banner-detik
INFOGRAFIK

Infografik: The Good and The Bad, Nutrisi bagi Tubuh Manusia

author

Dhevita Wulandari05 Jan 2023

Infografik: The Good and The Bad, Nutrisi bagi Tubuh Manusia

Ingin tubuh sehat dengan nutrisi yang seimbang? Ketahui terlebih dulu mana nutrisi yang baik dan tidak baik bagi tubuh. Simak daftarnya di sini.

Setiap manusia membutuhkan nutrisi yang baik untuk hidup sehat. Nutrisi merupakan kandungan gizi yang diperoleh dari makanan yang bisa didapatkan dari tumbuhan dan hewan.

Kebutuhan nutrisi dalam tubuh harus seimbang. Ketidakseimbangan nutrisi dalam tubuh bisa menyebabkan seseorang mengalami kekurangan atau kelebihan nutrisi, yang disebut malnutrisi. Keduanya tentu tidak baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan stunting, badan terlihat lemah dan kurus, hingga kondisi tubuh yang tidak sehat. Sedangkan kelebihan nutrisi pun dapat menyebabkan seseorang memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas. Tentunya ini juga tidak baik bagi kesehatan karena dapat memicu munculnya berbagai penyakit.

Nutrisi terbagi menjadi 2 jenis, yaitu makronutrisi dan mikronutrisi. Makronutrien adalah nutrisi yang penting dan dibutuhkan tubuh manusia dalam jumlah besar untuk melakukan fungsi metabolisme dan organ tubuh lainnya. Makronutrien terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. Sementara, mikronutrien adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh manusia dalam jumlah kecil untuk mendukung proses metabolisme tubuh. Mikronutrien ini terdiri dari vitamin, mineral, dan air.

Agar nutrisi keluarga terjaga dengan baik dan seimbang, Mommies perlu mengetahui apa saja makronutrien yang baik dan tidak baik bagi tubuh, dan berapa kadar makronutrien yang cukup bagi tubuh. Simak daftarnya dalam infografik berikut ini.

nutrisi bagi tubuh

BACA JUGA:

Nutrisi Baik bagi Kesehatan Mental Anak

Banyak Anak Kekurangan Nutrisi, Berikut Cara Orang Tua Memenuhinya!

Cover: Photo by Cats Coming on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS