalkan 7 Barang Ini di Dalam Mobil

Jika Mommies dan Daddies sedang cari motor dan mobil listrik untuk keluarga, berikut ini rekomendasi mobil dan motor listrik beserta kisaran harganya.

Uwinfly T3

mobil dan motor listrik

Foto: Sepeda Listrik

Motor yang satu ini berhasil menarik perhatian. Memiliki desain serupa dengan Vespa Sprint, mulai dari bentuk lampu depan yang berteknologi LED, visual kerangka, hingga layout lampu belakang. Dibekali dengan dinamo berkapasitas 800W dengan sokongan baterai 60V/20Ah. Bisa menemani perjalanan bapak hingga 60 km per jam dengan jarak 50-60 km sekali pengisian baterai penuh. Motor ini bisa membawa beban hingga 200 kg.

Harga: Mulai dari Rp.12.000.000

Gesits G1

Foto: Gesits Motors

Menjadi pionir di sektor motor listrik tanah air, produk rakitan karya anak bangsa ini memiliki tampilan yang sporty. Kecepatan maksimal bisa mencapai 70 kpj bisa menjelajah hingga 100 km dengan pilihan dua baterai sekaligus. Dengan spesifikasi 72V/20Ah, waktu pengisian baterai relatif singkat yaitu 3-4 jam saja.

Harga: Mulai dari Rp.29.000.000

BF Goodrich BF-CG

Foto: OtoRider

Kalau Daddies sedang cari motor listrik dengan desain yang retro-klasik, mungkin BF Gpoodrich BF-CG bisa jadi pilihan. Motor bertenaga listrik dengan model skuter ini memiliki kapasitas motor sebesar 2000 watt dengan baterai 72V/30A. Untuk kapasitas tersebut, motor ini bisa berjalan berjauh maksimal 60 km dengan kecepatan 58 kpj.

Harga: Mulai dari Rp.19.000.000

Segway N90 C

Foto: Alibaba

Salah satu seri dengan harga terjangkau dari Segway. Punya desain yang futuristrik, motor ini dilengkapi dengan rangkaian listrik yang dapat menempuh jarak maksimal hingga 96 km dengan kecepatan 52 km/jam.

Harga: Mulai dari Rp.27.000.000

Minerva Electron M1

Foto: DetikOto

Minerva Electron M1 dibekali dinamo listrik berkapasitas 1.500 watt dengan baterai 64V/22,5Ah. Dengan kapasitas tersebut, motor listrik ini memiliki kecepatan hingga 60 km per jam. Tidak perlu khawatir untuk pengisian baterai, ada kurang lebih 412 gerai yang tersebar di Indonesia dari Minerva untuk mengisi daya baterai tersebut.

Harga: Mulai dari Rp.16.500.000

Wuling Air EV

Foto: Wikipedia

Mobil yang cocok untuk warga urban. Hadir dengan konsep city car, Wuling Air EVmemiliki dua varian, yaitu Standard Range dan Long Range. Standard Range dilengkapi dengan kapasitas baterai sebesar 17,3 kWh dengan jarak tempuh 200 km, sedangkan Long Range memiliki kapasitas baterai 26,7 kWh dengan jarak tempuh 300 km. Jarak tempuh yang memadai untuk penggunaan di dalam kota. Wuling juga menjual paket Long Range sekaligus dengan charging pile yang bisa dipasang di garasi rumah pemilik, ini akan membantu mempercepat proses pengisian baterai.

Harga: Mulai dari Rp.238.000.000

Hyundai Ioniq 5

Foto: Hyundai

Pasti Daddies sudah familiar dengan jenis mobil yang satu ini, Hyundai IONIQ 5 yang banyak menjadi idaman pengendara. Dilengkapi dengan portable charger yang dapat terhubung ke stop kontak dinding standar. IONIQ 5 juga menunjang pengisian daya sampai 80% hanya dalam kurang lebih 18 menit saja. Memiliki desain yang memadukan analog dan pixel digital, IONIQ 5 juga dilengkapi dengan Smart Cruise Control (SCC), jika kendaraan di depan berhenti, SCC akan secara otomatis mengurangi kecepatan mobil hingga berhenti. Mobil ini bisa melaju hingga 450 km.

Harga: Mulai dari Rp.789.000.000

DFSK Gelora Electric

mobil dan motor listrik

Foto: DFSK

Sedang mencari mobil listrik untuk keperluan bisnis seperti kelancaran operasional? DFSK Gelora Electric bisa jadi pilihan. Memiliki desain bodi yang boxy ditambah dengan penggunaan pintu geser membuat ruangan mobil menjadi lebih luas dan hemat tempat. Salah satu fitur yang menarik adalah kamera parkir mundur.

Harga: Mulai dari Rp.484.000.000

Hyundai Kona Electric

mobil dan motor listrik

Foto: Hyundai

Mobil yang memiliki kapasitas baterai 39,2 kWh ini mampu menghasilkan tenaga 146 HP. Memiliki desain yang rapih dan detail, mobil ini punya fitur fast charging yang dapat mengisi daya dari 0-80% hanya dalam 75 menit. Untuk mengisi daya penuh dibutuhkan kurang lebih sekitar 9 jam.

Harga: Mulai dari Rp.697.000.000

BMW i3

mobil dan motor listrik

Foto: Top Gear

Siapa yang tidak mengenal produsen mobil mewah yang satu ini, BMW tidak mau ketinggalan untuk menghadirkan mobil listrik yang terjangkau dengan spesifikasi layaknya mobil BMW pada umumnya. BMW i3 memeliki akselerasi mesin mencapai 184 HP.

Harga: Mulai dari 1.320.000.000

BACA JUGA: Kuis: Tebak Logo Mobil, Seberapa Jago Anda Soal Otomotif?

Jika semua sudah sesuai baik dari motor, harga, fitur, dan spesifikasi, maka rasanya Mommies dan Daddies sudah bisa membeli motor listrik. Namun jika belum sesuai, maka jangan terlalu terburu-buru, pikirkan lagi matang-matang sebelum mengambil keputusan dalam membeli kendaraan listrik. Pastikan sesuai dengan kebutuhan ya!

Cover: Photo by Kindel Media on Pexels

 

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS