banner-detik
PARENTING & KIDS

Rekomendasi Suplemen Anak Usia 6-12 Tahun dan 13-17 Tahun

author

Sisca Christina05 Jan 2023

Rekomendasi Suplemen Anak Usia 6-12 Tahun dan 13-17 Tahun

Kebutuhan asupan vitamin anak dan remaja tentu berbeda. Ini rekomendasi suplemen anak sesuai usia mereka yang mommies bisa pertimbangkan.

Kebutuhan gizi termasuk vitamin dan mineral anak kadang nggak bisa tercukupi dari makanan saja. Apalagi kalau anak kita punya masalah dengan urusan makan. Makan nggak lahap, makan pilih-pilih, sulit makan sayur dan buah, dan seterusnya. Dari pada tumbuh kembang dan kekebalan tubuh anak jadi taruhannya, lebih baik mengonsumsi suplemen harian. Setuju, nggak?

Mommies pasti sudah tau kalau jenis suplemen anak sangat beragam dengan fungsi yang berbeda-beda. Ada yang berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh, melancarkan pencernaan, memperkuat tulang dan gigi, untuk pertumbuhan otak, hingga mencegah timbulnya berbagai penyakit. Dalam memilih suplemen, pastikan sudah sesuai dengan kebutuhan dan usia anak, dan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar aman dan hasilnya optimal, ya.

Rekomendasi Suplemen Anak Usia 6-12 tahun

Curvit CL Emulsion

Rekomendasi Suplemen untuk Anak 6-12 Tahun

Buat mommies yang memiliki anak kurang giat makan, boleh juga mencoba Curvit CL Emulsion. Ini boleh dikonsumsi oleh anak balita juga. Saya sendiri kebetulan pernah diresepkan dokter suplemen ini untuk anak. Hasilnya lumayan, ada peningkatan berat badan akibat makannya lebih giat. Selain mengandung ekstrak temulawak, suplemen ini juga sudah dilengkapi dengan minyak ikan kod, DHA, vitamin A, B1, B2, B6 dan B12, serta vitamin D untuk menjaga daya tahan tubuh.
Harga: Rp65.000

Natural Factors Vitamin D3 for Kids Chewable

Walau penyebaran Covid-19 sudah nggak separah tahun-tahun lalu, yuk, tetap cukupi kebutuhan vitamin D anak. Selain menjaga daya tahan tubuh anak, vitamin D3 juga penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium ke dalam tubuh sehingga menguatkan tulang dan gigi, serta melindungi saraf dan otot. Kadar vitamin D3 harian yang dianjurkan untuk anak yaitu 400 IU. Salah satu vitamin D3 yang bisa mommies pilih yaitu dari Natural Factors. Suplemen ini rendah kalori dan glikemik, serta non GMO.
Harga: mulai Rp150.000

Nature’s Way Kids Smart VitaGummies Vitamin C + Zinc

Vitamin C asal Australia ini mengandung vitamin C 30 mg dan zinc 2,5 mg dalam setiap gummy-nya. Vitamin C dan zinc berperan penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh anak. Dosis yang dianjurkan untuk anak 6-12 tahun yaitu dua gummies per hari.
Harga: Rp170.000

Sangobion Kids Syrup

Dengan rasa buah yang disukai anak-anak dan minim bau besi, Sangobion Kids Syrup bisa jadi opsi untuk memenuhi kebutuhan zat besi dan vitamin untuk anak berusia hingga 12 tahun. Suplemen ini bisa membantu anak yang mengalami anemia akibat defisiensi zat besi. Tapi, jangan tunggu hingga anak kekurangan zat besi dulu baru kasih suplemen zat besi, ya.
Harga: Rp45.000

Probio Force

Kalau umumnya kita memberi suplemen probiotik kalau anak sudah diare dan direkomendasi dokter, nah, mommies kini bisa memberikannya sebagai suplemen harian untuk menjaga kesehatan pencernaan anak. Probio Force mengandung bakteri baik Bifidobacterium animalis subsp. lactis HN019 yang telah teruji efikasi serta keamanannya untuk kesehatan saluran cerna anak dan dewasa melalui berbagai uji klinis. Jangan lupa baca aturan pakainya, ya.
Harga: Rp128.000

Mommy’s Bliss Kids Sleep Chewable Melatonin Magnesium Kids

Rekomendasi Suplemen Anak

Klaimnya, produk ini mampu mendukung anak mendapatkan proses tidur alami dan mengembalikan jam tidur kembali teratur. Produk ini bebas gula dan bebas alergen seperti gandum, telur, kacang-kacangan, susu, ikan, kerang dan kedelai. Kandungan utamanya yaitu melatonin dan magnesium yang dikombinasikan dengan herbal seperti chamomile organik, lemon balm dan passionflower. Suplemen ini diklaim nggak menyebabkan ketergantungan karena sifatnya bukan obat. Bagi mommies yang anaknya sulit untuk merem, setiap hari kurang tidur atau sering tidur larut, silakan dicoba. Namun tentunya perlu disertai juga dengan lingkungan tidur yang mendukung, ya.
Harga: Rp150.000

Baca juga: Ini Bahayanya Kurang Gizi Pada Tumbuh Kembang Anak

Suplemen Remaja Usia 13-17 tahun

Blackmores Vitamin C 500 mg

Rekomendasi Suplemen Anak 13-17 Tahun

Remaja berusia 13 tahun ke atas sudah bisa mengonsumsi suplemen vitamin C dengan dosis lebih tinggi dibanding 12 tahu ke bawah. Blackmores Vitamin C 500 mg bisa mommies pilih untuk memelihara kesehatan remaja mommies. Dosisnya yaitu 1 tablet sehari setelah makan, namun bisa ditambah hingga 3 tablet apabila sedang flu. Namun sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menambah dosis.
Harga: Rp140.000

Wellness Multi Teen

Rekomendasi Suplemen Anak Usia 13-17 Tahun

Rekomendasi suplemen anak remaja berikutnya yaitu Wellness Multi Teen. Kandungannya cukup lengkap untuk mendukung tumbuh kembang anak usia remaja. Selain mengandung kalsium, fosfor, magnesium untuk membentuk tulang yang sehat dan kuat, juga mengandung kandungan zat besi yang berperan dalam pembentukan sel darah merah untuk mencegah anemia. Selain itu, mengandung asam folat, selenium dan vitamin E untuk membantu menjaga daya tahan tubuh remaja agar tak rentan sakit.
Harga: Rp200.000an

Nature’s Plus Pow Teen

Mirip dengan Wellness Multi Teen, Nature’s Plus Pow Teen juga merupakan multivitamin untuk mendukung anak remaja yang sedang aktif-aktifnya. Bedanya, suplemen ini dilengkapi dengan konsentrat phytogreen yang bermanfaat untuk mendukung proses metabolisme, sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan, meningkatkan daya tahan tubuh serta mengatur keseimbangan hormonal
Harga: Rp.350.000

Puritans Pride Chelated Calcium Magnesium Zinc

Suplemen yang satu ini dipercaya mampu mendukung pertumbuhan tulang remaja agar bisa mencapai tinggi badan optimal. Ketiga kandungan utamanya yaitu kalsium 1000 mg, magnesium 400 mg dan zinc 25 mg berfungsi untuk membentuk massa tulang baru, mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu penyerapan optimal dalam tubuh.
Harga: Rp150.000

Baca juga: 25 Rekomendasi Dokter Gizi Anak

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS